Places To Visit

Wisata Gili Labak, Surga Tersembunyi di Madura

Satu lagi tempat wisata di bagian timur Jawa yang belum banyak dikunjungi oleh para traveler. Berlokasi di daerah Sumenep, Madura, Gili Labak menyajikan keindahan laut dan pasir putih yang cantik. Redtraveler yang ingin jalan-jalan ke pantai indah dan belum banyak dikunjungi oleh orang  bisa datang ke lokasi ini. Gili Labak menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para backpacker. Meski belum banyak yang tahu keindahan pulau ini, Gili Labak menjadi pulau yang wajib untuk Anda kunjungi. Berikut RedDoorz akan bahas secara lengkap tentang wisata Gili Labak.

Keindahan Pulau Gili Labak Madura 

gili labak 2

Wisata Gili Labak Madura sendiri terkenal dengan pantai pasir putihnya yang indah. Di sini RedTraveler bisa bersantai sambil melihat keeksotisan lautnya yang biru dan desiran ombak yang ada di sini. Sebelum berubah nama menjadi Gili Labak, Pulau Ini dikenal dengan nama Pulau Tikus. Nama tersebut kemudian diubah menjadi Gili Labak karena pengucapannya yang lebih mudah bagi orang Madura.

Pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar, sehingga Anda dapat mengelilingi Gili Labak kurang dari 30 menit. Meski hanya dihuni sekitar 35 kepala keluarga saja, masyarakat di sana memiliki kebiasaan unik yaitu selalu menaruh pasir di dalam rumah mereka. Kebiasaan ini dianggap dapat lebih memberi ketenangan dan menyehatkan bagi penghuninya.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat ini, Anda bisa bermain di pantai pasir putih yang terbentang sepanjang 50 meter. Atau jika Anda suka dengan olahraga air, Anda bisa menikmati snorkeling ataupun diving untuk melihat terumbu karang dan biota laut yang ada di perairan Sumenep.

Akomodasi di Gili Labak

gili labak 3

Jika Anda berencana untuk bermalam di Gili Labak, ada beberapa pilihan tempat menginap. Yang pertama adalah menginap di hotel atau penginapan yang telah tersedia di wisata Gili Labak. Pilihan kedua, Anda dapat menginap di rumah warga atau mendirikan tenda di pinggir pantai yang tentunya lebih terjangkau. Tetapi, saat Anda memilih menginap di rumah warga, Anda harus membeli air bersih yang dijual per galonnya sebesar Rp 10.000. Kemudian, Anda jangan lupa untuk membawa colokan dan penerangan sendiri seperti senter karena persedian listrik di Gili Labak masih sangat terbatas di malam hari.

(Baca Juga: Ke Surabaya Belom Lengkap Tanpa Menginap di RedDoorz Plus near Ciputra World)

Akses Menuju Gili Labak

akses menuju

Untuk mencapai Gili Labak Anda membutuhkan waktu 2 jam saja dari Jawa Timur. Gili Labak bisa diakses dari Pelabuhan Kalianget yang terletak di bagian paling timur Madura. Pertama, Anda harus naik bus terlebih dahulu yang ada di Terminal Bungurasih, Surabaya untuk menuju ke Kabupaten Sumenep. Setelah sampai di Pelabuhan Kalianget, Redtraveler bisa menyewa kapal untuk menuju Gili Labak dengan biaya sekitar Rp 350.000. Satu kapal biasanya bisa memuat sekitar 15 orang.

Jalur lainnya yang Bisa Anda tempuh adalah melalui Pelabuhan Tanjung. Jalur ini lebih sering digunakan oleh para backpacker. Di Jalur ini Anda akan melewati Desa Tanjung untuk kemudian sampai di pertigaan pasar Saronggi. Rute berikutnya yang bisa Anda tempuh adalah melalui Desa Lobuk. Meski pun Desa Lobuk hanya merupakan pelabuhan kecil saja, jalur ini banyak sekali digunakan oleh banyak traveler. Ini karena rute Desa Lobuk lebih mudah diakses oleh para pengunjung dari luar kota Sumenep. Anda hanya perlu belok ke kanan setelah pertigaan Bluto untuk nantinya sampai ke dermaga di Desa Lobuk. Setelah sampai di Gili Labak Anda tidak akan dipungut biaya masuk apapun. Anda bisa dengan bebas mengeksplore lokasi ini.

Biaya Untuk Mencapai Gili Labak 

akomodasi ke gili labaak

Tadi, sempat disinggung sedikit mengenai biaya naik kapal untuk menyebrang ke Gili Labak. Sekarang RedDoorz akan bahas lebih rinci berapa biaya yang Anda butuhkan untuk sampai ke sini. Sebenarnya biaya  yang Anda butuhkan untuk sampai ke Gili Labak  tergantung dari jenis kapal apa yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan kapal dengan berat 10 ton, biaya sewanya mencapai Rp 800.000 hingga Rp 1.0000.000. Sedangkan, jika Anda menggunakan kapal dengan berat 15 ton, biaya sewanya bisa mencapai Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000.

Namun, Bila Anda memilih untuk menggunakan kapal penyebrangan biasa, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 500.000 untuk sekali jalan saja. Kesimpulannya, biaya per orang wisata Gili Labak bisa diestimasi sekitar Rp 80.000. Cukup ekonomis untuk Anda para backpacker.

Jadi itulah sebagian informasi mengenai wisata Gili Labak. Kalau Anda jalan-jalan ke Madura jangan lupa untuk menyambangi pulau indah di Madura ini. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota di Indonesia seperti; Bali, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Bandung, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s