Places To Visit

Pulau Menjangan Bali yang Menyimpan Keindahan Laut

Bali memang menjadi salah satu tempat wisata yang cukup istimewa bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak hanya pulau utamanya saja yang menjadi tempat favorit bagi para wisatawan. Pulau-pulau di sekitar Bali juga tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Salah satu pulau eksotis di sekitar Bali yang menarik adalah Pulau Menjangan. Pulau Menjangan Bali sendiri menyimpan banyak sekali keeksotisan bawah laut yang bisa Anda jelajahi lebih jauh. Berikut RedDoorz akan bahas lebih lengkap mengenai Pulau Menjangan Bali.

Tempat Menyelam di Menjangan Bali

menyelam di menjangan

Seperti yang dibahas sebelumnya kalau nama menjangan sendiri diambil dari nama hewan menjangan yang ada di pulau ini. Dengan luas sekitar 19.002 Ha Pulau Menjangan dijadikan penangkaran rusa dan ditetapkan sebagai Taman Nasional Bali Barat. Hal inilah yang menyebabkan para wisatawan hanya diizinkan untuk snorkeling dan diving saja.

Sudah sejak lama Pulau Menjangan Bali terkenal dengan wisata bawah lautnya yang menarik. Ada berbagai macam kecantikan bawah laut yang ditawarkan seperti ikan-ikan yang lucu dan berbagai terumbu karang yang warna-warni.

Biasanya para wisatawan yang datang kesini tertarik untuk menyelam karena keunikan karang di Pulau Menjangan yang membentang panjang hingga 10 km dengan kedalaman 20-60 meter. Di sini Anda bisa melakukan kegiatan wall diving yaitu menyelam dengan mengikuti jalur bawah laut. Di sepanjang jalur untuk wall diving sendiri terdapat beberapa spot menyelam favorit yang bisa Anda kunjungi, seperti;

  • Secret Bay

secret bay

Bagi para penyelam yang suka dengan macro diving bisa datang dan melihat keindahan bawah laut di Secret Bay. Ada berbagai macam biota laut, terumbu karang hingga pasir berlumpur di dasarnya. Berbicara mengenai biota laut,  Anda bisa menemukan berbagai macam hewan laut yang beraneka ragam seperti shrimpfish, seahorse, gragonets dan masih banyak lagi. Anda yang tertarik untuk menyelam di spot ini cobalah untuk datang pada saat gelombang tinggi dan saat sirkulasi bulan sedang di posisi yang tepat.

  • Eel Gardens

bawah laut

Berikutnya ada Eel Gardens yang menjadi spot menyelam yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Di lokasi menyelam ini Anda bisa menemukan banyak  tanaman georgina dan banyak tanaman laut lainnya. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat karang dengan tinggi 40 meter.  

  • Anchor Wreck

Gili Kondo Lombok Indonesia

Dengan kedalaman sekitar 45 meter, lokasi menyelam ini sangat cocok untuk para penyelam professional. Hal yang menarik lainnya dari lokasi ini adalah adanya kapal Belanda yang tenggalam di lokasi ini pada abad ke 19.  Selama menyelam di spot Achor Wreck, Anda tidak perlu takut tidak bisa melihat dengan jelas karena hingga kedalaman 50 meter pun Anda tetap bisa melihat keindahan bawah laut ini. Para penyelam juga bisa meng-eksplore keindahan bawah laut Pulau Menjangan dengan mengintip indahnya gua-gua bawah laut yang ada spot Anchor Wreck.

 Akses dan Fasilitas ke Pulau Menjangan

akomodasi

Ada beberapa akses yang bisa Anda tempuh untuk menuju Pulau Menjangan Bali. Pertama, Anda bisa menggunakan mobil dari Denpasar untuk sampai ke Gilimanuk. Dengan cara ini Anda bisa menempuh perjalanan selama 3 jam. Jalur alternatif lainnya adalah melalui Bali bagian tengah dengan melewati Danau Batur dan  Kintamani. Meski perjalanan melalui Gilimanuk ini cukup memaan waktu, Anda tidak perlu takut bosan karena selama perjalanan Anda bisa melihat berbagai pemandangan indah seperti sawah dan  danau.

Setelah sampai di Gilimanuk, Anda akan menyebrang dengan menggunakan kapal motor ke Pelabuhan Lalang. Jarak yang ditempuh untuk menyebrang ke Pulau Menjangan tidak terlalu jauh yaitu hanya sekitar 30-40 menit saja.

(Baca Juga: Long Weekend Seru dengan Menginap di RedDoorz @ Nakula Seminyak 2)

Setelah sampai di Pelabuhan Lalang, Anda tidak perlu khawatir karena fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap. Di sini Anda bisa menemukan berbagai fasilitas seperti penginapan, bar hingga restoran. Untuk harga sewa kapal sendiri diperkirakan sekitar Rp 400.000 – Rp 600.000 per-harinya. Jika RedTraveler ingin mendapatkan biaya yang lebih murah saat meyewa kapal, Anda bisa ikut bergabung dengan wisatawan lainnya.

Untuk harga tiket masuknya sendiri hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2.500 per-orang dan juga tambahan biaya asuransi sebesar Rp 4.000. Jika Anda masih bingung untuk menjelajah Pulau Menjangan, di sini ada banyak yang menawarkan jasa pemandu wisata. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 100.000 pe-grupnya.

Itulah beberapa informasi mengenai Pulau Menjangan Bali. Apa RedTraveler pernah datang ke pulau cantik ini? Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota di Indonesia seperti; Bali, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Bandung, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s