Skip to content

Jalan-Jalan Seru ke Chinatown di Bandung

Bandung nampaknya selalu punya tempat wisata baru yang menarik untuk Anda kunjungi. Seperti halnya Chinatown di Bandung yang baru saja dibuka beberapa waktu lalu. Sekarang lokasi wisata ini pun menjadi salah tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan di Bandung maupun dari luar kota. Tempat wisata di Bandung ini memiliki konsep layaknya perkampungan China. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Bandung, Chinatown di Bandung.

Di Desain Dengan Arsitektur yang Unik

arsitektur

Sesuai dengan namanya, Chinatown di Bandung ini memiliki konsep layaknya perkampungan China. Ada banyak toko unik yang didesain serupa dengan toko aslinya di China lengkap dengan hiasan lampion dengan lampu-lampu. Selain itu, ada berbagai macam benda kuno khas Tionghoa yang memang dipajang seperti sepeda onthel, televisi jadul, termos es kuno hingga telefon kuno. Benda-benda ini sengaja ditaruh untuk menghiasi toko-toko yang ada di sini. Dinding-dingin di sini juga dihiasi dengan berbagai macam mural yang merupakan kreasi muda-mudi di Bandung. Satu tempat yang juga wajib untuk Anda kunjungi di tempat wisata Bandung ini adalah museum pecah belahnya. Di sana Anda bisa melihat berbagai perabotan khas Tionghoa dan juga infografis mengenai sejarah suku Tionghoa di Bandung. Jadi, untuk Anda yang punya hobi fotografi atau memang suka foto-foto, Chinatown di Bandung memiliki banyak spot berfoto yang keren.

Tempat wisata Bandung ini pertama kali diresmikan pada bulan Agustus kemarin oleh walikota Bandung, Ridwan Kamil. Tetapi, untuk pengelolaan hariannya diserahkan oleh pihak swasta yang dinamakan Permaba atau Perhimpunan Masyarakat Sosial Bandung. Sebelumnya, tempat ini memang dikenal sebagai pecinan di kota Bandung. Bahkan, di sekitar Chinatown ini, RedTraveler bisa menemukan beberapa tempat ibadah seperti Klenteng Satya Budhi dan Vihara Bhakti.

Chinatown di Malam dan Siang Hari

cina town malam

RedTraveler bisa berkunjung ke lokasi wisata ini pada malam dan siang hari. Saat di siang hari, Anda tentunya bisa melihat keindahan Chinatown  dengan berbagai arsitekturnya yang keren dan juga berfoto di banyak spot yang ada. Tetapi, Chinatown Bandung juga tidak kalah cantik saat di malam hari. Anda bisa melihat lampion-lampion dinyalakan dan suasana Chinatown  pun semakin semarak.

Toko Souvenir di Chinatown Bandung

toko sovenur

Chinatown di Bandung juga terdapat banyak toko souvenir untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh. Beberapa benda unik khas tionghoa bisa Anda dapatkan seperti gantungan dan tas-tas lucu. 77 kios yang ada di sini juga merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di daerah Bandung. RedTraveler jangan khawatir, harga souvenir yang dijual disini juga sangat terjangkau. Bagaimana tertarik untuk berbelanja di tempat ini?

Menyewa Kostum

chinatown

Chinatown di Bandung juga menyewakan kostum untuk Anda yang ingin seru-seruan atau sebagai bagian dari properti foto-foto. Ada berbagai macam model kostum khas Tionghoa lengkap dengan riasan rambut dan wajah. Anda bisa menyewa kostum yang ada di sini dengan harga Rp 150.000 dan tambahan sebesar  Rp 25.000 untuk riasan make upnya. Jika Anda ke sini tidak membawa kamera pun Anda tidak perlu khawatir karena ada jasa foto hingga cetak foto. Untuk cetak satu lembar foto di sini Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 per lembarnya.

(Baca Juga: Menginap di RedDoorz @ Dago Asri 2 untuk Libur Akhir Pekan di Bandung)

Sentra Kuliner di Chinatown Bandung

kuliner

Setelah lelah berfoto dan berbelanja di sini, Anda bisa mencoba makanan di sentra kuliner yang ada di Chinatown Bandung. Ada sekitar 70 tenant yang ada di Chinatown Bandung  dan 30 persen dari makanan yang dijajakan di sini adalah Chinese food dan yang lainnya adalah makanan khas Bandung dan juga western food. Beberapa menu seperti mie, bakso, bakpau, roti dan jajanan pasar lainnya bisa Anda temui di sini. Untuk Anda yang muslim tidak perlu khawatir karena makanan di sini halal. Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Bandung di toko yang ada di kawasan Chinatown Bandung. Sebagai catatan, sebaiknya Anda menyiapkan kartu e-money untuk setiap transaksi yang ada di sini agar lebih mudah dan tidak repot. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 12.00 hingga 24:00 mulai dari hari jumat hingga hari sabtu. Sedangkan, pada hari biasa tempat wisata ini dibuka hingga pukul 22.00.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata Chinatown di Bandung. Apa RedTraveler ada rencana ke Bandung dalam waktu dalam waktu dekat ini? Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesia, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: