Skip to content

Wisata Air Terjun di Bogor yang Tawarkan Kesejukan Alam

Sebagai kota yang cukup dekat lokasinya dengan Jakarta, Bogor menjadi kota yang banyak diminati untuk menjadi pilihan tempat wisata. Selain tempat makan seperti café yang menjamur di berbagai sudut kota, wisata alam bogor juga tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Salah satu wisata alam di Bogor yang bisa RedTraveler kunjungi adalah wisata Air terjunnya. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas secara lengkap mengenai wisata air  terjun di Bogor.

Curug Bidadari

curug bidadari

Wisata air terjun di Bogor pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Bidadari. Tempat ini buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 pada hari biasa. Sedangkan, pada hari libur buka pada pukul 07.30 hingga 18.30. Anda bisa merasakan keasrian Sentul Paradise Park dengan datang dan bermain di air terjun ini.  Posisinya yang tinggi membuat volume dari air Curug Bidadari cukup banyak. Ajak anak-anak dan keluarga Anda untuk bermain bersama di kolam anak. Lokasi Curug Bidadari sangat mudah dijangkau. Setelah keluar dari pintu tol Sentul Selatan Anda bisa langsung belok kiri. Untuk masuk ke dalam tempat wisata ini Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orangnya pada  hari biasa. Sedangkan, pada hari libur tiket masuknya menjadi Rp 40.000. Lalu, Anda yang membawa kendaraan pribadi akan harus mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 4.000 untuk motor. Selain bermain air, Curug Bidadari juga menawarkan fasilitas wisata lainnya yang tidak kalah menarik seperti parahu, flying fox, penyewaan pelampung dan masih banyak lainnya. Anda yang datang ke sini jangan lupa untuk membawa sun block, baju ganti, serta makanan dan minuman ya.

Curug Cigamea

curug cigamea

Curug Cigamea berada tepat di Gunung Salak. Di lokasi ini ada dua macam curug yang bisa Anda kunjungi, yang pertama letaknya tidak terlalu jauh dari pintu masuk. Air terjun di sini berada di tebing yang curam dan penuh dengan bebatuan. Lalu, yang kedua hanya berjarak 30 M dari pintu masuk. Dengan ketinggian 50 meter, para pengunjung bisa bermain di kolam dan berenang di dalamnya. Curug Cigamea sendiri berlokasi di Desa Gunungsari kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Akses menuju wisata air terjun di Bogor bisa dikatakan sudah baik karena jalan setapaknya yang sudah dilapisi batu sehingga tidak licin. Masuk ke Curug Cigamea Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.500 per orangnya. Namun, sebelumnya Anda harus membayar tiket masuk kawasan Gunung Salak sebesar Rp 7.000 per orang.

Curug Pangeran

curug pangeran

 

Masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, Curug Pangeran menjadi tempat wisata air terjun di Bogor selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Kondisi Air di Curug Pangeran ini sangat jernih. Anda juga bisa berenang di dalam kolamnya yang memiliki kedalaman hampir dua meter ini. Untuk sampai ke Curug Pangeran Anda hanya perlu berjalan kaki sejauh 500 meter dari lokasi parkir yang telah disediakan. Selain bermain basah-basahan, Anda juga bisa camping di lokasi ini dengan mendirikan tenda. Tetapi, bagi Anda yang ingin bermalam di penginapan, Curug Pangeran juga telah memiliki fasilitas tersebut.

Curug Ngumpet

curug pangeran

Kawasan Gunung Salak memang menyimpan banyak air terjun yang indah. Wisata air terjun di Bogor berikutnya  yang bisa Anda kunjungi di kawasan Gunung Salak yakni Curug Ngumpet. Meski tidak setinggi dan sederas air terjun lainnya, Curug Ngumpet ini memiliki kualitas air yang sangat jernih. Lokasi curug yang satu ini tidak sengumpet namanya. Anda hanya perlu berjalan sekitar 10 menit saja dari lokasi parkir. Anda juga bisa santai-santai di saung-saung yang berada di lokasi ini. Untuk bisa menikmati keindahan dan kesegaran air terjun ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 saja.

Curug Cilember

curug cilember

Curug Cilember sangat unik karena memiliki levelnya tersendiri yakni mulai dari 7 hingga 1. Setiap level memiliki tingkat kesulitan yang beraneka ragam. Semakin kecil angka curug maka akan semakin tinggi tingkat kesulitan untuk sampai ke curug ini.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, Anda bisa melalui Tol Ciawi untuk nantinya sampai ke daerah Cisarua. Setelahnya, Anda bisa belok ke kiri ke arah Taman Matahari dan akhirnya Anda bisa sampai ke Curug Cilember. RedTraveler hanya perlu membayar Rp 6.000 saja untuk masuk ke kawasan curug cilember ini. Sedangkan, untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tiket parkir sebesar Rp 8.000 untuk mobil dan Rp 4.000 untuk mobil.

(Baca Juga: RedDoorz Near Exit Toll Bogor, Penginapan Berlokasi Strategis dan Murah)

Curug Nangka

curug nangka

Terakhir ada Curug Nangka yang masuk ke dalam Taman Nasional Halimun Salak. Masuk ke dalam kawasan ini berarti curug nangka ini masih berada di bawah RPH Gunung Bunder. Berada di ketinggian 750 mdpl udara di sini terasa sangat sejuk. Untuk menikmati keindahan curug, Anda bisa naik motor atau sepeda gunung. Sedangkan, untuk masuk ke kawasan Curug Nangka Anda perlu membayar sebesar Rp 15.000.

Jadi, itulah beberapa informasi mengenai wisata air terjun di Bogor. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota di Indonesia seperti; Bali, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Bandung, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: