Skip to content

Daftar Bandara internasional di Indonesia

Bandara adalah salah satu aspek yang penting dalam dunia pariwisata. Tanpa Bandara yang tidak memiliki fasilitas yang cukup memadai tentu saja perjalanan Anda akan terganggu. Di indonesia sendiri ada ratusan jumlah bandara internasional yang sudah memiliki fasilitas memadai. Bandara-bandara ini juga sudah melayani penerbangan internasional. Tentunya untuk bisa memenuhi pelayanan tersebut ada ketentuan yang harus dimiliki demi terpenuhinya standart pelayanan yang diinginkan berikut beberapa bandara internasional di Indonesia. Yuk simak apa saja!

Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta

soekarno 45

Bandara Internasional Soekarno Hatta menjadi bandara utama yang ada di indonesia yang melayani penerbangan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga internasional. Sebelumnya, Bandara Internasional Soekarno Hatta ini menggantikan Bandar Udara Kemayoran yang berhenti beroperasi pada tahun 1985 lalu. Hingga sekarang ada tiga terminal utama yang berfungsi di dalam bandara ini. Terminal 3 menjadi salah satu bandara yang baru saja dibangun di Bandara Soekarno Hatta ini. Dengan arsitektur yang luar biasa menjadikan terminal ini menjadi terkesan modern, kontemporer dan ramah lingkungan. Untuk sekarang terminal ini masih hanya digunakan sebagai penerbangan Garuda Indonesia.

Bandara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang

kuala namu

Dinobatkan sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Soekarno Hatta, Bandara Internasonal Kuala Namu ini berlokasi di Deli Serdang Sumatera Utara. Sama halnya seperti Soekarno Hatta, Deli Serdang merupakan hasil renovasi dari bandara sebelumnya, Bandar Udara Internasional Polonia. Bandara ini baru saja beroperasi pada tahun 2013 dan fasilitasnya. Bandara Internasional Kuala Namu memiliki luas 6,5 hektar yang dilengkapi dengan area komersial seluar 3,5 hektar dan 1,3 hektar yang digunakan untuk fasilitas kargo. Sekarang, Bandara yang satu ini bisa melayani hingga 8,1 juta penumpang dan 10.000 penerbangan setiap tahunnya.

Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung

husein 2

Berlokasi di Jalan Pajajaran Bandung, Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara menjadi salah satu Bandara Internasional di Indonesia yang cukup tua karena dibangun pada sejak jaman Hindia Belanda. Bandara ini pun kemudian mengalami renovasi pada tahun 2016 lalu. Tampilan sekarang membuat Bandara Internasional Husein Sastranegara terasa lebih nyaman dengan nuansa Art Gallery. Pada renovasi ini pun, Bandara diperluas dari 5.000 meter persegi menjadi 17.000 meter persegi. Dengan ini Bandara bisa melayani jumlah penumpang menjadi 3,4 juta setiap tahunnya. Tidak hanya itu, sekarang para penumpang pun bisa menikmati banyak fasilitas penunjang lainnya seperti nursery room, quite room, free internet & wifi, free charging terminal, hingga fasilitas untuk para penyandang disabilitas.

Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali

ngurah rai

Di bangun mulai dari 1930, bandara ini sudah mengalami renovasi hingga tiga kali. Bandara Internasional Ngurah Rai  sendiri menjadi bandara tersibuk  ketiga setelah Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara Internasional Juanda di Surabaya. Beberapa fasilitas yang ada di Bandara ini diantaranya berbagai restoran, tempat perbelanjaan, parkir kendaraan hingga penyediaan ruang iklan. Pelayanan yang baik membuat Bandara Internasional di Indonesia ini mendapatkan banyak penghargaan seperti Bandara dengan kinerja terbaik 2007 dengan kategori Bandara Growth and Take Off  dan The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2016.  

Bandar Udara Internasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Bandara-Komodo

Arus perjalanan ke kawasan Lombok dan sekitarnya semakin ramai sejak pariwisata di wilayah ini berkembang. Sebelumnya Bandara ini bernama Bandara Mutiara II. Sejak direnovasi pada tahun 2016 lalu, Bandara Internasional Komodo memiliki kapasitas yang lebih modern dan kapasitas yang lebih besar. Dinamakan Bandara Internasional Komodo sendiri karena bentuk dari bandara ini dibuat mirip dengan bentuk Komodo dengan luas 9.687 meter persegi. Dengan luas tersebut, Bandara ini bisa menampung 553 penumpang setiap harinya.

Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado

Bandara Sam Ratulangi Manado

Nama Bandara ini diambil dari nama pahlawan indonesia Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi yang kemudian disingkat menjadi Sam Ratulangi. Hingga sekarang ada 17.480  penerbangan pesawat domestik dan 861 penerbangan pesawat internasional. Ada berbagai fasilitas yang bisa penumpang nikmati selama menunggu  pesawat di bandara ini diantaranya telepon, bank dan tempat makan. Sedangkan, kapasitas  terminalnya sendiri untuk domestik bandara ini bisa menampung  penumpang hingga 1.200.000/tahun  dan untuk internasional memiliki kapasitas hingga 52.000/ tahun.

Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya

juanda

Bandara Juanda juga termasuk bandara tersibuk kedua setelah Bandara Internasional Soekarno Hatta. Dengan panjang landasan 3000 meter dan luas terminal 51.500 meter persegi bandara ini termasuk ke dalam bandara terbesar kedua di Indonesia. Bahkan dalam kurun waktu satu tahun, bandara ini bisa menampung 8 juta penumpang dan 120.000 ton Kargo. Hebatnya Bandara Internasional Juanda ini sudah dilengkapi dengan 11 airbridge atau yang disebut dengan garbarata. Penerbangan internasional di Bandara ini pun menggunakan terminal 2 yang baru saja dioperasikan pada 14 Februari 2014 lalu.

Jadi, itulah beberapa informasi mengenai Bandara Internasional di Indonesia. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya, Solo, Palembang, Lombok dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: