Skip to content

8 Tempat Wisata Labuan Bajo yang Perlu Anda Tahu dan Kunjungi!

RedTraveler pasti pernah dong melihat para traveler lain yang pergi ke Labuan Bajo. Pasti Anda juga punya keinginan untuk mengunjungi tempat tersebut. Tapi beberapa orang masih banyak yang bingung harus berkunjung kemana saja selama di Labuan Bajo. Tujuan utama para wisatawan biasanya adalah menyebrang Pulau Komodo, Pulau Rinca, Long Buaya dan Loh Liang yang merupakan habitat asli komodo. Tapi sebenarnya, ada banyak tempat wisata Labuan Bajo lain yang tidak kalah serunya. Nah, kira-kira apa saja sih tempat yang wajib RedTraveler kunjungin? Yuk simak artikel selengkapnya dari RedDoorz!

Loh Liang, Pulau Komodo & Loh Buaya, Pulau Rinca
tempat wisata di labuan bajo 1

Loh Liang merupakan pintu masuk dan daerah wisata utama di Pulau Komodo. RedTraveler bisa langsung mengamati satwa komodo di habitatnya bersama binatang lain seperti rusa, babi hutan, dan burung gosong. Selain itu, Anda juga bisa mendaki Gunung Ara dan menjelajah Loh Sebita. Untuk menuju kesini, Anda bisa menggunakan speedboat dari Labuan Bajo atau menggunakan kapal wisata dari Lombok dan Bali.

Selanjutnya ada Loh Buaya merupakan pintu masuk dan daerah utama di Pulau Rinca. Wisatawan dapat menyaksikan hutan bakau, padang savanna serta melihat satwa liar seperti komodo, rusa timor, monyet ekor panjang dan berbagai jenis burung. Sama seperti di Loh Liang, aktivitas yang ditawarkan selain melihat satwa liat adalah menjelajah golo Kode dan mengunjungi Pulau Kalong. Nah, dari puncak bukit Golo Kode, Anda dapat menyaksikan panorama alam yang sangat menakjubkan.

Pulau Padar

tempat wisata di labuan bajo 2

Tempat wisata Labuan Bajo berikutnya adalah Pulau Padar yang merupakan pulau terbesar ketiga di area Taman Nasional Komodo. Pulau Padar memiliki pantai yang sangat indah dan perupakan salah satu jalur migrasi dari Pari Manta. Dengan bentuk kontur yang eksotik, trekking di Pulau Padar bisa dibilang cukup menantang. Di puncak, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan fenomenal panorama tiga pantai dengan warna yang berbeda yaitu pink, putih dan hitam.

Gili Laba

tempat wisata di labuan bajo 3

Salah satu view spot dan trekking terkenal lainnya adalah Gili Laba, yang merupakan selat pertemuan dua pulau: Gili Laba Barat dan Gili Laba Laut. Tidak hanya menjadi titik penyelaman dan trekking, Gili Laba juga menawarkan panorama yang indah baik saat sunrise maupun sunset.

Pantai Pink

tempat wisata di labuan bajo 4

Daya Tarik utama pantai ini adalah hamparan pantai berpasir berwarna pink. Warna pink disebabkan oleh fragmen-fragmen karang nerah yang bercampur dengan pasir putih. Tempat wisata Labuan Bajo ini memliki perairan dangkal yang indah dengan terumbu karang dan biota laut yang menawan. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh turis yang berkunjung adalah snorkeling, diving dan sun bathing. Pantai ini dapat diakses melalui jalan setapak dari Loh Liang atau akses langsung dengan biat/kapal.

Taka Makassar, Manta Point

tempat wisata di labuan bajo 5

Taman Nasional Komodo sangat beruntung karena menjadi jalur migrasi berbagai biota laut, salah satunya pari manta. Terletak di perairan dekat Pulau Komodo, wisatawan menyelam atau snorkeling untuk melihat kumpulan ikan pari manta bermain-main di arus yang cukup kencang. Namun, pari manta hanya dapat dijumpai pada kondisi dan cuaca yang baik. Selain itu Taka Makassar juga memiliki area softcoral yang indah dan tidak jarang terlihat penyu di sana.

Pantai Pede

tempat wisata labuan bajo 10

Pantai Pede terletak di Desa Gorontalo, berjarak kurang lebih 1 km dari Labuan Bajo dengan akses jalan beraspal yang kondisinya baik sehingga sangat mudah dicapai. Tempat wisata Labuan Bajo ini membentang di antara dua bukit yaitu Bukit Pramuka dan Bukit Gorontalo. Dengan pasir putih yang panjang dan pemandangan pulau-pulau kecil di depannya, Pantai Pede menawarkan salah satu view sunset terbaik di Nusa Tenggara.

Cunca Wulang dan Cunca Rami

tempat wisata di labuan bajo 6

Masih dari aktivitas outdoor lainnya, Cunca Wulang dan Cunca Rami terletak sekitar 2 jam dari kota Labuan Bajo. Kedua destinasi ini menawarkan pengalaman trekking menyusuri hutan dan tebing menuju air terjun. Ketinggian Cucna Rami sekitar 3 m dan Cunca Wulang sekitar 15 m, dimana diperbolehkan untuk berenang apabila kondisi alam memungkinkan.

Danau Sano Nggoang

tempat wisata di labuan bajo 8

Danau Sano Nggoang merupakan danau vulkanik terbesar di bagian timur Indonesia. Luas 513 hm dan kedalaman diperkirakan 500 m. Puncak Golo Dewa adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan Danau Sano Nggoang dan sekitarnya. Daerah ini bisa dicapai 45 menit sampai 1 jam dari kampung Nunang. Selain itu, hutan di sebelah timur danau merupakan tempat hidup 90-1n jenis burung dan 4 diantaranya adalah endemic fores. Di daerah ini juga sudah terdapat guest house dan juga homestay.

Nah, itulah tadi informasi mengenai tempat wisata Labuan Bajo yang wajib Anda kunjungi. Bagi yang ingin berkunjung ke berbagai kota di Indonesia yang tentunya juga murah, seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Semarang, Surabaya dan Bandung. RedDoorz hadir sebagaj tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: