Places To Visit Tourist Spot

Wisata Kota Lama Semarang yang Mengajak Anda Bernostalgia Dengan Keunikan Kota Tua

Kota lama merupakan salah satu lokasi wisata yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Semarang. Di sini Anda bisa menemukan banyak bangunan unik bergaya kolonial yang pastinya sangat unik untuk Anda yang memiliki hobi fotografi. Anda tidak hanya akan menemukan bangunan antik, di kota lama Semarang, Anda juga bisa berwisata edukasi, belanja hingga kuliner. Sekarang, RedDoorz ingin membahas tentang wisata kota lama semarang yang menarik dan unik. Berikut beberapa lokasi kota lama Semarang yang kami rekomendasikan.

3D Trick Art Museum

gdung 3d 1

Anda yang hobi selfie atau foto bisa datang ke  3D Trick Art Museum.  Di tempat wisata kota lama Semarang yang satu ini Anda bisa berfoto sepuasnya dengan lebih dari 1000 latar yang menarik. Ada berbagai macam foto menarik bertemakan kota Semarang yang bisa Anda temukan di sini. 3D Trick Art Museum ini dibagi menjadi 4 ruangan. Jadi para pengunjung pun bisa mengeksplore bagian mana saja yang bisa Anda jadikan latar belakang berfoto. Tempat wisata ini dibuka mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00. Untuk masuk ke sini Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 40.000. Lokasinya sendiri hanya berjarak 50 meter saja dari Taman Srigunting dan Gereja Blentuk.

Stasiun Tawang

stasiun tawang 3

Kalau Jakarta punya stasiun kota yang memiliki desain kolonial, Semarang punya Stasiun Tawang yang juga tidak kalah unik dan tua. Tempat ini merupakan stasiun induk yang ada di Semarang dan merupakan bangunan peninggalan jaman Belanda. Dibangun pada tahun 1864 hingga 1870 pada masa Nederlandche Indische Spoorweg Maatschcrij, tempat ini sudah beberapa kali menjalani renovasi tetapi salah satu tempat wisata kota lama Semarang tetep memiliki gaya arsitektur lamanya.

Gereja Blenduk

gereja blenduk

Anda yang ingin melihat bangunan tua lainnya dengan gaya arsitektur Belanda juga bisa mengunjungi Gereja Blenduk. Meski termasuk bangunan lama, Gereja ini masih digunakan untuk peribadatan setiap minggunya. Dengan desainnya yang bergaya neo klasik, Gereja Blundak tampil menonjol di antara gedung-gedung lainnya. Bangunan ini terbagi menjadi tiga bagian utama, inilah yang membuat bangunan ini disebut dengan bangunan setangkup dengan faced tunggal. Dengan gaya arsitekturnya yang unik membuat tempat wisata kota lama Semarang ini sering digunakan sebagai foto pre wedding.

Semarang Contemporary Art Gallery

galeeri art

Anda yang suka dengan pameran seni kontemporer bisa datang ke Semarang Contemporary Art Gallery. Tadinya, salah satu tempat wisata kota Semarang ini pernah diruntuhkan dan dibangun kembali pada tahun 1918. Kemudian bangunan ini kemudian digunakan sebagai kantor swasta pada tahun 1998. Pada tahun 2007 Semarang Contemporary Art Gallery kemudian diubah menjadi sebuah galeri. Di sini Anda bisa melihat lukisan-lukisan menarik yang dipamerkan. Hal yang menarik lainnya adalah tiang-tiang putih yang ada di gedung ini. Dengan pencahayaan yang pas membuat geleri ini terlihat menarik. Anda bisa berkunjung ke sini pada pukul 11.00 hingga 16.30. Anda juga hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Area Tengah Kota Lama

area tengah

Spot lainnya dari wisata kota lama Semarang yang bisa Anda kunjungi adalah area tengah kota lama Semarang. Di sini Anda bisa melihat berbagai macam bangunan tua dan jadi tempat berfoto yang menarik. Area tengah  kota lama Semarang ini meliputi Jalan Glatik, Jalan Jendral Soeprapto dan Jalan Garuda. Meski tempat ini termasuk cukup ramai, tetapi lokasnya sangat nyaman karena bersih sehingga Anda pun bisa bersantai di lokasi ini. Selama di sini, Anda bisa duduk-duduk di bangku dalam area taman yang di sediakan. Tidak hanya pada pagi dan siang hari saja, area tengah kota lama Semarang juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pada malam hari. Anda bisa melihat keindahan sisi kota yang dihiasi dengan berbagai macam lampu yang ada di sudut-sudut jalan. Jika Anda capek jalan-jalan keliling kota, Anda bisa beristirahat sebentar dengan makan berbagai kuliner khas Semarang seperti sego kucing, ikan bakar Cianjur, nasi goreng dan masih banyak yang lainnya yang ada di sini.

Aneka Café Antik Kota Lama Semarang

kafe kota lama semarang

Tidak hanya bangunan lama bersejarah saja yang ada di wisata kota lama Semarang. Di kota lama Semarang Anda juga bisa nongkrong-nongrok di kafe-kafe antik yang ada di sepanjang kota lama. Kafe-kafe yang ada di sekitar kota lama ini menggunakan bangunan-bangunan lama yang dulunya merupakan kantor hingga hotel. Di dalam kafe tersebut biasanya mereka memajang berbagai benda antik yang merupakan peninggalan bangunan yang mereka gunakan. Menyusuri wisata kota lama Semarang ini Anda bisa nongkrong-nongkrong bersama dengan teman-teman di beberapa kafe seperti Retro Café, Marabunta Café, Tekodeko, Spigel dan Nuris Café.

(Baca Juga: Liburan Seru dengan Menginap di RedDoorz @ Kawi)

Gedung Marabunta

gedung marabunta

Gedung Marabunta memang cukup ikonik dengan patung semut raksasa yang ada di bagian atas. Hingga saat ini belum ada yang mengetahui secara persis kapan gedung Marabunta didirikan. Tetapi ada yang beranggapan kalau Gedung Marabunta sudah ada pada tahun 1854 saat bangunan ini masih sering digunakan untuk pementasan. Nama asli dari gedung marabunta sendiri adalah Komedi Stadschouwburg. Gedung unik ini sering digunakan untuk pementasan drama, tari hingga musik. Hingga pada awal kemerdekaan gedung Marabunta beralih fungsi menjadi kantor yayasan Empat Lima yang anggotanya merupakan Presiden Suharto dan Supardjo Rustam. Setelahnya, Yayasan ini pun mengganti namanya menjadi Yayasan Kodam.

Gedung Marba

gedung marba

Gedung Marba berlokasi di seberang Taman Srigunting persisnya di Jalan Let. Jend. Suprapto N. 33 Semarang. Dibangun pada abad ke-19, Gedung Marba memiliki dua lantai dengan tebal dinding hingga 20 cm. Berdirinya bangunan ini dicetuskan oleh seorang saudagar kaya asal Yaman, Marta Badjunet. Inilah yang membuat salah satu tempat wisata kota lama Semarang akhirnya diberi nama Marba. Pada awal bedirinya, gedung Marba digunakan sebagai kantor usaha pelayaran yaitu Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL). Tidak hanya difungsikan sebagai kantor, tapi juga digunakan sebagai toko yang cukup modern pada saat itu. Namun, sayangnya sekarang gedung ini tidak difungsikan sama sekali dan hanya digunakan sebagai gudang saja.

Itulah beberapa tempat wisata Kota Lama Semarang yang bisa Anda kunjungi. Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota di Indonesia yang tentunya juga murah, seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Semarang, Bogor, Surabaya dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s