Places To Visit

Wisata Pulau Panjang Sajikan Eksotisme Keindahan Laut Jepara

Kebanyakan orang mungkin lebih familiar dengan Karimun Jawa yang berlokasi di Jawa Tengah. Tetapi tahukah Anda kalau ada pulau indah lainnya yang bisa Anda kunjungi. Pulau Panjang yang terletak di daerah Jepara menjadi salah satu Pulau di Jawa Tengah yang harus masuk ke dalam list tujuan wisata Anda. Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan pasir putihnya saja. Pulau Panjang pun selalu ramai dengan berbagai macam acara adat seperti halnya acara Tahun Baru Islam yang sering diselenggarakan di  Pantai Kartini. Untuk lebih jelas berikut RedDoorz akan membahas mengenai wisata Pulau Panjang Jepara.

Pulau Panjang Memiliki Pulau yang Indah

pulau panjang 2

Wisata Pulau panjang sendiri terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik. Secara teritorial Pulau Panjang masuk ke dalam kelurahan Ujung Batu, Kabupaten Jepara. Pulau yang memiliki luas 19 hektar ini berada di ketinggian 45 mdpl. Di sini Anda bisa dengan puas snorkeling atau pun diving di perairan yang memiliki kedalaman 10 hingga 20 meter. Kondisi pulaunya sendiri juga termasuk sejuk karena ada banyak pohon tropis. Banyaknya pohon tropis yang ada di sini  membuat pemerintah kota menjadikan Pulau Panjang sebagai kawasan hutan kota. Namun, sayangnya keindahan wisata Pulau Panjang ini sempat terganggu karena sempat ada pencurian terumbu karang dan penebangan hutan mangrove. Tidak hanya itu, Pulau Panjang juga dijadikan tempat pengembangan  flora dan fauna sekitar pulau untuk berkembang biak. Ada berbagai macam flora yang memang dilestarikan dilokasi ini diantaranya adalah dadap, pohon randu, asam Jawa, serta pohon Pinus yang sudah berusia ratusan tahun.

Wisata Ziarah di Pemakaman Syekh Abu Bakar

pulu pnkgj

Hal unik lainnya di Pulau Panjang adalah kompleks pemakaman Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy yang merupakan salah satu penyebar agama islam di Indonesia. Makam ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke sini. Anda yang ingin berkunjung ke lokasi ini bisa menempuh perjalanan mulai dari Pantai Kartini atau Pantai Bandengan. Dari pantai tersebut Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 2,5 km ke arah barat.  Jumlah wisatawan akan melonjak saat peringatan bulan Muharam. Para penduduk Pulau Panjang juga masih sangat menjunjung tinggi budaya dan agama. Hal ini terlihat dari sering diadakanya acara Lomban pada tanggal  8 Syawal.

Rute Menuju Pulau Panjang

pulau panjang dlm

Ada dua akses yang bisa Anda  tempuh untuk mencapai Pulau Panjang. Pertama Anda bisa melalui Pantai Bandengan yang kedua Anda bisa melalui Pantai Kartini. Dua jalur ini menjadi dua jalur yang paling umum untuk dilalui oleh para wisatawan domestik. Anda bisa menggunakan kapal nelayan selama 30 menit untuk sampai ke Pulau Panjang. Anda tidak perlu khawatir dengan ombaknya yang tinggi karena setiap perahu yang digunakan sudah dilengkapi dengan alat keselamatan. Kapal untuk menyebrang ini biasanya akan selalu ada di Dermaga Pantai Bandengan. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 15.000 saja untuk satu kali perjalanan. Sedangkan, untuk Anda yang berlibur dengan membawa rombongan bisa menyewa satu kapal dengan harga mulai Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Kapal yang disewa ini hanya bisa stand by selama satu jam saja. Untuk Anda yang ingin menginap atau pulang keesokan harinya bisa dijemput kembali  karena harga sewa tersebut sudah termasuk harga pulang dan pergi.

(Baca Juga: RedDoorz Plus @ Karang Tenget Tuban, Hotel dengan Lokasi Terbaik)

Penginapan dan Fasilitas di Pulau Panjang

penginapan pulau

Di Pulau Panjang sendiri, belum ada penginapan secara khusus. Anda bisa menggunakan tenda atau alat perkemahan lainnya untuk bisa menginap di pulau ini. Hal yang menyenangkan di sini adalah Anda bisa camping dengan bebas sambil membuat api unggun. Tetapi, perlu diingat para wisatawan hanya boleh membuat api unggun di atas pasir saja untuk menghindari kebakaran. Anda yang ingin bermalam di penginapan bisa tinggal sementara di pantai Bandengan atau Pantai Kartini. Dua pantai inilah yang paling posisinya paling dekat dengan Pulau Panjang. Anda tidak perlu khawatir karena tempat wisata Pulau Panjang sudah lengkap dengan berbagai macam fasilitas. Untuk masuk ke dalam pulau ini Anda hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000. Anda juga tidak perlu takut kelaparan selama berada di Pulau Pajang ini. Di sini ada banyak penduduk yang menjual aneka makanan. Anda yang ingin berkeliling Pulau Panjang pun bisa menyewa sepeda. Perlengkapan snorkeling  dan camping juga tersedia lengkap di pulau ini. Bagaimana menarik sekali bukan?

Itulah, informasi mengenai wisata pulau panjang. Pulau kecil di Jawa Tengah ini memang pantas untuk menjadi tujuan wisata Anda yang berikutnya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota di Indonesia seperti; Bali, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Bandung, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s