Skip to content

Tempat Wisata di Makassar yang Seru untuk Liburan Akhir Tahun

Makassar merupakan salah satu kota di Timur Indonesia yang memiliki perkembangan pesat disbanding daerah lain. Kota ini dahulunya bernama Ujung Pandang, dan digantikan menjadi Makassar sejak tahun 1991. Berada di pesisir Pulau Sulawesi, ada banyak sekali tempat wisata di Makassar yang menarik untuk dikunjungi. Yang paling populer dikalangan para wisatawan adalah Pantai Losari yang selalu menjadi ikon pariwisata Makassar. Namun ternyata kota ini memiliki beragam tempat wisata andalan, mulai dari pantai sampai daratan tingginya. Apa saja tempat menarik yang bisa Anda kunjungi? Yuk simak artikel RedDoorz berikut ini!

Pantai Losari

tempat wisata makassar 1

Sudah jadi hal wajib, liburan ke Makassar datang ke Pantai Losari. Termasuk, berfoto-foto dengan plang nama bertuliskan Pantai Losari. Saat libur panjang, pantai ini akan dipadati oleh masyarakat lokal dan wisatawan. Yang berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini tidak memiliki pasir. Namun, Anda cukup duduk di sana sambil menikmati angina pantai dan sunset di depan mata. Selain itu, banyak wisatawan yang berwisata dengan melakukan water sport seperti banana boat, sepeda air, berlayar dan lain-lain. Tempat wisata Makassar ini juga dilengkapi dengan deretan penjaja makanan yang bisa Anda coba.

Benteng Rotterdam

tempat wisata makassar 2

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam ini berada tak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng ini meripakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Pada awalnya, benteng ini dibangun dengan menggunakan tanah liat dan putih telur, sampai kemudian bangunan disempurnakan oleh raja ke-14. Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini menyerupai seekor penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Penyu sendiri dipilih karena binatang ini dapat hidup di air dan di darat, sesuai dengan Kerajaan Gowa Tallo yang Berjaya di lautan maupun daratan.

Malino

tempat wisata makassar 3

Malino adalah tempat wisata Makassar yang berada di dataran tinggi dan menawarkan panorama khas pegunungan. Kawasan ini berada sekitar 90 km dari pusat kota Makassar. Selama perjalanan menuju Malino, Anda akan melewati pemandangan hutan pinus dan batu kapur yang indah. Malino berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di sini berkisar antara 10-26 derajat Celcius, jangan sampai lupa membawa jaket dan pakaian hangat Anda. Kawasan ini sudah terkenal sejak zaman Belanda dan dijadikan tempat wisata favorit mereka. Di sini juga terdapat beberapa air terjun menarik seperti Air Terjun Serubu Tangga dan Air Terjun Takapala. Selain itu, ada juga kebun teh, lembah biru dan bunker peninggalan Jepang. Sebelum pulang, sempatkan untuk membeli oleh-oleh khas tempat wisata ini seperti dodol ketan, buah markisan dan juga apel.

Tanjung Bira

DCIM100MEDIADJI_0079.JPG

Pantai ini berada cukup jauh yaitu sekitar 200 km dari kota Makassar. Jarak ini tidak akan berarti saat Anda sudah menginjakkan kaki di atas pasirnya. Tanjung Bira terkenal dengan pasirnya yang lembut dan putih, juga airnya yang jernih kebiruan. Keindahan tempat wisata Makasar ini tidak hanya dikenal oleh wisatawan domestic saja tapi juga mancanegara. Mereka biasa berenang, berjemur, snorkeling atau hanya duduk menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari. Jika Anda tidak membawa alat snorlkeling, Anda bisa menyewanya dengan harga Rp 30.000. Tersedia juga sepeda motor yang disewakan seharga Rp 65.000 untuk berkeliling kawasan pantai ini.

Trans Studio Makassar

tempat wisata makassar 5

Trans Studio Makassar menjadi sebuah ikon tempat wisata modern di kota ini. Dibuka pada tanggal 20 Mei 2009, Trans Studio berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektar. Di dalamnya, terdapat 21 wahana dan empat zona permainan yaitu Studio Central, Cartoon City, Lost City dan Magic Corner. Tempat wisata Makassar ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 19.00, kecuali pada akhir pekan dan hari libur nasional, Trans Studio Makssar buka sampai dengan 21.00. Untuk tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya Rp 100.000 pada hari biasa, Rp 175.000 pada akhir pekan dan Rp 200.000 saat ada event tertentu di sini.

Danau Tempe

tempat wisata makassar 7

Danau yang terletak di bagian barat Kabupaten Wajo ini disebut sebagai penghasil ikan tawar tersebar di dunia. Di atas danau, ada banyak rumah apung milik nelayan setempat dengan jala-jala yang digunakan untuk menangkap ikan.

Di tempat wisata Makassar ini, Anda bisa memancing atau berkeliling dengan menyewa perahu nelayan. Selain itu, Anda juga bisa membli ikan segar dan juga sayuran yang ditanam di sekitar danau.

Setiap tanggal 23 Agustus, di sini diadakan sebuah ritual tahunan untuk menyucikan danau yang disebut dengan Maccera Tappareng. Kepala nelayan akan menyembelih seekor sapi, setelah itu akan ada banyak pertunjukan seni dan budaya serta berbagai lomba.

Taman Laut Taka Bonerate

tempat wisata makassar 6

Taman laut ini berada di kota Benteng, Kepulauan Selayar. Tempat ini merupakan surge bagi para penyelam, Anda bisa berenang bersama ratusan jenis ikan, penyu dan kura-kura. Kecantikan terumbu karangnya juga membuat Anda semakin betah berlama-lama menyelam di sini. Saat terbaik untuk menyelam di tempat wisata Makassar ini adalah bulan April-Mei. Pada saat itu, arus dan suhu air serta factor pendukung lainnya sedang dalam kondisi baik sehingga jarak pandang saat menyelam pun menjadi sempurna.

Untuk menyelam di tempat wisata ini, Anda harus mendapat izin dari Balai Taman Nasional dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku. Biaya yang dikenakan adalah Rp 25.000 untuk wisatawan domestic dan Rp 60.000 untuk wisatawan mancanegara. Jika ingin menyewa peralatan menyelam, anda harus menyiapkan uang Rp 250.000.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai  berbagai tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Makassar. Bagi Anda yang ingin beribur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: