News Partner Program

Hari Batik Nasional: Lestarikan Budaya Indonesia Dengan Caramu!

Batik menjadi salah satu warisan Budaya Indonesia memang memiliki tempat istimewa di hati masayarakatnya. Sebelum dikukuhkan menjadi warisan budaya Indonesia oleh UNESCO, pengakuannya sempat menjadi perdebatan sendiri. Hingga akhirnya diadakan penyelidikan dan UNESCO pun mengakui kalau batik memang asli hasil kebudayaan dari Indonesia.

Sejak saat itulah Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Tidak hanya itu, setelahnya banyak kantor mewajibkan pegawai mereka untuk menggunakan batik pada hari-hari tertentu. RedDoorz sebagai perusahaan start up yang multiculture pun juga ikut merayakan momen penting ini. Pada tanggal 2 Oktober kemarin, karyawan RedDoorz diwajibkan untuk menggunakan batik.

Para pegawai pun sangat antusias dengan momen penting ini. Mereka mengaku bangga dengan salah satu warisan budaya Indonesia, Batik. Seperti yang diungkapkan oleh Rachel Lucya, Social Media Strategist di RedDoorz bahwa dirinya sangat bangga dengan warisan budaya Indonesia seperti batik. Apalagi saat batik digunakan oleh orang asing.

Menurutnya, untuk terus melestarikan budaya Indonesia ini kita bisa menggunakan batik saat hari batik nasional saja. Apalagi sekarang banyak sekali model batik yang tidak terlalu formal dan dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu harga baju batik juga termasuk terjangkau dan bisa didapatkan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak berkontribusi untuk melestarikan batik yang merupakan warisan budaya Indonesia.

“Misalnya aja kayak pas jalan-jalan atau kondangan bisa pakai batik. Juga kayak baju batik sekarang nggak formal-formal banget kan, kayak tank top aja sekarang kan udah ada yang model batiknya kalau dulu kan cuma ada kemeja doang.” Ungkap Rachel.

WhatsApp Image 2017-10-18 at 17.34.19

Tidak hanya sekedar kebanggan tersendiri saat batik menjadi bagian budaya Indonesia. Lebih dari itu, Menurut  Ariandra Mayra Fadhilla, Customer Service Officer RedDoorz, Batik itu sendiri merupakan karakter negara dan batik itu juga melambangkan negara kita.

“Menurut aku batik itu karakter negara kita. Sesuatu yang bisa kita pake dan melambangkan negara kita.” Jelas Mayra.

Ia menambahkan tidak hanya sekedar menggunakan batik saja cara untuk melestarikan batik. Anak-anak muda yang senang mempelajari hal baru pun bisa dibekali dengan berbagai pengarahan cara membatik. Mayra mengatakan kalau kegiatan ini akan menjadi seru untuk para generasi muda.

“Untuk melestarikan batik sendiri mungkin anak-anak bisa dikasih pengarahan cara membatik kali ya,” kata Mayra.

Masuknya batik Indonesia sebagai  warisan budaya Indonesia sendiri juga semakin mengukuhkan kebudayaan Indonesia di mata internasional. Negara-negara lain yang mungkin kurang mengenal Indonesia bisa lebih tertarik dengan budaya Indonesia lewat batik.

Menurut Bianca Yoviana, Account Management RedDoorz, dengan banyaknya batik dalam berbagai jenis fashion item, perempuan atau orang-orang yang belum familiar dengan batik sendiri bisa tertarik menggunakan batik.

“Dengan menggunakan aksesoris dari batik juga bisa jadi cara untuk melestarikan batik Indonesia,” jelas Bianca.

Indonesia yang kaya dengan berbagai budayanya tentunya harus didukung dengan masyarakatnya untuk terus melestarikan budaya Indonesia sendiri. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh kita, masyarakat Indonesia untuk melestarikan batik Indonesia salah satunya adalah dengan menggunakan batik itu sendiri di Hari batik Indonesia. Kalau menurut Anda sendiri cara apa saja yang bisa kita lakukan? Lestarikan terus budaya Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s