Skip to content

8 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan Akhir Tahun

Palembang adalah salah satu tempat wisata terlaris di Pulau Sumatera. Memiliki luas sekitar 358,55 km2 dengan jumlah penduduk 1,7 juta orang, Palembang merupakan salah satu kota metropolitan yang kemajuan infrastrukturnya sangat pesat. Tak hanya itu saja, sebagai kota yang terkenal karena kuliner pempek yang melegenda, terdapat banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, mulai dari tempat wisata alam, religi maupun wisata sejarah. Nah, bagi RedTraveler yang ingin liburan akhir tahun, yuk simak rekomendasi tempat wisata Palembang yang sayang untuk Anda lewatkan!

Jembatan Ampera

tempat wisata palembang 1

Ikon kebanggan warga Palembang ini mulai dibangun pada tahun 1962 dan selesai dalam jangka waktu 3 tahun. Jembatan dengan panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Tak jauh dari Jembatan Ampera, terdapat sebuah pasar yang merupakan pusat souvenir dan kuliner yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Sungai Musi

tempat wisata palembang 2

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera yang membelah Palembang menjadi dua bagian. Dengan panjang 750km, Sungai musi banyak dimanfaatkan dari berbagai sektor transportasi, wisata dan ekonomi. Pada bagian tepi sungai terdapat juga banyak tempat wisata seperti Restoran Apung, Kampung ArabĀ  dan Benteng Kuto Besak. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik mengunjungi tempat ini.

Bukit Siguntang

tempat wisata palembang 3

Bukit Siguntang merupakan bukit kecil dengan tinggi kurang lebih 30 meter dari permukaan laut dan terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi bagian utara. Ketika masa Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang dikenal sebagai tempat beribadah umat Buddha, dan juga tempat bertapa untuk menenangkan pikiran. Hingga saat ini, Bukit Siguntang masih dianggap sakral oleh warga setempat.

Masjid Ceng Ho

tempat wisata palembang 6

Awalnya, Masjid Ceng Ho dibangun untuk menjaga hubungan baik antara warga Palembang dan warga Tionghoa. Dibangun dengan arsitektur yang unik, Masjid ini memiliki 2 lantai yang dapat menampung sekitar 600 jemaah. Lantai pertama biasa digunakan untuk Jemaah laki-laki, sedangkan lantai dua digunakan khusus untuk Jemaah wanita. Tempat wisata Palembang ini tidak hanya dapat digunakan untuk sholat saja tetapi juga berbagai kegiatan religi yang sering diadakan oleh warga sekitar.

Taman Hutan Wisata Putan Kayu

tempat wisata palembang 4

Berlokasi sekitar 7 km dari pusat kota Palembang, Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah salah satu tempat wisata Palembang yang cocok untuk RedTraveler yang sudah berkeluarga. Memiliki luas sekitar 50 hektar, Taman ini memiliki berbagai objek wisata seperti penangkaran buaya dan kebun binatang. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat atraksi gajah dan menunggang kuda di sini. Harga tiket masuknya juhga terbilang cukup murah hanya Rp 5.000 per-orang dan buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore.

Benteng Kuto Besak

tempat wisata palembang 5

Bediri kokoh dengan bahan batu, Benteng Kuto Besak merupakan saksi perjuangan Indonesia melawan para penjajah. Dari Tempat Wisata Palembang ini, Anda dapat melihat berbagai kapal berlayar di Sungai Musi. Ketika malam tiba, biasanya Benteng Kuto Besak diramaikan oleh pedagang pasar malam yang menjual aneka kuliner khas Palembang yang menggoda selera. Tak hanya itu saja, di depan benteng ini juga sering diadakan acara-acara rakyat yang seru dan wajib untuk Anda datangi.

Pulau Kemaro

tempat wisata palembang 9

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Tempat Wisata di Palembang ini terdapat sebuah vihara yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah. Yang uniknya lagi, Pulau ini akan ramai dikunjungi saat imlek karena ada berbagai perayaan dan pesta lampion di sekitaran sungai.

Gelora Sriwijaya

tempat wisata palembang 7

Merupakan stadion sepak bola terbesar ketiga di Indonesia, Gelora Sriwijaya memiliki kapasitas lebih dari 40.000 orang. Stadion berkelas internasional ini merupakan salah satu bangunan kebanggaan warga Palembang. Saat ini Sriwijaya FC menggunakannya sebagai markas dan tempat tanding sepakbola. Banyak juga acara yang sudah dilakukan di sana karena tempatnya sangat luas dan juga dilengkapi dengan fasilitas senam, kolam renang dan landas pacu balap sepeda.

Air Terjun Lematang Indah

tempat wisata palembang 8

Terletak di kota Pagar Alam, Air Terjun Lematang Indah adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal, dalam kategori wisata alam. Air Terjun Lematang Indah mempunyai ketinggian sekitar 40 meter, tidak terlalu tinggi, namun mempunyai lingkungan sekitar yang asri sehingga menyejukan para wisatawan. Untuk harga tiket masuknya sangat murah, hanya Rp 4.000 per-orang.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai tempat wisata di Palembang yang wajib untuk Anda kunjungi. Sekedar info untuk Anda, RedDoorz akan resmi dibuka di Palembang mulai bulan November 2017 ini! Yuk buka websitenya dan booking untuk traveling dengan harga murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: