Membicarakan tentang tempat wisata yang ada di Bandung memang tidak akan ada habisnya. Setiap sudut Bandung nampaknya menjadi tempat yang menarik untuk diulas. Kali ini RedDoorz ingin membahas tentang tempat wisata Situ Patenggang. Berada di kawasan Ciwidey, Situ Patenggang memiliki keindahan danau, serta suasana yang mendukung untuk Anda berlibur dan bersantai. Situ sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti danau. Sedangkan, Patenggang berasal dari kata taengan yang berarti saling mencari. inilah yang menjadikan Situ Patenggang menjadikan danau yang satu ini menjadi terkenal dengan cerita rakyatnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak ulasan lengkap tentang Situ Patenggang!

Kisah Dibalik Danau Situ Patenggang

situ patenggang

Danau yang satu ini memiliki cerita tersendiri hingga akhirnya dinamakan menjadi Situ Patenggang. Kisahnya bermula dari cerita rakyat tentang Ki Santang dengan Dewi Rengganis yang terpisah dalam waktu yang lama. Keduanya pun saling mencari satu sama lain karena cinta yang dalam. Pasangan tersebut akhirnya bertemu, di danau ini dan sekarang menjadi salah satu spot ikonik di situ patenggang yang diberi nama Batu Cinta. Dewi Rengganis pun akhirnya membuat sebuah perahu agar mereka berdua bisa berlayar di danau tersebut.

Keindahan Perkebunan Teh di Situ Patenggang

kebun teh

Keindahan danau Situ Patenggang dilengkapi dengan hijaunya pemandangan kebun teh. Suasana di tempat wisata ini semakin terasa sangat cantik saat kabut sedang turun dan menyelimuti Situ Patenggang. Suhu di kawasan tempat wisata ini pun semakin terasa sangat dingin dan sejuk dengan perpaduan lingkungan sekitarnya. Anda yang berdomisili dari Jakarta bisa menjadikan Situ Patenggang sebagai liburan singkat dari hiruk pikuknya kota Jakarta.

Menikmati Panorama Danau Situ Patenggang  

danau situ.png

Berkunjung ke Situ Patenggang pasti tidak akan lengkap kalau RedTraveler menikmati keindahan danau itu sendiri. Air danau yang tenang dan terbentang luas ditambah dengan kabut putih yang terasa sejuk akan membuat tempat wisata yang satu ini semakin menetramkan jiwa. Anda yang pergi berkunjung ke sana bisa menikmati romantisnya berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang memang disewakan di sini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat berkeliling di danau ini, RedTraveler akan menemukan sebuah spot yang dinamakan batu cinta di tengah danau. RedTraveler juga bisa singgah sebentar di Pulau Cinta yang ada di tengah danau tersebut. Anda yang hobi memancing  bisa menikmati pemancingan yang ada di Situ Patenggang. Lokasi ini memang dibuka untuk umum. Jadi, jangan ragu untuk mengajak teman serta membawa peralatan memancing yang RedTraveler punya.

Fasilitas yang Disediakan di Situ Patenggang

rumah makan di

Di Situ Patenggang ini Anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas penunjang seperti halnya restoran seperti Bahtera Resto atau yang lebih dikenal dengan nama Pinisi Resto. Makanan yang ada di restoran ini kebanyakan merupakan adalah makanan khas sunda. Tetapi menu makanan nusantara lainnya serta makanan mancanegara juga tersedia di rumah makan ini. Untuk harga, RedTraveler juga tidak perlu khawatir karena kisaran harga makanan yang ada di sini sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000 Selain Penisi Resto ini, ada juga tempat makan lainnya di sekitar danau. Jadi, Anda bisa menikmati indahnya kawasa situ Patenggang ini sambil menghangatkan diri dengan minum bandrek.

Glamping Di Situ Patenggang

glamping

Sebelumnya, RedDoorz pernah mengulas tentang glamour camping yang ada di daerah Bandung, nah Situ Patenggang menjadi salah satu tempat wisata yang menawaran fasilitas ini. Di Situ Patenggang  RedTraveler bisa menikmati camping dengan gaya mewah yang diberi nama Glamping Lakeside. Anda bisa menghabiskan malam  dengan berkemah sambil membuat api unggun dan barberque. Rasakan sensasi menginap di alam terbuka sambil melihat langit di malam hari.

Tips Berlibur di Situ Patenggang

berlibur di situ patenggang

Kawasan Ciwidey Bandung menjadi salah satu kawasan wisata yang banyak digemari oleh wisatawan. Bila Anda hendak pergi bersama dengan keluarga atau anak-anak cobalah untuk datang ke sini saat low season. Anda bisa mengambil cuti dan datang ke sini pada hari jumat atau pada hari biasanya. Selain itu, jika Anda ingin datang ke sini saat musim liburan siap-siap untuk merasakan padatnya Situ Patenggang ini. Bawalah perbekalan seperti snack untuk berjaga-jaga selama liburan di sini.

Jadi itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata Situ Patenggang. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota di Indonesia yang juga tidak kalah menarik. RedDoorz hadir di beberapa kota, seperti; Bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang, Bogor dan Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s