Feature Places To Visit

Pasar Malam di Asia yang Menarik untuk Dikunjungi

Liburan merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan bagi setiap orang. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Untuk orang Indonesia sendiri, mengunjungi berbagai Negara di Benua Asia tentu menjadi bucket list yang wajib untuk diwujudkan. Jika biasanya ketika liburan Anda hanya mengunjungi tempat wisata sejarah, mall ataupun taman bermain, cobalah untuk berkunjung ke pasar malam. Di Benua Asia, jalanan yang beralih fungsi menjadi pasar ketika malam tiba adalah sebuah hal yang umum. Bahkan pasar malam tidak hanya menjadi tempat yang menawarkan beragam makanan enak, souvenir dan barang-barang fashion yang bisa dibeli dengan harga murah, tapi juga telah menjadi sebuah objek wisata dan tempat yang wajib dikunjungi. Nah, kali ini RedDoorz akan memberikan rekomendasi pasar malam di Asia yang bisa membuat liburan RedTraveler lebih seru. Yuk simak selengkapnya!

Pasar Malam Luang Prabang, Laos

pasar malam di asia 1

Di penghujung tahun 2002, pasar malam Luang Prabang mulai beroperasi dan sejak saat itu menjadi salah satu tempat di Laos yang tidak pernah sepi pengunjung. Di pasar malam yang buka setiap hari mulai jam 17.00 hingga pukul 22.00 ini, Anda akan menemukan lebih dari 500 pedagang yang menjajakan dagangannya di dua zona utama, yaitu zona souvenir dan zona makanan. Pada zona souvenir, Anda dapat menemukan beragam kerajinan berharga miring yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk kerabat, teman maupun keluarga. Jika Anda mencari buah tangan khas Laos untuk dibawa pulang, kain tenun hasil karya suku Hmon wajib masuk dalam daftar belanja Anda.

Asiatique The Riverfront, Thailand

pasar malam di asia 2

Ketika berkunjung ke Thailand, ada satu tempat yang selalu ada di dalam itinerary wisatawan Indonesia, tempat tersebut adalah Asiatique the Riverfront. Di tempat yang telah beroperasi sejak tahun 2012 ini, Anda dapat menemukan kemeriahan yang berbeda dari pasar malam lain. Asiatique The Riverfront buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga pukul 24.00 malam dan terbagi menjadi empat zona, yaitu The Factory Districk (didominasi penjual pakaian), The Waterfront District (zona kuliner yang dipenuhi beragam restoran serta area untuk konser), The Down Square District (didominasi penjual makanan dengan menu internasional) dan The Chareonkrung District (zona berisi toko souvenir dan kerajinan).

Pasar Malam Phnom Penh, Kamboja

pasar malam di asia 3

Pasar malam Phnom Penh yang juga dikenal dengan nama Phsar Reatrey beroperasi setiap Jumat, Sabtu dan Minggu mulai pukul 17.30 sampai 24.00 malam. Seperti pasar malam lainnya, di sini Anda juga dapat menemukan ratusan pedagang yang menjajakan beragam produk fashion, souvenir khas Kamboja, serta aneka jenis makanan yang memanjakan lidah. Setelah berbelanja, Anda dapat bersantai dan duduk-duduk di atas tikar sambil menonton hiburan di panggung yang terdapat di area piknik yang berlokasi di tengah pasar. Selain dikunjungi wisatawan asing, pasar malam ini juga menjadi tempat favorit warga Phnom Penh untuk menghabiskan akhir pekan.

Pasar Malam Shihlin, Taiwan

pasar malam di asia 4

Pasar malam Shilin disebut-sebut sebagai pasar malam terbesar dan terpopuler di Taiwan. Memiliki lebih dari 500 penjual makanan yang menjual kuliner khas Taiwan, pasar malam di Asia ini mulai buka dari pukul 16.00 hingga tengah malam. Jika berkunjung ke sini, Oyster Omelette dan Stinky Beancurd menjadi dua makanan yang wajib disantap. Selain wisata kuliner, pasar malam Shilin menjadi lokasi yang tepat untuk wisata belanja. Toko pakaian dan toko souvenir di sini mulai beroperasi sejak pagi dan tutup menjelang sore, Anda disarankan melakukan wisata belanja lebih dulu dan menutup perjalanan dengan berwisata kuliner.

Temple Street Night Market, Hong Kong

pasar malam di asia 5

Tiap tahunnya Temple Street Night Market selalu masuk dalam daftar pasar malam di Asia yang wajib dikunjungi. Dikenal sebagai pusatnya barang murah, kebanyakan wisatawan yang datang ke sini untuk berburu pakaian, CD/DVD bajakan, jam tangan, sepatu dan perangkat minum the. Sekedar catatan, untuk mendapatkan harga yang lebih murah Anda sebaiknya berbelanja di kios yang berlokasi di bagian dalam dan bukan kios di pinggir jalan. Puas berbelanja, Anda dapat memanjakan perut dengan menyantap makanan khas China, seperti kepiting pedas, cumi bakar dan jajanan seafood lain yang menggugah selera. Tak hanya itu saja, Temple Street Night Market juga dikenal memiliki beberapa peramal yang bisa melihat nasib baik dan buruk RedTraveler loh!

Pasar Malam Hoi An, Vietnam

pasar malam di asia 6

Suasana yang meriah, gemerlap dan semarak dengan banyaknya lampion warna warni menjadi ciri khas pasar malam Hoi An yang beroperasi setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Terkait dengan lokasinya yang terletak di kawasan Kota Tua, pasar malam Hoi An menawarkan suasana cantik, indah dan romatis. Kebanyakan wisatawan menghabiskan uang dengan membeli souvenir, lampion, pakaian dan tentunya makanan. Jika berkunjung ke sini, Anda wajib mencoba cao lầu dan mì quảng, dua makanan khas Vietnam yang terkenal sangat lezat. Kelebihan lain dari pasar malam di Asia ini adalah para pedagangnya yang ramah dan produknya sangat murah tanpa niat menipu wisatawan asing.

Pasar Kue Subuh Senen, Jakarta

pasar malam di asia 7

Di Jakarta, ada beberapa pasar yang mulai beroperasi atau tetap berjualan di malam hari seperti pasar ikan di Muara Angke, pasar buah dan sayuran di Kramat Jati dan yang paling populer yaitu Pasar Kue Subuh di Senen. Pasar ini mulai beroperasi sejak tahun 1960 dan setiap harinya melayani pembeli mulai pukul 07.00 malam sampai pagi hari. Meski banyak pengunjung membeli kue dalam jumlah besar untuk keperluan beragam acara, penjual Pasar Kue Subuh Senen juga melayani pembelian dalam jumlah kecil.

Itulah tadi informasi singkat mengenai berbagai pasar malam di Asia yang dapat Anda kunjungi untuk liburan akhir tahun. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota di Indonesia, seperti; Jakarta, Bandung, Palembang, Surabaya, Bogor, Jogja, Bali dan Semarang, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s