Places To Visit Tourist Spot

Wisata Candi di Jogja yang Cantik dan Menawan

Indonesia tidak hanya kaya dengan tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan indah, tetapi juga tempat bersejarahnnya yang eksotis. Setiap candi yang ada di Jogja ini merupakan hasil peninggalan dari kerajaan yang pernah berdiri di pulau Jawa seperti majapahit dan lainnya. Selain dari Candi Borobudur dan Prambanan sebenarnya ada candi menarik lainnya yang bisa RedTraveler kunjungi selama berlibur di Jogja. Berikut beberapa wisata candi di Jogja yang kami rekomendasikan!

Candi Borobudur

candi-borobudur-2

Candi Borobudur merupakan salah satu candi yang cukup ikonik di Jogja dan terkenal hingga internasional. Banyak wisatawan tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri yang takjub dengan arsitektur bangunan ini. Hingga kini, banyak arkeolog yang masih meneliti bagaimana proses pembangunan dari candi ini pada zaman tersebut.

Kemegahannya yang luar biasa pun menjadikan candi Borobudur masuk ke dalam salah satu warisan budaya oleh UNESCO. Hingga saat ini pun, banyak umat Budha dari mancanegara seperti Kamboja, Tibet dan China yang mengunjungi candi Borobudur ini. Ketika mencapai puncak candi, Anda bisa melihat pemandangan indah dari deretan perbukitan dan gunung seperti Gunung Sumbing , Gunung Merapi, Perbukitan Menoreh hingga Gunung Merbabu.

Berdasarkan sejarahnya, Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 hingga ke-9 oleh seorang arsitek bernama Gunadarma. Di Jaman yang belum mengenal teknologi sama sekali, bangunan ini dirancang dengan  sistem interlock. Ada sekitar 60.000 meter kubik batu Andesit dengan jumlah  2.000.000 balok batu dalam bangunan Candi Borobudur.

Istana Ratu Boko

Candi-Boko-2

Istana Ratu Boko mulai kembali tenar saat menjadi latar dari film Ada Apa Dengan Cinta 2. Di luar itu, wisata candi di Jogja ini merupakan salah satu tempat wisata yang memang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Jogja. Bangunan Istana Ratu Boko ini tidak berbentuk candi, tetapi lebih berbentuk seperti sisa-sisa bangunan istana yang sudah hancur. Hal ini terlihat dari bentukan tembok-tembok dan gerbang yang sudah runtuh di kawasan candi.

Saat ke sini, Anda akan melihat unsur Hindu di dalam setiap ukirannya meski sebenarnya didirikan oleh orang Budha. Di sini Anda juga akan melihat sebuah lempengan emas yang bertuliskan “Om Rudra ya Namah Swaha”.

Candi Mendut

Plaosan_Temple

Candi Mendut berlokasi hanya sekitar 3 km dari Candi Borobudur dan dibangun oleh Raja Indra dan Syailendra. Bentuk Candi ini berupa segi empat dengan atap bertingkat, ditambah dengan stupa-stupa kecil. Wisata candi di Jogja ini masih sering dipakai untuk upacara-upacara tertentu sehingga jangan heran kalau Anda akan mencium wewangian dupa di kawasan candi. Memiliki tinggi 3,70 m, candi yang satu ini dilengkapi oleh tangga yang bisa memudahkan Anda untuk masuk ke dalam area candi ini.

Tidak jauh dari lokasi Candi ini ada Buddist Monastery yang memang terbuka untuk umum. Setiap pukul 19.00 hingga 20.00 WIB tempat ini selalu mengadakan ritual chanting dan meditasi. Anda yang ingin mengikuti ritual ini bisa ikut bergabung pada jam-jam tersebut.

Candi Tara

candi plaosan-2

Dinamakan Candi Tara karena situs sejarah yang satu ini merupakan persembahan Rakai Panangkaran seorang Raja dari dinasti Syailendra untuk Dewi Tara. Candi yang juga dikenal dengan nama Candi Kalasan ini dibangun pada tahun 778 M. Dibangunnya Candi Tara juga memiliki tujuan untuk memberikan bangunan suci bagi Dewi Tara. Hingga sekarang pun Candi Tara masih digunakan sebagai tempat pemujaan bagi umat Budha dari aliran Dewi Tara dan Budha Tantrayana. Candi Tara berada di Dusun Kalibening, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan.

Candi Pawon

pawon

Candi Pawon memang menjadi salah satu candi yang paling kecil dari candi-candi yang ada di sekitar Jogja. Wisata candi di Jogja ini hanya berjarak sekitar 1.750 m dari candi Borobudur. Sebelumya, Candi Pawon pernah mengalami pemugaran pada tahun 1903 yang kemudian selesai pada 1904.  Berdasarkan penelitian, relief yang ada di candi ini berasal dari Candi Borobudur. Selama di sini, Anda bisa melakukan photo hunting atau menjadikannya bagian dari perjalanan Anda saat berkunjung ke Candi Borobudur. Para wisatawan juga diperbolehkan untuk bersepeda di sekitar area ini termasuk mengitari candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon.

Candi Sambisari

sambisari

Berbeda dengan candi kebanyakan, Candi Sambisari terletak di 6,5 meter di bawah permukaan tanah. Sebelum terlihat bentuk aslinya, candi Sambisari awalnya terkubur oleh material vulkanik. Namun, semenjak dilakukan eskavasi, Candi Sambasari pun kini telah menampilkan wujud aslinya. Anda yang tidak suka dengan tempat wisata yang terlalu ramai bisa mengunjungi candi ini karena belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Di area sekitar candi Anda bisa dengan bebas menggelar tikar dan berpiknik ria di sini.

Candi Prambanan

prambanan

Legenda tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, menjadikan Candi Prambanan menjadi salah satu situs sejarah yang cukup dikenal oleh para wisatawan. Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 arca hanya dalam waktu semalam akhirnya menjadikan Candi Prambanan sebagai salah satu komplek percandian yang berdiri kokoh hingga sekarang. Candi Prambanan juga masuk ke dalam wisata candi di Jogja yang tercatat oleh UNESCO. Selama di sini, RedTraveler bisa mengunjungi tiga candi utama yaitu Candi Trimurti, Candi Brahma dan Candi Wisnu. Sekarang, kawasan Candi Prambanan pun sering digunakan sebagai tempat konser atau pagelaran musik seperti halnya Prambanan Jazz.

Berkeliling Jogja bersama dengan keluarga dan teman, Anda bisa mengunjungi beberapa situs sejarah berupa candi yang ada di atas. Selain memiliki pemandangan yang cantik, candi di Jogja Anda bisa sekaligus mempelajari sejarah yang ada. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s