Skip to content

8 Kuliner Ekstrim di Indonesia. Berani Coba?

Indonesia memang kaya dengan berbagai macam kuliner khasnya. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki cita rasa tersendiri. Tetapi, pernahkah Anda mencoba kuliner ekstrim dari berbagai wilayah di Indonesia? Mulai dari kelelawar, biawak, laron hingga tikus dapat dijadikan panganan. Semua bahan makanan ini dimasak dengan bermacam cara mulai dari dipanggang, digoreng hingga ditumis. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas tentang kuliner ekstrim di Indonesia.

Ulat Sagu Panggang

ulat sagu

Panganan yang satu ini merupakan kuliner tradisional khas Suku Kamoro di Papua. Di sana, ulat sagu diperoleh dari pohon-pohon sagu yang sudah mati.  Biasanya penduduk Papua memakan langsung ulat sagu tersebut secara mentah-mentah. Tetapi tidak jarang ulat sagu ini dipanggang atau diolah menjadi jamu dan obat kuat. RedTraveler jangan salah, meski makanan ini terlihat sedikit menjijikkan tetapi kandungan vitaminnya sangat tinggi.

Paniki Santan

paniki

Apakah Anda pernah mencoba kelelawar? Makanan yang satu ini menjadi salah satu kuliner ekstrim khas Sulawesi Utara. Sebelum dimasak dengan kuah santan, daging kelelawar dibakar terlebih dahulu untuk menghilangkan bulu-bulu halusnya. Biasanya kelelawar yang dimasak untuk kuliner ekstrim ini merupakan jenis kelelawar pemakan buah yang memiliki ukuran badan lebih besar dari kelelawar lainnya.

Rempeyek Laron

Penyek-Laron

Anda yang jalan-jalan ke kawasan Jombang bisa mencoba rempeyek laron. Hewan yang biasa Anda temukan malam hari di lampu-lampu ini bisa dijadikan kudapan gurih. Rempeyek sendiri merupakan keripik yang terbuat dari adonan tepung beras yang kemudian digoreng. Biasanya rempeyek dicampur dengan kacang, udang, atau ikan teri. Namun, kali ini campurannya sedikit berbeda, yakni laron. Kalau ditanya seperti apa cita rasa makanan yang satu ini, bisa digambarkan kalau rasanya memang gurih meski sedikit amis.

Sate Biawak

22042017sate_biawak

Biawak merupakan makanan ekstrim yang kerap digunakan sebagai obat. Tetapi, tahukah Anda kalau binatang yang satu ini juga bisa diolah menjadi sate? Anda yang ingin mencoba makanan yang satu ini tidak perlu takut. Sate biawak yang sudah diolah memiliki bentuk yang sudah tidak menjijikan lagi. Dagingnya sudah dipotong-potong sehingga bentuknya pun sama seperti sate kebanyakan. Sedangakan untuk penyajiannya sendiri juga sama dengan sate kebanyakan yaitu dengan kecap yang dicampur dengan potongan cabai.

Rujak Cingur

rujak cingur

Daging sapi merupakan makanan yang sering diolah menjadi berbagai olahan masakan. Tetapi, selain dagingnya yang lain juga bisa diolah menjadi masakan yang tidak kalah ekstrim. Contohnya saja hidung atau yang sering disebut sebagai cingur ini menjadi salah satu kuliner ekstrim yang cukup populer. Cingur atau hidung biasanya di potong kecil-kecil untuk kemudian dicampurkan dengan sambal petis dan sayur-sayuran, lontong tahu, tempe, mangga hingga nanas dan bengkoang.

Tikus Panggang

tikus panggang

Jika jalan-jalan ke Minahasa, Sulawesi Utara, Anda bisa mencoba kuliner ekstrim tikus panggang. Ada yang mengatakan kalau makanan yang satu ini memiliki rasa yang mirip dengan ayam bakar. Salah satu kuliner ekstrim di Indonesia ini memang memiliki bentuk yang juga ekstrim karena dipanggang dalam bentuk aslinya. Biasanya daging tikus ini akan dipanggang dengan mentega atau bumbu kecap. Biasanya tikus yang dipanggang di sini merupakan tikus yang ditangkap di sawah-sawah atau pun hutan.

Lawar 

lawar

Selain hewan-hewan yang memang jarang diolah untuk menjadi masakan. Darah binatang biasanya juga sering dijadikan panganan. Seperti halnya lawar dari Bali yang terbuat dari darah babi. Darah babi yang dibekukan tersebut kemudian dicincang dan dicampurkan dengan bumbu, kelapa, serta sayuran.

Ular kobra

sate cobra

Ular mungkin menjadi kuliner ekstrim di Indonesia yang paling populer dan banyak dijual. Hewan jenis ini biasanya diambil daging, sumsum tulang belakang dan empedunya. Daging ular ini biasanya bisa disate, diminum darahnya atau dimakan langsung empedunya. Banyak yang mengatakan kalau ular kobra memiliki khasiat yang sangat bagus untuk tubuh. Anda bisa menemukan makanan ekstrim ini dijual di tenda-tenda pinggir jalan sekitar Jakarta dan Surabaya.

Jadi itulah beberapa kuliner ekstrim di Indonesia yang menarik untuk Anda coba. Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesia, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: