Skip to content

Tujuan Wisata Ke Pulau Seribu yang Sayang Untuk Dilewatkan

Saatnya liburan memang paling seru jika mengunjungi pantai. Kita bisa refreshing dengan bermain pasir dan berenang ramai-ramai di pantai yang masih bersih dan jernih. Tetapi, kadang lokasi dan jarak tempat wisata yang kita kunjungi sering menjadi kendala tersendiri. Mulai dari transportasi dan biaya perjalanan juga masuk ke dalam hal yang penting sekali untuk diperhitungkan saat Anda ingin liburan.

Untuk Anda yang tinggal di daerah Jakarta tidak perlu khawatir karena ada Kepulauan Seribu yang bisa jadi tujuan wisata singkat Anda selama liburan. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta membuat kepulauan seribu menjadi salah satu tempat wisata yang terjangkau dari segi jarak dan biaya. Untuk lebih jelasnya RedDoorz akan membahas secara rinci tentang wisata ke Pulau Seribu.

Pulau Bira

pulau bira

Saat wisata ke Pulau Seribu, Pulau Bira menjadi pulau pertama yang bisa Anda kunjungi. Air dan pantai di pulau ini masih jernih dan bersih karena belum banyaknya wisatawan yang datang ke tempat ini. Untuk sampai ke lokasi ini Anda pertama harus sampai ke Pulau Pramuka terlebih dahulu dengan menempuh perjalanan selama 3 jam. Di pulau ini Anda bisa melihat keindahan bawah laut dengan diving atau sekedar snorkeling. Tidak hanya sekedar diving atau snorkeling melihat keindahan bawah laut saja. Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam di Pulau Bira ini.

Pulau Macan

pulau mcan

 

Mungkin selama ini Anda lebih sering mendengar tentang Pulau Tidung, Pulau Harapan atau pulau-pulau lainnya. Tetapi sebenarnya ada pulau lain yang tidak kalah menarik loh. Pulau Macan menjadi salah satu destinasi di Kepulauan Seribu yang wajib untuk Anda kunjungi. Anda tidak perlu takut saat berlibur ke tempat ini karena fasilitas yang ada di Pulau Macan sudah cukup lengkap. Pulau ini sebenarnya terdiri dari dua pulau, yang pertama yaitu Pulau Macan Besar dan Pulau Macan Kecil. Kondisi kedua pulau ini masih sangat asri dan bersih.

Anda yang berencana berlibur ke sana juga tidak perlu khawatir karena Pulau Macan sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang lengkap. Di sini Anda bisa bersantai dengan ber-snorkeling dan diving sambil melihat keindahan laut yang ada di sini. Untuk sampai ke pulau ini tidaklah sulit. Anda bisa menjangkaunya dari Pantai Marina Ancol yaitu Dermaga 6 untuk menggunakan speedboat untuk sampai ke Pulau Macan ini.

Pulau Pari

pulau pari

Berikutnya ada Pulau Pari yang hanya berjarak 45 kilometer dari Kota Jakarta. Anda bisa berkunjung ke lokasi ini dari Dermaga Marina Ancol dengan menempuh perjalanan selama 1 hingga 1,5 jam saja. Di Pulau Pari Anda bisa berkunjung ke beberapa spot menarik seperti Dermaga Bukit Matahari, Pantai Pasir Kresek dan Pantai Perawan.

Ketiga tempat wisata ini dikelola secara swadaya oleh warga yang tinggal di sana. Anda bisa berenang dan snorkeling diperairan dangkal Pulau Pari.  Selain itu, Anda juga bisa mengeksplore pulau ini dengan menyewa sepeda untuk berkeliling pulau atau menyewa sampan untuk menyusuri pinggir pulau.

Pulau Ayer

pulau ayer '

Wisata ke pulau seribu tidak terasa lengkap kalau Anda belum berkunjung ke Pulau Ayer. Dari pantai Marina Ancol Jakarta, Anda bisa mencapai pulau Ayer hanya dengan 20 menit hingga 30 menit dengan menggunakan speed boat. Di sini Anda bisa menikmati bagaimana serunya menginap dalam cottage di atas laut.

Saking indahnya, pulau ini pernah dijadikan tempat menginap bagi Presiden Indonesia pertama, Bung Karno. Tidak hanya itu, di sini Anda bisa melihat banyak biawak hidup yang berkeliaran secara bebas. Soal kenyamanan Anda tidak perlu khawatir karena penginapan di sini sudah berstandar bintang  4.

Baca JUga:

Pulau Pramuka

pulau pramuka

Pulau Pramuka masuk ke dalam pusat administratif dan merupakan kabupaten Kepulauan seribu. Ada sekitar 1.004 jiwa yang menghuni pulau sebesar 9 hektar ini. Pemukiman di pulau ini memang sudah termasuk lengkap karena sudah ada sekolah, rumah sakit, dermaga, hingga tempat pelelangan ikan. Untuk fasilitas pariwisata sendiri Pulau Pramuka sudah dilengkapi dengan vila hingga homestay.

Wisata ke pulau seribu semakin menarik karena Pulau Pramuka sendiri menyajikan keindahan panorama alam yang sangat menarik. Anda yang menginap di sini bisa memilih untuk tinggal di villa atau pun rumah-rumah warga yang diubah menjadi homestay. Anda tidak perlu sungkan karena warga-warga di sini sangat terbuka dan ramah dengan para wisatawan yang datang ke Pulau Pramuka untuk berlibur.

Anda bisa menjangkau Pulau Pramuka dari Muara Angke dengan menggunakan kapal penumpang. Satu kali keberangkatan dari pulau ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 30.000. Selain menggunakan kapal penumpang Anda bisa juga menggunakaan speedboat dari Dermaga Marina Ancol. Tetapi biaya naik speedboat ini termasuk mahal yakni Rp 150.000 hingga Rp 400.000. Dengan menaiki speedboat Anda bisa sampai ke Pulau Pramuka selama 90 menit saja.

Selama berlibur di Pulau Pramuka Anda bisa melihat pelestarian penyu sisik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Pramuka dengan snorkeling, diving atau kayaking. Untuk Anda yang memiliki hobi memancing juga bisa menyewa perahu nelayan dan mengunjungi berbagai spot mancing yang menarik.

Nah itu dia tadi informasi tentang wisata ke pulau seribu dari Reddoorz. Kalau Anda sendiri lebih suka berlibur ke pulau mana nih? Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota di Indonesia yang tentunya juga murah, seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: