Skip to content

Jajanan khas Thailand yang Unik dan Bercita Rasa Otentik

Kuliner di Asia memang sangat beraneka ragam dan memiliki cita rasa yang unik. Salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki baraneka ragam makanan unik dengan cita rasa yang khas adalah Thailand. Selain makanan utamanya seperti Tom Yam yang memang sudah terkenal di mancanegara, jajanan di Thailand juga tidak kalah enak dan otentik. Mulai dari ketan hingga minuman Thai Thea-nya yang khas pun kini menjadi salah satu makanan yang sedang populer. Untuk lebih jelasnya berikut jajanan khas Thailand yang bisa Anda coba.

Mango Sticky Rice

mango

Dari semua jajanan khas Thailand mungkin Mango Sticky Rice menjadi salah satu yang cukup populer. Makanan yang satu ini adalah gabungan dari ketan dan buah manga yang disiram dengan kuah manis santan. Mango Sticky Rice masuk ke dalam makanan penutup. Di indonesia sendiri jajanan yang satu ini bisa dengan mudah Anda temukan. Bahkan banyak juga yang menjual makanan yang satu ini via online atau media sosial.

Khanom Pang Ai Tiim

beb562777beca4816e194b55215ba2f6

Agak berbeda, Khanom Pang Ai Tiim merupakan perpaduan antara roti dengan es krim yang di atasnya disiram oleh susu kental manis. Di Thailand sendiri Anda bisa dengan mudah menemukan Khanom Pang Ai Tiim  di pinggir jalan kaki lima yang dijual oleh abang gerobak yang berkeliling. Bentuk makanan ini mungkin bisa dibilang mirip dengan  One Dollar Ice Cream yang ada di Singapura tetapi yang membedakan  adalah bentuk rotinya yang tidak persegi tetapi persegi panjang

Thai Tea

6-thai-tea

Untuk Anda yang ingin  minum teh dengan rasa yang khas Thailand bisa mencoba Thai Tea.  Minuman ini sekarang sedang booming sekali di indonesia, mulai dari DumDum kemudian merebak banyak merek lainnya. Tekstur teh yang satu ini berbeda dengan teh asli Indonesia. Thai tea cenderung lebih kental dan terasa lebih creamy karena tambahan susu dan cream di atasnya. Selain membelinya di pusat perbelanjaan, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan membeli Thai Tea dalam bentuk bubuk.

Thai Pancake

thai pancake

Kalau tekstur pancake khas Eropa dan Amerika mungkin lebih mirip dengan roti, Thai pancake memiliki tekstur yang serupa dengan roti canai. Sedangkan, untuk isiannya juga sangat variatif dan beraneka ragam seperti pisang, stroberi, telur, hingga cokelat. Setelahnya, di atas Thai Pancake ini pun ditambahkan dengan susu kental manis. Di Bangkok sendiri Anda bisa dengan mudah menemukan makanan yang satu ini di food street.  

Thai Candied Cassava

singkong manis

Jajanan khas Thailand memang banyak yang berupa makanan penutup. Selain Mango Sticky Rice, Thailand juga punya The Candied Cassava. Makanan yang satu ini berupa singkong yang direbus dengan rasa yang sangat manis. Setelahnya, singkong ini disiram dengan saus yang terbuat dari campuran santan, garam, gula, tepung maizena dan pandan.  Di Indonesia banyak restoran Thailand yang memasukan makanan  ini ke dalam menu mereka.

 Khanom Buang

Khanom_bueang_01

Mungkin kalau di Indonesia makanan yang satu ini mirip dengan kue lekker. Jajanan khas Thailand ini memiliki resep yang hampir sama dengan lekker yaitu terigu, telur, air dan garam. Tetapi yang membedakan adalah tepung yang digunakan untuk khanom buang adalah tepung yang terbuat dari kulit telur yang duhancurkan. Setelah adonan Khanom Buang matang, kemudian makanan ini diolesi dengan  meringue yang terbuat dari putih telur dan gula pasir yang dikocok hingga kaku. Setelahnya pun ditaburi parutan kelapa muda di atasnya.

(Baca Juga: RedDoorz Plus @ Batam Centre, Penginapan Murah Berfasilitas Lengkap)

Khanom Krok

khanom krok

Jajanan Khas Thailand ini sering juga disebut sebagai Thai Coconut Pudding. Anda bisa menemukan Khanom Krok di sepanjang jalan pusat kota Bangkok. Anda yang ingin mencoba membuat makanan ini, adonannya sangat mudah yaitu hanya berupa campuran dari tepung beras, santan dan gula. Sedangkan untuk rasanya,  Khanom Krok lebih dominan manis ketimbang gurih dengan tekstur yang lembut. Ada  berbagai rasa yang bisa Anda coba dari Khanom Krok yaitu mulai dari jagung, original, talas hingga daun bawang.

Bakso Tusuk

baso

Selain itu, selama Anda berkeliling di pasar Thailand, Anda bisa menemukan banyak bakso tusuk. Ada berbagai macam bakso tusuk yang bisa Anda temukan di sini seperti bakso sapi, bakso ayam, bakso ayam, hingga bakso sosis. Hal yang lebih menggiurkan lagi adalah harga bakso tusuk yang ada di pasar Thailand sangat ramah kantong. Tetapi, untuk Anda yang muslim traveler harus berhati-hati karena bisa saja daging yang dijajakan disini tidak halal. Jadi akan lebih aman kalau Anda memilih seafood saja dibanding dengan bakso daging lainnya.

Itulah beberapa jajanan khas Thailand yang bisa anda coba. Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: