Feature

Jajanan Khas Indonesia yang Populer dan Wajib Anda Coba

Indonesia adalah Negara yang tidak hanya kaya akan sumber daya alam dan budaya, tetapi juga kaya dengan beragam masakan khas. Kuliner lezat Indonesia sudah dikenal hingga seluruh dunia dan diakui kelezatannya oleh wisatawan dari berbagai Negara. Salah satu yang paling dikenal dan disukai adalah jajanan khas Indonesia yang memiliki rasa unik dan jarang Anda dapatkan di Negara lain. Nah, kali ini RedDoorz akan membahas berbagai jajanan khas Indonesia yang wajib Anda cicipi. Apa saja sih? Yuk simak selengkapnya!

Kue Lapis

jajanan khas indonesia 1

Jajanan pasar dari tepung beras ini merupakan favorit bagi anak-anak sampai orang tua. Anak-anak suka dengan kue lapis karena warnanya yang menarik, sedangkan bagi orang dewasa suka karena kue lapis sangat cocok untuk dijadikan makanan camilan. Selain tepung beras, kue lapis dibuat dengan bahan lain seperti santan, tepung sagu, vanili dan kue lapis. Untuk mempercantik penampilannya, kue ini diberi pewarna makanan yang berbeda-beda.

Bika Ambon

jajanan khas indonesia 2

Jajanan khas Indonesia  yang berasal dari Medan ini memiliki kelezatan khas yang membuat Anda penasaran. Teksturnya halus dan lembut namun terasa kenyal di mulut. Bika Ambon juga memiliki perpaduan rasa yang sangat khas, mulai dari manis, gurih dan sedikit asam. Rasa yang berpadu ini tidak saling bertabrakan, namun justru membuat harmoni yang membuat kita ingin terus menyantapnya. Bika Ambon disajikan bersama segelas teh panas atau kopi, sebagai teman melewatkan sore hari.

Kue Cucur

jajanan khas indonesia 3

Ketika sedang berjalan-jalan di pasar, Anda pasti bisa dengan mudah menemukan kue cucur di penjual kue-kue tradisional. Kue yang diolah dengan cara digoreng ini merupakan cemilan yang pas disantap kapan saja. Bahan utama pembuatan kue cucur adalah tepung beras, tepung terigu dan garam. Setelah semua bahan dicampur, tambahkan sedikit kayu manis agar aromanya lebih harum. Untuk membuat kue cucur menjadi manis, Anda bisa menambahkan gula merah dan gula pasir ke dalam adonan tepung. Kemudian goreng adonan di dalam minyak panas sampai bagian tengah kue ini bergelembung.

Getuk

jajanan khas indonesia 10

Siapa sangka singkong yang sangat murah dan terkesan sebagai makanan rakyat jelata biasa diolah menjadi kue yang sangat lezat seperti getuk. Di Jawa Tengah sendiri terdapat lebih dari 10 macam getuk yang semuanya memiliki bentuk dan rasa yang berbeda. Sebut saja getuk lindri, getuk trio, getuk gulung, dan masih banyak lagi. Biasanya getuk disajikan bersama parutan kelapa atau lelehan gula jawa yang bisa dicucurkan diatasnya.

Onde-onde

jajanan khas indonesia 5

Kue berbentuk bulat yang di bagian luarnya melekat taburan wijen ini tentu sudah tidak asing bagi kebanyakan masyarakat. Pasalnya, onde-onde memang dijual di berbagai wilayahnya yang ada di Indonesia. Kelezatan kue berisi kacang hijau ini memang sudah terkenal di nusantara. Untuk membuat onde-onde Anda membutuhkan tepung ketan, tepung beras, gula pasir, garam dan santan. Kemudian, onde-onde akan diolah dengan cara digoreng hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan.

Kue Putri Selat

jajanan khas indonesia 6

Singgah ke Sumatera, kita akan menjumpai jajanan khas Indonesia yang rasanya legit dengan tampilan yang menarik. Apalagi jika bukan kue putri selat. Warna nya sangat indah berasal dari daun pandan dan rasa manis serta gurih nya berasal dari perpaduan santan dan gula pasir. Seperti kue tradisional Indonesia lainnya yang terbuat dari tepung beras, putri selat memiliki tekstur kenyal, agak lengket, namun tetap nikmat disantap sebagai snack.

Klepon

jajanan khas indonesia 7

Klepon merupakan kue tradisional Indonesia yang bisa Anda temukan di berbagai pasar tradisional. Biasanya klepon dijual di pagi hari, disajikan di atas daun pisang yang masih fresh. Klepon sendiri memiliki warna hijau, terbuat dari tepung beras dan memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari kelereng. Ketika Anda menggigit klepon, Anda akan merasakan sensasi rasa manis yang terpancar ke seluruh mulut Anda, yang berisi dari gula jawa cair yang berada di dalam klepon. Makanan ini tidak hanya lezat, namun bisa membuat siapapun ketagihan.

Kue Nagasari

jajanan khas indonesia 8

Jajanan khas Indonesia ini biasa dikemas dalam daun pusang sehingga membuat aroma dan rasanya lebih sedap. Anda bisa menemukan kue nagasari di pedagang kue tradisional yang ada di pasar. Kue Nagasari sendiri terbuat dari tepung beras yang dikombinasikan dengan santan kelapa murni, gula, garam dan vanili. Untuk isian kue ini umumnya adalah pisang kepok, tetapi saat ini sudah banyak dimodifikasi dengan menggunakan buah nangka sebagai isiannya.

Kue Mangkok

jajanan khas indonesia 9

Sepintas kue mangkok mirip dengan cupcake modern yang biasa dihias dengan menggunakan icing. Jajanan pasar dari tepung beras ini memang memiliki tampilan yang lebih sederhana. Sejak dulu, kue mangkok memang tidak pernah dimodifikasi, hanya warnanya saja yang dibuat berwarna-warni. Untuk membuat kue mangkok, Anda memerlukan tepung beras, gula pasir, ragi, baking powder dan sedikit tepung terigu. Kemudian, beri pewarna makanan sesuai selera Anda dan kukus adonan yang sudah ada ke dalam cetakan. Kue mangkok akan terasa semakin nikmat bila dimakan dalam keadaan hangat.

Gimana RedTraveler udah liatkan berbagai jajanan khas Indonesia yang perlu Anda cicipi? Nah, untuk Anda yang ingin liburan sambil menikmati berbagai kue tradisional Indonesia, RedDoorz hadir sebagai penginapan murah di berbagai kota seperti; Semarang, Bali, Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s