Skip to content

Wisata Kepulauan Kei, Mutiara Tersimpan dari Timur

Indonesia bagian timur menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Bahkan banyak diantara tempat wisata yangbelum banyak diketahui oleh para wisatawan dalam negeri mau pun manca negara. Inilah yang menjadikan wilayah yang satu ini sering disebut sebagai Mutiara dari Timur.

Selama ini RedTraveler mungkin lebih mengetahui mengenai Raja Ampat sebagai surga bagi para penyelam. Tetapi Maluku memiliki beberapa tempat wisata lainnya yang keindahannya tidak kalah menakjubkan, salah satunya Kepulauan Kei. Kepulauan yang satu ini dianggap sebagai salah satu surga tersembunyi dari Maluku. Untuk lebih jelasnya RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Kepulauan Kei. Yuk Simak!

Pantai Pasir Timbul 

pantai pasir timbul

Pantai Pasir Timbul menjadi salah satu tempat wisata di Kepulaun Kei yang harus Anda kunjungi. RedTraveler bisa jalan-jalan dan menyusuri pantai berpasir putih yang cantik. Dalam tekstur pantainya yang tidak terlalu halus, Anda bisa menemukan cangkang kerang yang ada di sana. RedTraveler bisa menikmati keindahan pantai pasir timbul ini saat sedang surut mulai dari pukul 10:00 hingga 13:00. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan burung camar dan pelican singgah di pantai ini.

Pantai Pasir Panjang

pantai panjang

Nama Ngurbloat atau yang lebih dikenal dengan tempat wisata Pantai Pasir Panjang ini berada di daerah Ohoi Ngilngof. Di sini RedTraveler akan menemukan pantai indah lengkap dengan pasir putih dan juga air laut yang masih jernih. Anda bisa dengan sepuasnya bermain pasir di sepanjang pantai yang membentang sepanjang 2 km ini. Namun, sayangnya persediaan listrik yang ada di sini masih  terbatas, jadi jangan kaget kalau Anda akan mendapat pemadaman bergilir. Ada baiknya selama berada di sini dimanfaatkan untuk bersantai menikmati keindahan alam yang ada daripada sibuk dengan gadget.

Desa Adat Tanimbar Kei

runah adat

Bosan dengan suasana pantai? Jangan khawatir karena Anda bisa berkunjung ke Desa Adat Tanimbar Kei. Untuk menuju ke sini, RedTraveler bisa menempuh perjalanan laut selama kurang lebih lima jam dari Pelabuhan Debut. Masih berpaku pada adat istiadat dengan teguh, Anda bisa menemukan berbagai bentuk bangunan dan budaya peninggalan dari zaman dahulu. Desa Adat Tanimbar Kei sendiri terbagi menjadi dua yaitu Kampung atas dan Kampung Bawah. Uniknya kedua desa ini dipisahkan dengan tenda yang memiliki tinggi 10 hingga 15 m.

Di dalam rumah adat yang ada di sana, Anda bisa melihat berbagai benda-benda seperti perhiasan emas, bejana, tembikar hingga patung Adat. Orang-orang di Desa Kei ini memiliki leluhur yang berasal dari bali, hal ini bisa Anda lihat dengan adanya Pura yang jadi tempat persembahyangan umat Hindu.

Gua Luvat

Hands_in_Pettakere_Cave (1)

Tempat wisata di Kepulauan Kei ini juga memiliki gua eksotis yang tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Di sini Anda bisa menjadi saksi peninggalan zaman purbakala berupa lukisan dinding yang berbentuk panah, matahari, hewan hingga perahu. Lukisan-lukisan ini merupakan sisa-sisa peninggalan zaman pra-sejarah pada zaman Megalithikum yang menjadi tanda bahwa pada masa itu mereka sudah mengenal konsep Ketuhanan. Lukisan yang ada di sini menggambarkan pola hubungan manusia dengan alam dan pola hidup dan aktivitas. Saat menyusuri tempat wisata ini Anda harus berhati-hati karena di sini Anda bisa banyak celah kecil yang sulit untuk dilewati.

Bukit Misbaik

bukit

Untuk sampai ke Bukit Masbaik, Anda harus menuju kawasan Pulau Kei Kecil Terlebih dahulu yang terletak di Desa Kelanit. Jika RedTraveler ingin melihat pemandangan yang menakjubkan dari tempat wisata di kepulauan kei ini datanglah pada pagi dan sore hari yaitu saat matahari terbit dan matahari terbenam. Di atas sini Anda akan melihat patung Kristus Raja yang sangat ikonik. Inilah yang menjadikan Bukit Misbaik satu dimanfaatkan sebagai tempat ziarah para umat Katolik.

Gua Hawang

Hawang-1024x768

Tempat wisata di Kepulauan Kei ini merupakan sebuah kolam air tawar yang sekitarnya merupakan hutan. Saking jernihnya air yang ada di sini, Anda bisa melihat dengan jelas dasar kolam dan warnanya yang kebiruan. Ada yang mengatakan kalau Gua yang satu ini terhubung dengan mata air Evu. Untuk melihat mata air yang ada di sini Anda bisa menyelam di sungai bawah tanah yang lokasinya diantara dua liang Gua Hawang. Tetapi, kalau Anda tidak ingin menyelam, Anda bisa bersantai-santai menikmati keindahan kolam di sini.

Pulau Bair

pulau bair

Laguna dengan pasir hingga terumbu karang yang indah menjadi salah satu kekayaan alam yang bisa Anda saksikan di tempat wisata di kepulauan kei ini. Inilah mengapa Pulau Bair sangat cocok untuk Anda jadikan tempat snorkeling. Lautnya yang biru dan tebing-tebing yang menjulang tinggi menjadikan tempat wisata di Kepulauan Kei ini terlihat sangat eksotis. Jika beruntung Anda akan melihat hiu jenis blackpit berenang di sekitar perairan ini.  Untuk menuju ke pulau ini RedTraveler juga bisa melihat keindahan pulau lainnya seperti Pulau Adranan.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Kepulauan Kei di Maluku. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: