Skip to content

Tempat Wisata di Solo yang Penuh Dengan Sejarah dan Etnik Budaya

Surakarta yang juga dikenal dengan nama Solo menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang harus Anda kunjungi. Berbeda dengan kota lainnya di Jawa Tengah, Solo memiliki kebudayaan yang cenderung lebih kromo atau halus. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata yang beraneka ragam seperti tempat bersejarah, tempat wisata budaya hingga tempat wisata kuliner yang lezat. Untuk mengenal lebih jauh mengenai tempat wisata di Solo, RedDoorz akan membahasnya lebih jelas pada pembahasan berikut.

Keraton Surakarta

keraton surakarta

Keraton Surakarta pertama kali didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II. Hingga sekarang tempat wisata di Solo ini masih digunakan sebagai tempat tinggal bagi Sri Sunan dan keluarganya, meski semenjak kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 Keraton Surakarta resmi menjadi milik negara. Berbagai tradisi asli Solo pun masih sering diselenggarakan di tempat ini hingga sekarang. Selain menjadi tempat tinggal bagi Sri Sunan, komplek Keraton Surakarta juga digunakan sebagai museum untuk menyimpan koleksi milik kasunan seperti hadiah dari para raja-raja Eropa hingga gamelan dan replika pusaka keraton.

Kampoeng Batik Kauman

batik kauman

Untuk RedTraveler yang ingin  belajar bagaimana cara membatik, bisa datang berkunjung ke Kampoeng Batik Kauman. Dulu tempat wisata ini merupakan tempat tinggal bagi para abdi dalam Keraton Kasunanan. Di kampung Kauman, Anda bisa menemukan 30 industri batik. Jadi, Anda yang ingin membeli  batik sebagai oleh-oleh bisa menemukan banyak variasi di sini.

Museum Manusia Purba Saringan

museum purba

Museum Manusia Purba Saringan juga menjadi tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Di sini Anda bisa melihat berbagai koleksi arkeologi yang lokasinya juga berdekatan langsung dengan situs fosil purbakala Sangiran. Lokasi ini sekarang telah menjadi salah satu warisan dunia yang  tercatat di UNESCO. Hingga sekarang, Museum Manusia Purba Saringan masih terus digunakan sebagai lokasi penelitian yang cukup diperhitungkan di kawasan Asia hingga dunia.

Gerojogan Sewu Tawangmangu

Tumpak-Sewu-waterfall-Lumajang

Solo juga punya salah satu tempat wisata yang bisa menyegarkan diri Anda. Bawa teman dan keluarga Anda ke Gerojogan Sewu Tawangmangu. Di sini Anda bisa sepuasnya mandi dibawah air terjun yang memiliki tinggi 81 meter. Tempat wisata ini masuk ke dalam Hutan Wisata Grojogan Sewu yang memiliki luas 20 Ha. Di tempat wisata Solo Anda juga bisa menikmati fasilitas lainnya seperti kolam renang, tempat istirahat, kios cinderamata, kios buah-buahan hinga kios makanan.

Pura Mangkunegaran

pura

Selanjutnya, Anda bisa jalan-jalan ke Pura Mangkunegaran yang berlokasi di Banjarsari. Meski sekarang dikenal sebagai tempat wisata, namun sebenarnya Pura ini menjadi tempat tinggal Sri Paduka Mangkunegara. Bangunan Pura Mangkunegaraan memiliki desain menyerupai bentuk keraton. Di dalamnya, Pura Mangkunegaraan juga digunakan sebagai museum sejarah yang bertemakan perjuangan Indonesia. Sehari-harinya Pura Mangkunegaran sering digunakan sebagai upacara adat dan tari beksan. Selama ada disini, para pengunjung dilarang untuk mengabadikan isi  bangunan ini.

Museum Batik Danar Hadi

Danar-Hadi-Museum-Solo-the-Lobby-RE-v1

Solo memang menjadi kota yang cukup identik dengan batik. Kalau sebelumnya ada Kampung Batik Kauman yang menjadi sentra penjualan batik, Kota Solo juga mempunyai Musem Batik Danar Hadi.  Museum di Solo ini berisikan koleksi batik Danar Hadi dan berbagai koleksi batik dari manca negara lainnya seperti Batik China, batik Jawa Hokokai, batik asli Keraton, batik pesisir hingga batik Sumatera. Ada sekitar 1000 kain batik tersimpan di museum ini dan jumlah tersebut sudah mendapatkan pengakuan dari MURI (Museum Rekor Indonesia). Selain melihat-lihat koleksi yang ada, Anda juga bisa membawa pulang batik dengan membelinya dari toko souvenir yang ada di sini.

Galabo Solo

galabo-solo

Anda yang ingin berwisata kuliner di Solo bisa mengunjungi Gelabo Solo. Tempat makan di Solo ini menyajikan banyak makanan khas solo seperti halnya nasi liwet, sate sapi, gudeg ceker, bistik lidah, wedang dongo, susu Shijack hingga klewer. Berlokasi di Jl. Mayor Sunaryo, tepatnya di depan Benteng Trade Centre dan Pusat Grosir Solo, Gelabo Solo tidak pernah sepi pengunjung. Setiap harinya ada kurang lebih 1500 hingga 2000 orang yang datang dan mecicipi kuliner lezat yang ada di tempat wisata di Solo.

Benteng Vastenburg

benteng

Tempat wisata di Solo berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Benteng Vastenburg. Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan Belanda pada masa kolonial. Banyak yang mengatakan kalau benteng yang satu ini termasuk lokasi yang cukup angker di kawasan Solo. Karena kondisinya yang kurang terawat, benteng ini pun akhirnya dibeli oleh rakyat Solo untuk kemudian direnovasi pada tahun 2009 lalu. Berlokasi di kawasan Gladak, Surakarta, Benteng Vastenburg memilik luas area hingga 40.000 m2. Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang, Benteng Vestenburg digunakan sebagai garnisun dan tempat korps pasukan Belanda.

Itulah beberapa tempat wisata di Solo yang unik dan penuh dengan etnik budayanya. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya, Solo, Palembang, Lombok dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: