Semarang memang menjadi salah satu kota tujuan wisata yang banyak diminati. Namun, selain tempat wisatanya yang menarik untuk Anda kunjungi, Semarang juga memiliki banyak makanan enak atau tempat wisata kuliner yang cukup direkomendasikan. Kalau sebelumnya RedDoorz pernah membahas mengenai Lumpia enak di Semarang kali ini kami akan mengulas mengenai Bakmi Jawa. Kuliner yang satu ini menjadi salah makanan tradisional yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Bakmi Jawa di Semarang.

Bakmi Jawa Pak Gareng

Pak-Gareng-1024x1024

Bakmi Jawa Pak Gareng merupakan satu kuliner di Semarang yang cukup legendaris. Disebut legendaris karena kuliner tradisional yang satu ini sudah dibangun sejak tahun 1970. Awalnya Bakmi Jawa Pak Gareng ini dijual dengan menggunakan gerobak. Hal yang membedakan bakmi Jawa Pak gareng dengan bakmi jawa lainnya yang ada di Semarang adalah racikannya yang menggunakan kaldu ayam kampung asli dan tambahan suwiran ayamnya. Untuk bumbunya sendiri Bakmi Jawa Pak Gareng memiliki resep rahasia yang sudah turun-temurun. Anda bisa berkunjung ke kedai Bakmi Jawa Pak Gareng  mulai dari pukul 11.00 s.d 24.00. Selain bakmi jawa RedTraveler juga bisa mencoba menu lainnya seperti bakmi goreng/rebus, bakmi campur goreng/rebus, nasi goreng/rebus, nasi ruwet dan sate ayam.

Bakmi Jawa Pak Ateng

pak ateng

Bakmi  Jawa Pak Ateng ini berlokasi di Stadion Diponegoro Semarang, tepatnya berada di sebelah utara stadion. RedTraveler yang ingin datang ke sini harus siap-siap dengan antriannya yang mengular. Untuk bisa makan bakmi di sini Anda  paling tidak harus menunggu selama 15 menit. Hal yang menjadi ciri khas dari Bakmi Jawa Pak Ateng ini adalah penggunaan anglo yang menggunakan arang. Dengan cara masak seperti ini Bakmi Jawa Pak Ateng pun memiliki citarasanya sendiri. Untuk porsi Bakmi Jawa Pak Ateng sendiri juga  termasuk cukup besar sehingga Anda juga akan cukup kenyang makan makan satu porsi bakmi jawa ini.

Pak Doel Nomani

pak doel

Cara memasakan Bakmi Jawa Pak Doel Nomani di sini juga masih tradisional yaitu menggunakan tungku meski tetap menggunakan bara api bukan arang. Sedangkan untuk campuran Bakmi Jawa Pak Doel Nomani  ini juga hampir sama degan mie godog lainnya itu berupa sayur-sayuran seperti sawi dan juga telur orak-arik yang dimasak setengah matang. Selain bakmi jawanya RedTraveler bisa mencoba menu lain seperti Bakmi Goreng, Bakmi Nyemek, Bakmi Godog, Nasi Ruwet, hingga Bakso.

Bakmi Jawa Bung John

bung john

Harga satu porsi Bakmi Jawa Bung John termasuk terjangkau yakni berkisar Rp 15.000 dan aneka satenya yang dijual sekitar Rp 6.000 per tusuknya. Anda yang ingin berkunjung ke sini bisa datang langsung ke Jl. Karang Wilan yaitu tepatnya berada di belakang Geraja Isa Almasih Pringgading Semarang.

(Baca Juga: Liburan Seru dengan Menginap di RedDoorz @ Kawi)

Bakmi Jawa Pak Rebi

bakmi jawa

Berikutnya ada Bakmi Jawa Pak Rebi yang menjadi salah satu bakmi jawa di Semarang yang juga cukup direkomendasikan. Bakmi Jawa Pak Rebi ini juga memiliki resep racikannya sendiri yang membuat rasa Bakmi Jawa Pak Rebi ini terasa berbeda. Sedangkan, untuk campurannya hampir sama dengan bakmi jawa lainnya yakni sayuran seperti tomat, kol, sawi hijau , kekian dan suwiran ayam. Bila ingin menambah lauk, RedTraveler bisa memesan sate ayam yang dibandrol dengan harga Rp 5.000 per tusuknya.

Bakmi Jawa Pak Har

bakmie-jawa

Anda yang berkunjung ke sini bisa memilih dua macam bakmi jawa yaitu bakmi goreng dan bakmi kuah. Untuk cita rasanya sendiri Bakmi Jawa Pak Har lebih cenderung manis. RedTraveler yang ingin mencicipi kelezaran Bakmi Jawa Pak Har bisa datang ke kedai bakmi ini mulai dari pukul 17.00 hingga 23.00 malam. Satu porsi bakmi Jawa Pak Har dijual dengan harga Rp 8.000 hingga Rp 15.000, cukup terjangkau bukan? Meski warung Bakmi Jawa Pak Har ini memiliki kedai yang cukup sederhana, tetapi rasa bakminya boleh Anda adu.

 Bakmi Jawa Pak Gundhul

bakmi jawa e

Bakmi Jawa yang satu ini hanya dijual di tenda yang dilengkapi dengan meja panjang kursi plastik. Ada 3 jenis bakmi yang ditawarkan di Bakmi Jawa Pak Gudhul ini diantaranya Bakmi nyemek, bakmi kuah dan bakmi goreng. Dalam Bakmi Jawa Pak Gundhul terdapat campuran seperti bakmi godog pada umumnya seperti suwiran ayam, daun bawang, campuran telur hingga kubis. Bakmi ini akan terasa nikmat saat Anda mencobanya dalam keadaan panas.

Itulah beberapa informasi mengenai Bakmi Jawa di Semarang yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s