Skip to content

Tempat Wisata di Batam yang Seru untuk Liburan

Batam merupakan kota yang memiliki populasi terbesar ketiga di wilayah Sumatera setelah Medan dan Palembang. Berada di tengah-tengah jalur pelayaran serta dekat dengan Singapura dan Malaysia merupakan keuntungan tersendiri bagi kota ini. Karena keuntungan tersebut, Batam merupakan kota dengan pertumbuhan paling tinggi di Indonesia.

Meski demikian, kota terbesar di Kepulauan Riau ini lebih banyak dikenal wisatawan sebagai tempat berbelanja barang-barang bermerek asal luar negeri dengan harga murah. Namun, tahukah kalian kalau di Batam hanya bisa berwisata belanja saja? Banyak tempat-tempat wisata indah yang bisa Anda kunjungi. Apa saja sih? Yuk simak selengkapnya!

Jembatan Barelang

tempat wisata batam 1

Kalau Palembang punya Jembatan Ampera, Batam juga punya Jembatan Barelang. Merupakan singkatan dari tiga tempat yakni Batam, Rempang dan Galang, tempat wisata Batam ini wajib dikunjungi oleh RedTraveler. Singkatan tersebut digunakanan sebagai nama jembatan karena menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulaulainnya seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Jembatan ini juga sering disebut sebagai Jembatan Habibie karena beliaulah yang merencanakan pembangunan jembatan ini pada tahun 1992.

Pantai Marina

tempat wisata batam 2

Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata Batam yang paling terkenal. Terletak di bagian barat Pulau Batam, Pantai Marina tidak hanya mencakup sebuah kawasan wisata, namun juga merupakan tempat kapal ferry berlabuh. Selain pemandangan yang indah, pantai ini juga mempunyai taman hijau yang cocok digunakan sebagai tempat bermain anak-anak. Di lokasi ini juga terdapat banyak penjual makanan jika Anda malas membawa bekal dari rumah. Harga tiket masuknya sendiri sangat murah hanya Rp 6.000 saja.

Batam City Square

tempat wisata batam 3

Pusat perbelanjaan ini tidak hanya ramai dikunjungi warga sekitar, namun juga banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Bangunan bertingkat 6 ini menawarkan wisata belanja, rekreasi dan kesenangan dalam satu tempat sehingga tidak heran bila tempat ini dibanjiri pengunjung setiap harinya. Bila Anda membawa kendaraan, tidak perlu khawatir karena parkiran Batam City Square menampung lebih dari 1.000 mobil.

Ocarina Park

tempat wisata batam 4

Dibuka tahun 2008, tempat wisata Batam ini termasuk baru namun sudah menjadi favorit banyak wisatawan. Menempati lahan seluas kurang lebih 40 hektar, Ocarina Park menawarkan wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Selain area bermain, Ocarina Park juga sering digunakan sebagai tempat acara besar seperti konser music. Harga tiket masuk Ocarina Park ini adalah Rp 5.000/orang namun beluk termasuk harga bermain di wahana permainan.

Pantai Nongsa

tempat wisata batam 5

Nongsa merupakan nama sebuah kecamatan di Batam. Kecamamatan ini terkenal dengan pantainya yang dinamakan Pantai Nongsa. Berlokasi di sebelah timur laut Batam, untuk mencapai Pantai Nongsa Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari bandara. Pantai ini memiliki karakter ombak yang kecil dilengkapi dengan pasir putih yang luas. Yang menarik dari pantai ini adalah, Anda dapat melihat kota Singapura dari pinggir pantai karena jaraknya yang sangat dekat.

Pantai Melur

tempat wisata batam 6

Pantai Melur adalah salah satu tempat wisata yang sudah menjadi primadona pariwisata Batam sejak lama. Pantai ini memiliki air yang jernih dan hamparan pasir putih yang luas. Meski memiliki ombak yang tenang, banyaknya pepohonan di sekitar pantai sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan dan ingin beristirahat dari segala kesibukan sehari-hari.

Pantai Tanjung Bemban

tempat wisata batam 7

Mulai dikelola secara serius sebagai tempat wisata Batam pada tahun 2010, saat ini Pantai Tanjung Bemban sudah menjadi salah satu ikon wisata bahari Batam. Dari tempat ini, Anda dapat melihat kapal lalu lalang menuju ke Singapura. Bila berkunjung ke sini, jangan lupa mencicipi berbagai hidangan laut yang dilengkapi dengan es kelapa muda.

Pantai Melayu

tempat wisata batam 8

Karena ombaknya yang tenang, Pantai Melayu sangat aman dan cocok untuk berenang atau sekedar berpiknik dibawah pepohonan yang teduh. Di pantai ini juga Anda dapat bermain banana boat dengan biaya Rp 25.000/orang. Untuk memasuki kawasan Pantai Melayu, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 5.000.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai tempat wisata di Batam yang wajib untuk Anda kunjungi. Sekedar info untuk Anda, RedDoorz akan resmi dibuka di Batam mulai bulan Desember 2017! Yuk buka websitenya dan booking untuk traveling dengan harga murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: