Skip to content

Tempat Melihat Bintang Di Indonesia yang Sajikan Pemandangan Spektakuler

Beberapa waktu lalu ada fenomena antariksa terjadi Indonesia yaitu supermoon. Hal ini sangat menarik mengingat Indonesia juga terletak di garis katulistiwa dan cukup sering menjadi tempat terjadinya peristiwa antariksa.  Fenomena antariksa lainnya juga bisa Anda saksikan di Indonesia yaitu milky way atau hujan bintang di langit. Ada beberapa tempat di Indonesia yang bisa menjadi tempat untuk menyaksikan milky way secara langsung. Berikut beberapa tempat melihat bintang di Indonesia yang bisa Anda kunjungi selama liburan.

Segara Anakan, NTB

milky way 24

Tempat melihat bintang di Indonesia pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Segara Anakan di Nusa Tenggara Barat. Segara anakan sendiri sebenarnya merupakan sebuah danau kawah Gunung Rinjani yang berlokasi di Desa Sembalun Lawang. Lokasi wisata ini terletak di atas 2000 mdpl. Anda yang terbiasa mendaki Gunung Rinjani pasti akan melintasi pos perhentian Segara Anakan ini. Tempatnya yang cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan tentu saja tidak berpolusi membuat tempat ini menjadi spot yang sangat cocok untuk melihat milky way. Pemandangan bintang-bintang di langit semakin indah dilihat dari pantulan danau kawah di sini.

Pulau Kepa Alor NTB

milkwaykepaalor

Pulau Kepa Alor NTB sebenarnya terkenal menjadi salah satu spot menyelam terbaik di Nusa Tenggara Barat. Tetapi, selain itu Pulau Kepa Alor NTB ini juga jadi tempat yang cukup populer untuk melihat Milky way. Sambil bersantai di pinggir pantainya yang indah dan Anda bisa menikmati keindahan lagit malam  yang bertabur bintang-bintang. Anda bisa datang ke lokasi ini dengan menempuh perjalanan selama 30 menit dari kota Kalabahi yang merupakan ibu kota Kepulauan Alor. Tertarik untuk datang ke sini?

Desa Wae Rebo NTT

desa wae rebo 2

Keindahan bintang-bintang di langit juga bisa Anda saksikan di Desa Wae Rebo NTT. Keindahan lokasi wisata ini dengan hiasan langit milky waynya bahkan sudah terkenal hingga ke dunia internasional. Banyak fotografer kelas dunia yang sudah mengabadikan keindahan milky way yang ada di sini. Keindahan langit yang sangat spektakuler ini pun dijuluki sebagai “Kampung Di Atas Awan”. Lokasi yang masih minim dengan penerangan listrik ini menjadikan keindahan bintang-bintang yang ada di langit semakin terlihat jelas.

(Baca Juga: RedDoorz @ Kayen Jakal, Pilihan Akomodasi di Jogja untuk Anda)

Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

ranu kumbolo 2

Pegunungan memang menjadi tempat yang paling ideal untuk melihat milky way di malam hari. Salah satu pegunungan yang bisa Anda jadikan tempat melihat bintang di Indonesia berikutnya adalah Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. Berada di atas ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut menjadikan lokasi wisata ini cocok sekali untuk menjadi spot melihat bintang dengan mata telanjang. Anda bisa berkemah di pinggir danau dan sambil melihat kerlip bintang yang ada di sana. Hal ini juga sangat memungkinkan jika Anda memang hendak mendaki Puncak Mahameru. Maka Anda pastikan untuk bermalam di perhentian Ranu Kumbolo ini.

Dataran tinggi Dieng, Wonosobo

Milkyway Gunung Prau via @tentangmalamina

RedTraverler yang berkunjung ke Dataran tinggi Dieng, Wonosobo bisa melihat hamparan bintang terbentang indah di lokasi ini. Anda bisa memilih lokasi melihat bintang seperti  komplek Candi Arjuna, Candi Setiyaki, Bukit Sidengkeng, Bukit Sikunir dan Gunung Prau. Untuk bisa melihat semua keindahan dan pemandangan yang menakjubkan ini, datanglah setiap bulan Mei hingga Agustus. Waktu ini tepat jatuh pada musim kemarau di mana keadaan langit sedang cerah dan tidak berawan. Biasanya hamparan bintang ini bisa terlihat mulai pukul 23.00 hingga 04.00 dini hari.

Tanjung Papuma, Jember

papuma

Tanjung Papuma berjarak sekitar 45 km dari Kota Jember, Jawa Timur. Tempat yang satu ini memang menjadi salah satu lokasi yang cukup favorit untuk melihat miky way atau hamparan bintang. Keindahan taburan bintang yang ada di sini memang menjadi sangat mungkin untuk terlihat karena Tanjung Papuma jauh dari perkotaan dan polusi.  RedTraveler yang ingin melihat keindahan miky way yang ada di sini bisa datang ke Tanjung Papuma mulai dari pukul 19:00. Dari pantai yang indah ini RedTraveler bisa melihat gugusan bintang ditemani dengan deburan ombak dan heningnya malam.

Gunung Gede Cirebon

ranu kumbolo 4

Pemandangan menakjubkan dari milky way juga bisa Anda lihat Gunung Gede yang berlokasi di Taman Nasional Gede Pangrango. Cuaca di sini terasa sangat sejuk, pada siang hari suhu di Gunung Gede berkisar antara 18 celcius. Sedangakan, pada malam hari suhunya bisa mencapai 5 derajat Celsius. Bila RedTraveler ingin melihat keindahan milky way  di sini cobalah untuk berkemah di alun-alun Suryakencana. Lokasi ini semakin terlihat indah dengan paduan hamparan bunga edelweis.

Pantai Batu Layar, Lampung

original

Daerah Lampung juga menjadi salah satu tempat melihat bintang di Indonesia yang harus Anda kunjungi. Anda yang tidak terlalu suka mendaki, bisa menjadikan Pantai Batu Layar, Lampung untuk berburu pemandangan milky way. Di sini RedTraveler bisa menikmati pemandangan pantai yang indah, lengkap dengan hiasan cahaya dari bintang-bintang yang ada di langit.

Itulah beberapa tempat melihat bintang di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Kapan lagi bisa melihat fenomena antariksa secara langsung? Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: