Kawasan Indonesia Timur sekarang ini menjadi salah satu tempat wisata yang sedang naik daun. Selain Pulau Komodo,Indonesia timur juga memiliki pulau yang tidak kalah eksotis yaitu Pulau Sumba. Pulau yang satu ini menyimpan banyak keindahan dan juga kebudayaan yang bisa Anda eksplore lebih jauh lagi. Mulai dari pantai, danau, air terjun hingga perkampungan dengan rumah adat tradisionalnya membuat Pulau Sumba menjadi tempat wisata yang menarik. Untuk mengetahui lebih banyak, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Pulau Sumba yang perlu Anda ketahui.

Danau Weekuri

danau

Pulau Sumba memiliki tempat wisata berupa danau indah bernama Weekuri. Danau yang satu ini sebenarnya merupakan sebuah laguna yang terdiri dari kumpulan air laut yang masuk melalui celah dinding batu karang. Inilah yang menyebabkan danau Weekuri memiliki masa pasang surut. Anda yang berkunjung ke sini diperbolehkan untuk berenang dan bermain air sekitar area danau. Untuk mendapatkan momen terbaik, Anda disarankan  untuk datang ke tempat wisata di Sumba ini pada sore hari saat air sedang pasang dan posisi matahari sedang tinggi.

Pantai Walakiri

walakiri

Pantai Walakiri memiliki perairan yang cenderung tenang dengan kontur yang landai. Meski berada dekat dengan pemukiman warga, pantai Walakiri memiliki keindahan yang masih terjaga hingga sekarang. Bahkan keindahannya pun sempat diabadikan dalam sebuah film kolosal karya Mira Lesmana yang berjudul Pendekar Tongkat Emas. Selain air lautnya yang jernih dan biru, Pantai Walakiri juga memiliki deretan mangrove yang unik. Tempat wisata di Sumba ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbit dan matahari terbenam.

 Puru Kambera

horse-riders-in-puru-kambera

Kawasan Puru Kambera sebenarnya memiliki dua lokasi berbeda yaitu pantai dan gurun savana. Jadi, sebelum menuju ke kawasan pantainya, RedTraveler nantinya akan melewati kawasan savanna Puru Kambera terlebih dahulu. Kawasan pantainya sendiri hanya berjarak sekitar 2-3 km saja. Di area Gurun Savanna RedTraveler bisa melihat banyak kuda yang berkeliaran dengan bebas. Pemandangan tersebut bisa dilihat selama Anda berkunjung ke tempat wisata di Sumba ini saat musim kemarau saat kuda-kuda tersebut akan merumput untuk mencari makan.

(Baca Juga: Liburan Akhir Tahun di Bali dengan Menginap di RedDoorz Plus @ Padma Utara 3)

Air Terjun Lapopu

air terjun

Tempat Wisata di Sumba berikutnya adalah Air terjun Lapopu yang berlokasi di Desa Hatikuloku, kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Air terjun Lapopu masih sangat asri dan belum banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Suasananya juga sangat alami sekali karena berada ditengah hutan belantara Pulau Sumba. Tempat wisata di Sumba ini sangat unik karena memiliki sumber mata air yang berasal dari goa yang memotong aliran air sungai.

Pantai Nihiwatu

Nihiwatu-3

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu tempat wisata di Sumba yang menjadi favorit bagi para peselancar. Kondisi ombaknya yang tinggi menjadikan Pantai Nihiwatu menjadi salah satu tempat berselancar kelas dunia yang sering didatangi oleh para wisatawan asing. Memiliki luas sekitar 30 km, Pantai ini memiliki suasana yang cukup nyaman dan sepi karena jauh dari keramaian kota. Keindahan pantai di sini sangat dijaga hingga jumlah peselancar yang ingin surfing pun dibatasi sebanyak 10 orang saja setiap kesempatannya. Hal ini berlaku juga saat Anda ingin snorkeling, scuba diving, memancing hingga naik perahu untuk berkeliling pulau.

Bukit Wairinding

bukit

Selain savanna di kawasan Puru Kambera, satu lagi pada ilalang yang bisa Anda kunjungi di Sumba adalah Bukit Wairinding. Dari sini Anda bisa melihat rangkaian pegunungan dan bukit kapur yang menjadi topografi dari kawasan Sumba sendiri. Pemandangan di kawasan Bukit Wairinding menjadi sangat indah saat musim kemarau dimana padang savannanya berubah warna dari hijau menjadi kuning. Kondisi ini bisa Anda lihat saat berkunjung ke tempat wisata di Sumba ini pada bulan Juli hingga Oktober.

Kampung Ratenggaro

desa-ratenggaro

Anda yang ingin melihat kehidupan warga Sumba secara langsung bisa datang ke Kampung Ratenggaro. Perkampungan ini menjadi kawasan yang cukup unik karena masih menjaga tradisinya terutama bentuk rumah adatnya. Di perkampungan Ratenggaro redTraveler juga akan menemukan sebuah kubur batu yang menghadap ke pantai, warisan para leluhur di sini. Konon batu-batu tersebut memang sengaja dibawa oleh para leluhur dengan menariknya melewati muara yang kemudian menjadi seperti sekarang.

Apa RedTraveler pernah jalan-jalan ke kawasan Indonesia bagian timur? Jangan lupa untuk melihat keindahan tempat wisata di Sumba secara langsung ya. Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s