Skip to content

Tempat Wisata di Danau Toba dan Sekitarnya

Tidak ada yang memungkiri kalau Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Ini jugalah yang membuat Indonesia menjadi salah satu objek wisata yang paling potensial dari sabang sampai Merauke. Salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk Anda kunjungi adalah Danau Toba. Tempat wisata di Sumatera Utara ini memang sudah sangat terkenal tidak hanya bagi para wisatawan dalam negeri tetapi juga hingga ke mancanegara. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di danau toba dan sekitarnya.

Danau Toba

danau toba

Tempat wisata Danau Toba merupakan salah satu tempat wisata alam yang cukup populer di kawasan Sumatera Utara. Danau Toba sendiri merupakan danau tektonik yang berada di sebuah kaldera. Danau ini sendiri terbentuk dari sebuah ledakan sekitar 73.000 tahun yang lalu. Kejadian tersebut pun sempat menimbulkan kematian masal dan kepunahan banyak spesies mahluk hidup di kawasan ini. Dari sinilah kemudian terbentuk Danau Toba yang hingga kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Indonesia. Dengan luas sekitar 1.145 km, Danau toba menjadi danau terluas yang ada di dunia. Jika RedTraveler berkunjung ke sini pada April hingga Agustus Anda mungkin bisa menyaksikan meriahnya ritual tradisional Suku Batak yang merupakan Pesta Masyarakat Danau Toba.

Pulau Samosir

samosir

Pulau Samosir sendiri menjadi salah satu pulau hasil pembesaran dari Kabupaten Toba Samosir. Tempat wisata danau toba ini juga termasuk ke dalam objek wisata yang cukup diandalkan sebagai wisata alam. Pulau ini merupakan salah satu wilayah utama yang berada di Kabupaten Samosir. Dengan luas 640 km, Pulau Samosir menjadi satu-satunya pulau terbesar yang ada di danau ini. Untuk sampai ke sini, RedTraveler hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 3 sampai 4 jam dari Bandar Utara Kuala Namu dengan menggunakan taksi.

(Baca Juga: RedDoorz near Casa Grande, Fasilitas Melimpah dengan Harga Terjangkau)

Kota Balige

Pusuk_Buhit-1

Balige sendiri menjadi salah satu kota di Kabupaten Toba Samosir yang juga berada tepat di pinggir Danau Toba. Kota ini hanya berjarak sekitar dua jam saja dari Prapat. Selama di sini Anda bisa melihat keindahan alam dan juga kebudayaannya masyarakat lokalnya yang sangat kental. Selain itu, Anda juga bisa melihat Museum Batak dan makam pahlawan nasional Sisingamangaraja XII. Di dalam museum Batak tersebut RedTraveler bisa melihat berbagai macam barang-barang sejarah peninggalan warga Batak. Tempat wisata danau toba ini bahkan mendapatkan penghargaan sebagai museum swasta terbaik tingkat nasional dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pantai Lumban Silintong Balige

nature-landscape-24

Di kawasan Sumatera Utara juga terdapat sebuah pantai yang bernama Lumban Silintong Balige. Selain bisa berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai yang ada di sini, para wisatawan juga diperbolehkan untuk berenang di laut. Anda juga bisa makan ikan bakar sambil bersantai di pinggir pantai. Anda yang ingin datang ke lokasi ini bisa menggunakan kendaraan umum menuju kota Balige dengan jarak tempuh sekitar 6 jam.

Tongging

sikodon-kodon-tongging

Di Desa Tongging Anda bisa menyaksikan dua tempat wisata sekaligus yaitu Danau Toba dan Air Terjun Sipiso-Piso. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan alam Danau Toba dari ketinggian sambil menikmati hembusan angin dan tenangnya suasanya dari atas ini. Desa Tongging juga sangat dekat dengan air terjun sipiso-piso yang terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo.

Desa Suhi-Suhi

2_2_PS_9427-PEOPLE

Tempat wisata danau Toba berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Desa Suhi-Suhi. Di sini Anda bisa melihat uniknya perkampungan Batak lengkap dengan bangunan-bangunan rumah adat yang sangat menarik. Anda juga bisa melihat proses pembuatan kain yang dikerjakan langsung oleh wanita asli sana. Ulos sendiri merupakan salah satu kain tenun tradisional yang dibuat dengan teknik rajut. Harga dari kain Ulos ini bisa mencapai 10 juta hingga 100 juta per helainya.

Tomok

batak-museum-tomok

Bila Anda ingin melihat uniknya boneka sigale-gale berkunjunglah ke Tomok. Boneka Sigale-gale ini bisa menari dengan bantuan dari orang yang ada dibelakangnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat museum Raja Sidabutar yaitu makam tua yang terbuat dari batu dan dipahat sedemikian rupa. Peninggalan leluhur ini pun terus dijaga kelestariannya hingga sekarang.

Rumah Pengasingan Mantan presiden RI Soekarno

rumah soekarno

Rumah Pengasingan Mantan presiden RI Soekarno juga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup banyak didatangi oleh wisatawan yang berkunjung ke Medan. Rumah ini menjadi saksi dari sejarah Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Di dalamnyaAnda akan melihat beberapa peninggalan seperti lukisan dan perabotan rumah tangga yang sudah digunakan sejak jaman dulu.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata danau Toba. Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: