Skip to content

Informasi Gili Trawangan untuk Liburan Hemat dan Menyenangkan

Gili Trawangan merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Pulau yang memiliki luas sebesar 15 km ini punya banyak tempat menarik yang tidak dapat Anda dapatkan di tempat lain. Meski Gili Trawangan kecil ini sudah lama terkenal, namun ternyata tidak semua orang memiliki informasi lengkap mengenai hal-hal mendasar untuk membuat liburan di Gili Trawangan sempurna. Tentunya Anda membutuhkan banyak persiapan agar liburan seru di sana terwujud. Nah, kali ini RedDoorz akan membagikan informasi lengkap mengenai Gili trawangan. Yuk simak artikel lengkapnya!

Transportasi

informasi gili trawangan 1

Cara termudah sekaligus termahal untuk mencapai Gili Trawangan adalah dengan naik speedboat dari Bali. Anda bisa berangkat dari Tanjung Benoa, Padang Bai, Sanur atau Pulau Serangan. Jika Anda ingin lebih berhemat, Anda harus lewat Pelabuhan Bangsal, Lombok. Sedangkan dari  Bandara Internasional Lombok, ada 2 alternatif untuk menuju Pelabuhan Bangsal.

Pertama, Anda harus menyewa mobil langsung dari bandara dengan biaya rata-rata Rp 400.000 sehari. Apabila Anda bepergian dalam rombongan, maka sebaiknya memilih alternatif ini. Biaya sewa bisa dibagi rata tentunya. Pastikan Anda sudah tiba di Lombok jam 3 sore agar bisa mengejar kapal terakhir ke Gili Trawangan.

Kedua, jika Anda hanya pergi sendiri atau berdua, Anda bisa naik bus Damri Bandara ke Senggigi dan mencari travel lokal yang mempunyai jadwal keberangkatan rutin mengantar kamu ke Pelabuhan Bangsal.

Dari Pelabuhan Bangsal, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Gili Trawagandengan naik public boat dengan biaya sekitar Rp 15.000 per orang dan lama perjalanan sekitar 30 menit. Kapal paling pertama berangkat pukul 08.00 WITA dan paling terakhir pukul 17.00 WITA. Jadwal kapal ini dapat berubah bergantung kondisi cuaca.

Akomodasi

informasi gili trawangan 2

Terdapat banyak pilihan akomodasi di Gili trawangan, mulai dari homestay seharga Rp 100.000 per malam hingga resort jutaan rupiah. Hampir semua homestay atau jenis penginapan murah tidak bisa dipesan secara online. Anda harus datang dan memesan langsung di sana. Jika waktu liburan Anda bertepatan dengan long weekend atau periode high season, kami tidak merekomendasikan untuk go show ketika mencari penginapan jenis ini, karena cenderung sudah penuh.

Aktivitas

informasi gili trawangan 3

Aktivitas utama di Gili Trawangan adalah snorkeling atau diving. Namun jika Anda tidak suka keduanya, Anda bisa berjalan kaku menjelajahi pulau sambil menikmati keindahan pantai dan lautnya. Berkeliling naik cidomo (alat transportasi lokal mirip delman) atau sekedar bersantai di pinggir pantai sambil membaca buku dan menikmati sunrise/sunset yang indah. Di Gili trawangan tidak ada kendaraan bermotor yang boleh beroperasi sehingga udaranya tergolong nyaman.

Jika Anda ingin snorkeling, banyak operator tur lokal yang dapat menyediakan peralatannya. Anda dapat dengan mudah menemuinya di sepanjang pantai utama atau yang juga dikenal dengan area Sentral. Tarif yang dikenakan tergolong cukup bervariasi, tapi umumnya mulai dari Rp 150.000 untuk durasi 3 jam, termasuk makan siang dan transportasi.  Namun, snorkeling di pinggir pantai pun sudah cukup menyenangkan karena banyak ikan warna-warni yang hilir mudik. Selain itu, Anda bisa mengunjungi Taman Konservasi Penyu untuk melihat dan belajar tentang konservasi hewan langka ini.

Kuliner dan Fasilitas Umum

informasi gili trawangan 4

Karena masih merupakan bagian dari Lombok, kuliner di HGili trawangan pun tak jauh berbeda yaitu dengan ayam taliwang dan plecing kangkung sebagai sajian khas nya. Di Gili Trawangan banyak tersedia warung makan kecil hingga kafe dan restoran. Untuk menemui warung makan kecil dengan harga yang relatif murah, Anda harus masuk ke dalam gang-gang, sementara kafe dan restoran dapat dengan mudah ditemui di pinggir pantai. Salah satu warung yang cukup terkenal adalah warung milik Bu Dwi yang terletak di dalam gang dekat pelabuhan.

Di pulau kecil ini banyak terdapat mesin ATM dari berbagai bank nasional. Juga ada penyewaan sepeda, jika Anda merasa biaya keliling naik cidomo terlalu mahal. Untuk biaya ciomo Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 75.000 sekali jalan untuk keliling pulau, namun jika sewa sepeda, biaya nya sekitar Rp 50.000 per hari.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Gili trawangan yang dapat menghemat budget traveling. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke  berbagai kota-kota di Indonesia seperti; Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Semarang, Bali dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: