Skip to content

Wisata Museum di Jakarta yang Bisa Jadi Alternatif Tempat Berlibur Anda

Jakarta yang tumbuh berkembang menjadi sebuah kota megapolitan tidak hanya menjadi pusat perekonomian. Di Jakarta Anda juga bisa menemukan banyak tempat wisata serta hiburan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari hiburan yang mainstream seperti mall, tempat rekreasi, tempat makan, hingga tempat wisata edukatif seperti museum ada di Jakarta. Ya Museum! Jika Anda berkunjung ke Jakarta, jangan melewatkan kesempatan berkunjung ke museum-museum yang ada di sini. Dari berbagai macam museum yang ada, Anda bisa belajar tentang sejarah Jakarta dan pastinya berekreasi. Sebagai panduan, berikut RedDoorz ingin membahas tentang museum di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Berikut 8 museum di Jakarta yang bisa Anda kunjungi.

Museum Fatahilah

museum fatahilah 2

Berbicara tentang museum di Jakarta  sepertinya kurang lengkap kalau kita tidak membahas tentang Museum Fatahilah. Museum yang satu ini menjadi salah satu objek wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada jaman penjajahan Belanda dulu bangunan ini merupakan sebuah balai kota. Hingga pada tahun 1937 bangunan bersejarah ini kemudian direncanakan untuk dirubah fungsinya menjadi museum oleh Yayasan Oud Batavia. Museum Fatahilah pun akhirnya diresmikan oleh Gubernur Jakarta pada saat itu, Ali Sadikin.

Di Museum Fatahilah Anda bisa menemukan berbagai macam koleksi yang merupakan replika dari peninggalan masa Pajajaran dan Tarumanegara. Tidak ketinggalan Anda juga bisa melihat hasil penggalian arkeologi yang ada di Jakarta mulai dari keramik, gerabah, mebel hingga prasasti. Setelah renovasi, Museum Fatahilah semakin nyaman untuk Anda kunjungi. Berkunjung ke Museum Fatahilah Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa, Rp 3.000 unutk Mahasiswa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Sedangkan, Anda yang datang rombongan minimal 30 orang akan dikenakan biaya masuk yang lebih murah. Museum Fatahilah dibuka setiap hari kecuali pada hari Senin dan hari libur nasional.

Museum Wayang

museum wayang

Museum di Jakarta yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Museum Wayang. Lokasi Museum ini masih satu area dengan museum Fatahilah yakni di kawasan kota tua. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam wayang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tidak hanya dari Indonesia saja, wayang-wayang yang dipamerkan ada juga yang dari mancanegara seperti halnya Kamboja dan Republik Rakyat China.

Ada sekitar 4.000 wayang yang terdiri dari wayang golek, wayang kardus, wayang kulit, wayang janur, wayang beber, topeng, boneka hingga gamelan. Selain melihat koleksi-koleksi Wayang yang ada di sini, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang  pada hari-hari tertentu. Anda bisa berkunjung ke Museum Wayang setiap hari kecuali hari Senin, mulai dari pukul 09:00 hingga 15:00. Tetapi pada Sabtu dan Minggu museum ini ditutup pada pukul 20:00. Jadi bisa jalan-jalan seru sambil wisata malam di sini kan!

Museum Tekstil

museum tekstil

Setelah mampir ke daerah kawasan kota tua, kini saatnya berkunjung ke Meseum Tekstil yang terletak di  Jl. Aipda KS Tubun, Jakarta Pusat. Sesuai dengan namanya, Anda bisa melihat berbagai macam jenis tekstil terutama batik yang ada di Indonesia. Ada sekitar 2350 koleksi kain batik yang bisa Anda lihat di sini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa belajar membatik, menenun hingga pewarnaan. Seru sekali bukan? Anda bisa belajar bagaimana menggunakan canting hingga malam atau lilin.

Anda juga bisa membawa oleh-oleh dari sini berupa cinderamata seperti halnya, busana, kain aksesoris hingga peralatan batik dan buku-buku mengenai batik. Anda bisa berkunjung ke museum tekstil mulai dari hari Selasa hingga hari Minggu dari pukul 09:00 hingga pukul 15:00. Sedangkan, untuk harga tiketnya sendiri relatif murah yakni sekitar Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Ajak teman dan keluarga Anda untuk datang ke sini karena tempatnya sangat nyaman dan edukatif.

(Baca Juga: REDDOORZ PLUS @ ABDUL MADJID RAYA, PENGINAPAN MEWAH DENGAN LOKASI STRATEGIS)

Museum Taman Prasasti

museum taman pras

Anda yang ingin hunting foto dan merasakan sensasi berbeda saat berwisata di Jakarta, cobalah untuk berkunjung ke Museum Taman Prasasti. Di sini Anda bisa menemukan berbagai nisan dan patung-patung antik yang sering dijadikan lokasi berfoto oleh fotografer professional maupun perorangan. Lokasi Museum Taman Prasasti ini tidak jauh dari Museum Tekstil yakni masih di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebelum menjadi sebuah museum, tempat ini merupakan sebuah pemakaman bangsawan Belanda yang bernama Makan Kebon Jahe Kober. Hingga akhirnya pada masa Gubernur Ali Sadikin, pemakaman ini diresmikan menjadi museum prasasti. Museum di Jakarta ini memiliki luas hingga 5,5 hektar dengan jumlah makam hingga ribuan. Anda bisa berkunjung ke Museum Taman Prasasti mulai dari hari selasa hingga minggu  dari pukul 09:00 hingga 15:00.

Museum Bank Indonesia

museum bank inddo

useum di Jakarta selanjutnya yang bisa Anda kunjungi selama berwisata adalah Museum Bank Indonesia. Di sini Anda bisa melihat bagaimana Bank Indonesia bisa berinovasi mulai dari jaman Belanda hingga saat ini. Anda juga bisa mengetahui bagaimana proses perubahan Rupiah dan berbagai bentuk mata uang dari seluruh dunia. Museum yang satu ini juga sangat nyaman sekali karena tempatnya bersih dan dingin. Selain itu, lokasi Museum Bank Indonesia juga sering dijadikan tempat berfoto karena arsitekturnya yang  menarik dan unik. Anda bisa berkunjung ke sini dari hari selasa hingga hari minggu mulai dari pukul 08:00 hingga 16:00.

Itu tadi informasi dari RedDoorz tentang meseum di Jakarta. Jadi mau kemana nih selama Anda di Jakarta? Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota di Indonesia yang tentunya juga murah, seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: