Places To Visit

Wisata Pulau Sombori, Keindahan Pulau Tropis di Sulawesi Tenggara

Sulawesi mungkin lebih dikenal dengan tempat wisatanya seperti Bunaken atau Wakatobi. Tetapi, sebenarnya ada satu tempat wisata lain yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan dua lokasi tersebut yakni Pulau Sombori. Pulau yang satu ini terletak di kawasan Morowali, Sulawesi Tengah. Dalam kawasan kepulauan Sombori ada tiga pulau kecil di dalamnya. Ketiga pulau tersebut sekarang menjadi tempat tinggal bagi masyarakat bajo yang mayoritas nelayan dan sisanya merupakan pulau tidak berpenghuni. Banyak yang mengatakan kalau pulau yang satu ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa bahkan bisa dikatakan menyaingi Raja Ampat dan serupa dengan Phi Phi Island. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai wisata Pulau Sombori.

Dikenal Lewat Festival Bajo Pasakayyang

sombori island (7)

Pada Festival Pasakayyang ini para wisatawan akan berkeliling pulau Sombori dengan menggunakan kapal penumpang. Kapal yang ditumpangi ini biasa digunakan warga Bajo yang tinggal di sana untuk menyebrang dari Pulau Kaleroang ke Pelabuhan Kendari. Selama di perjalanan mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai keindahan alam dari deretan pulau tersebut. Jika beruntung dalam perjalanan tersebut Anda akan bertemu dengan segerombolan lumba-lumba, hiu atau bahkan paus.

Mirip dengan Phi Phi Island

sombori island (6)

Banyak yang mengatakan kalau keindahan wisata Pulau Sombori mirip dengan Phi Phi Island yang ada di Thailand. Pulau-pulau dengan tebing yang tinggi membuat tempat wisata di Sombori terlihat sangat mirip dengan Phi Phi Island. Berbentuk seperti teluk lengkap dengan hamparan pasir putihnya yang menakjubkan menjadikan Sombori semakin cantik. Anda bisa mengitari deretan pulau ini dengan menggunakan perahu atau ber-snorkeling di perairannya yang jernih.

Gua Berlian dan Goa Tengkorak

goa berlian

Saat ke Sombori, jangan lupa untuk mengeksplorasi Gua Berlian. Dinamakan demikian karena tempat wisata Pulau Sombori ini memiliki stalaktit yang sangat berkilau mirip dengan berlian saat terkena cahaya. Tetapi, RedTraveler yang ingin sampai ke sini harus menaiki tebing dengan kemiringan 70 hingga 80 derajat terlebih dahulu. Jalur yang ada di dalam goa ini berupa bebatuan dan akar pohon. Jadi RedTraveler harus berhati-hati saat melewati lokasi ini. Pada siang atau pagi hari Anda akan melihat pemandangan indah saat matahari masuk ke dalam celah-celah lubang atau yang disebut dengan nama ray of light.

Selain Goa Berlian, ada satu goa lagi yang harus Anda kunjungi salama berkunjung ke Sombori yaitu Goa Tengkorak. Sesuai dengan namanya goa ini memiliki banyak tengkorak di dalamnya. Namun, hingga sekarang belum ada yang mengetahui dari mana asal dari tengkorak-tengkorak tersebut. Goa ini terletak di ketinggian 40 meter di atas permukaan laut.

Pulau Kayangan

pulau kayangan

Keindahan Kayangan sepertinya tertuang sempurna di Pulau Kayangan Sombori. Pantai indah yang ada di Pulau Kayangan bisa dibilang cukup panjang yaitu 20 m hingga 50 m dan dihiasi dengan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Lokasi dari Pulau Kayangan juga termasuk berdekatan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Sombori. Perairan yang ada disekitar Pulau Kayangan termasuk ke dalam perairan dangkal. Jadi, lokasinya sangat cocok untuk RedTraveler jadikan tempat snorkeling atau sekedar berenang dan bermain air.

Keindahan klimaks dari Pulau Kayangan ini terlihat saat Anda naik ke puncak bukit yang ada di Pulau Kayangan. Disarankan untuk menggunakan sepatu kets atau sandal gunung selama melewati jalur batu karang di pulau ini karena bebatuanya yang licin. Lengkapi peralatan Anda juga dengan menggunakan sarung tangan karena kebanyakan karang yang ada di sini tajam. Untuk sampai ke puncak bukit Anda hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja karena treknya yang tidak terlalu panjang. Dari atas sini Anda bisa melihat keindahan pemandangan berupa hamparan pulau dan karang yang dilengkapi dengan indahnya air laut yang berwarna biru.

Kolam dalam Goa di Pulau Khusino

DCIM100MEDIADJI_0037.JPG

Pulau Khusino menjadi salah satu pulau yang juga harus Anda kunjungi selama berwisata di pulau Sombori. Kondisi pulau Khusino tidak sepadat di Morewali, jadi suasananya pun tidak terlalu ramai. Untuk mengeksplorasi pulau ini Anda akan memasuki perkampungan Bajo terlebih dahulu. Ada dua spot utama yang bisa Anda kunjungi di Pulau Khusino diantaranya Goa Kolam dan Mercusuar. Posisi dari Goa Kolam ini cukup unik karena lokasinya yang berada di tengah pulau. Untuk sampai ke sini RedTraveler harus menaiki tangga batu terlebih dahulu. Kolam dalam goa ini memilik panjang 30 m dengan kedalaman mencapai 2 m.  Setelah masuk ke dalam goa Anda akan melihat sebuah pemandangan yang menakjubkan yaitu  sebuah kolam di dalam goa. Anda bisa dengan bebas berenang di dalam goa tersebut.

Rumah Nenek

rumah nenek

Dinamakan demikian karena di atas hijaunya air yang ada di sini Anda bisa berkunjung dan makan di rumah seorang nenek yang tinggal seorang diri. Lokasi yang satu ini sering dijadikan spot untuk beristirahat setelah lelah berenang. Di sini Anda bisa menikmati lezatnya masakan khas Sulawesi Tenggara. Anda tidak akan dikenakan biaya khusus untuk setiap menu yang disajikan. Tetapi, RedTraveler bisa dengan sekarela membayar makanan yang ada di sini.

Jadi, itulah beberapa informasi mengenai wisata pulau Sombori di Sulawesi Tenggara. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya, Solo, Palembang, Lombok dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s