Places to Eat

Lumpia Enak di Semarang yang Musti Anda Coba!

Semarang memang dikenal sebagai kota Lumpia. Tidak heran  di kota ini  RedTraveler dapat dengan mudah menemukan banyak toko yang menjual lumpia enak. Mungkin kebanyakan dari kita lebih familiar dengan penulisan lumpia, tetapi tak jarang makanan tradisional ini juga dikenal dengan nama Lun Pia. Bentuk dari lumpia sendiri mirip risol dengan bungkusan yang lebih garing atau crunchy. Lumpia biasanya berisikan rebung, daging ayam udang dan sayur-sayuran. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau lumpia memiliki isian yang lain. Berikut RedDoorz akan memberikan rekomendasi mengenai lumpia enak di Semarang yang bisa Anda coba.

Lumpia Gang Lombok

lumpia gang lombok

Lumpia Gang Lombok menjadi salah satu lumpia legendaris yang ada di Semarang. Sekarang bisnisnya telah dikelola oleh generasi ketiga yang merupakan cucu dari Tjo Thay Yoe dan Siem Swie Kiem. Tetapi, meski sudah diteruskan oleh generasi ketiga, Lumpia Gang Lombok tetap dijual di tempat yang sama yang merupakan kios ayah mereka. Banyak yang mengatakan kalau Lumpia Gang Lombok terasa spesial karena rebungnnya tidak terasa bau dan kulit lumpianya pun terasa garing. Untuk isianya sendiri juga terasa lebih padat dan terasa tidak amis dibandingkan dengan lumpia kebanyakan. Satu porsi Lumpia Gang Lombok dijual dengan menggunakan besek yang terbuat dari anyaman dengan label khasnya yang bergambar tangan wanita yang menggunakan baju garis-garis. Untuk harganya sendiri lumpia legendaris ini dibandrol dengan harga Rp 12.000 hingga Rp 15.000 per buahnya. Anda yang ingin mencicipi bisa datang langsung ke tokonya yang berada di depat Klenteng Tay Kakk Sie atau yang lebih dikenal dengan Klenteng Cheng Ho. Datanglah ke tokonya tepat saat buka pada pukul 08:00 karena pada siang hari kondisi akan ramai sekali.

Alamat: Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang

Lumpia Mbak Lien

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Saat ke Semarang juga jangan sampai lupa untuk mencoba Lumpia Mbak Lien. Banyak yang mengatakan kalau Lumpia Mbak Lien memiliki cita rasa yang khas. Isian dari Lumpia Mbak Lien bermacam-macam mulai dari racikan rebung yang dicampur dengan daging ayam, lumpia spesial dengan campuran rebung, hingga campuran rebung dengan daging ayam dan udang. Selain lumpia goreng, Anda juga bisa mencoba varian lainnya yaitu lumpia basah. Berbeda dengan lumpia kering yang digoreng, lumpia basah dimasak dengan cara dikukus. Anda bisa menikmati lumpia ini dengan membelinya seharga Rp 11.000 hingga Rp13.000. Lumpia Mbak Lien bisa tahan hingga dua hari jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin membelinya sebagai oleh-oleh. Lumpia Mbak Lien akan terasa semakin nikmat saat Anda mengonsumsinya dengan saus lumpia yang dicampur dengan cabe rawit dan daun bawang.

Alamat: Jl. Pemuda Gang Grajen No.1, Bangunharjo, Pandansari, Semarang Tengah, Kota Semarang

Lumpia Delight

lumpia delight

Lumpia Delight menjadi salah satu lumpia enak di Semarang yang memiliki lokasi yang cukup modern. Di tokonya Anda bisa dengan santai menunggu pesanan sambil duduk-duduk di meja yang disediakan. Ada berbagai macam varian rasa yang bisa Anda coba di Lumpia Delight diantaranya lumpia ikan kakap, kambing muda, vegetarian, crab hingga rasa originalnya yang berisikan rebung. Lumpia ini terasa sangat renyah dibagian luar dan isiannya yang terasa sedap karena campuran bumbunya yang terasa gurih dan manis. Ukurannya yang besar juga bisa langsung membuat Anda kenya sekali lahap. Anda yang muslim tidak perlu khawatir karena lumpia yang satu ini sudah mendapatan sertifikasi halal. Selain itu, Lumpia Delight juga menyajikan dua jenis sajian yaitu lumpia goreng dan lumpia basah. Anda yang ingin membawanya sebagai oleh-oleh sebaiknya membeli lumpia goreng agar lebih tahan lama. Harga Lumpia Delight juga termasuk terjangkau yaitu hanya sekitar Rp 12.000 hingga Rp 18.000 per buahnya.

Alamat: Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Semarang Tengah, Kota Semarang

Lumpia Mataram

lumpia mataram

Terkenal dengan rasa yang enak, tidak menjadikan Lumpia Mataram dijual dengan harga yang mahal yakni hanya Rp 13.000 per buahnya. Dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas menjadikan lumpia yang satu ini memiliki cita rasa yang terus bertahan hingga sekarang. Lumpia Mataram ini memiliki tekstur yang agak berbeda karena kulit lapisannya terasa lebih empuk meski telah digoreng. Untuk isiannya sendiri terasa sedap karena terdiri dari campuran rebung, udang dan telur. Meski ukurannya tidak sebesar Lumpia Gang Lombok dan Lumpia Mbak Lien, namun Anda tidak akan kecewa mencoba rasa lumpia yang satu ini. Namun perlu diingat, Lumpia Mataram bukan termasuk lumpia halal karena adonan isiannya memiliki campuran daging babi.

Alamat: Jl. Pagebangan No.56, Masigit, Kec. Cilegon, Kota Cilegon

Lumpia Express

lumpia express

Didirikan sejak tahun 2004 lalu, Lumpia Express menjadi salah satu lumpia enak di Semarang yang cukup dikenal kelezatannya. Berbeda dengan lumpia pada umumya, Lumpia express tidak dijual dalam wadah besek anyaman melainkan dengan kotak karton. Inilah yang membuat lumpia Express bisa tahan lebih lama dibandingkan dengan lumpia lainnya. Lumpia Express ini merupakan turunan ketiga dari Lumpia Mataram. Inilah yang menyebabkan lumpia ini memiliki cita rasa yang tidak kalah enak dibandingkan dengan para pendahulunya. Lumpia Express memiliki berbagai macam varian isi mulai dari original yang berisi rebung, ayam hingga mi dengan bumbu pedasnya. Satu buah Lumpia Express dijual dengan harga Rp 9.000 hingga Rp 12.000 per buahnya. Anda bisa menyimpan lumpia ini dalam keadaan mentah tidak menggunakan kulkas selama 12 jam.

Alamat: Jalan Gajahmada No. 142 AA, Gabahan, Semarang Tengah, Kota Semarang

Itulah beberapa rekomendasi Lumpia enak di Semarang yang bisa Anda coba. Selamat berwisata kuliner! Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya, Solo, Palembang, Lombok dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s