Kawasan Jawa Barat memang menyimpan cukup banyak wisata alam yang luar biasa indah. Mulai dari Bandung, Bogor hingga Cirebon hampir semua wilayah memiliki keunikannya sendiri. Selain ketiga kota tersebut ada satu kota lagi yang bisa RedTraveler kunjungi di daerah jawa barat yaitu Purwakarta. Ada banyak tempat wisata alam hingga tempat rekreasi seru yang bisa RedTraveler kunjungi di lokasi ini. untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Purwakarta yang bisa jadi destinasi wisata Anda berikutnya.

Goa Jepang

goa jepang

Goa Jepang sendiri terletak di Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Anda yang suka mengeksplorasi tempat wisata yang unik dan eksotis bisa datang ke Goa Jepang. Tempat wisata di Purwakarta ini dibangun sejak tahun 1942 oleh pribumi pada masa penjajahan dahulu kala. Pada saat itu, Goa Jepang ini difungsikan sebagai tempat menyimpan senjata, misiu, hingga radio komunikasi tentara Jepang. Sehingga Anda yang berkunjung ke sini pun bisa melihat bagaimana peninggalan pada jaman dahulu kala.

Goa Belanda

goa-belanda

Tidak jauh dari Goa Jepang yaitu sekitar 800 m terdapat Goa Belanda yang merupakan peninggalan jaman penjajahan Belanda. Agak berbeda dengan Goa Jepang, Goa Belanda difungsikan sebagai penghubung PLTA Bengkok. Namun, setelahnya tempat wisata di Purwakarta ini kemudian digunakan sebagai stasiun radio telekomunikasi militer Hindia Belanda. Goa Belanda biasanya akan ramai pada akhir pekan atau hari libur nasional. Jadi kami sarankan persiapkan diri saat Anda ingin berkunjung ke sini ya.

Curug Cipurut

curug

Selanjutnya, Tempat wisata di Purwakarta yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Cipurut atau Air terjun Cipurut. Anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini bisa datang langsung ke kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, Kampung Cileungsing, Kabupaten Purwakarta. Untuk bisa melihat air terjun secara langsung, Anda harus berjalan sekitar 20 menit terlebih dahulu melewati perkebunan teh. Suasana yang ada di sini sangat alami karena belum ada pembangunan sama sekali. Untuk masuk ke sini Anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 5000 per orangnya. Di sana Anda pun bisa melihat keindahan Air terjun Cipurut yang memiliki ketinggian 30 meter tersebut.

Waduk Jatiluhur

waduk jatiluhur

Dengan luas sekitar 8300 hektar, tempat wisata di Purwakarta ini menjadi salah satu lokasi yang cukup terkenal. Waduk yang masih berfungsi hingga sekarang ini dibangun sejak tahun 1957 untuk digunakan sebagai tanggul pencegah banjir serta mengairi sawah-sawah yang ada di kawasan Jawa Barat. Selain itu, waduk Jatiluhur juga difungsikan sebagai pengembangbiakan ikan dan penampungan air. Sekarang, waduk ini tidak hanya berfungsi sebagai penampungan air saja tetapi juga tempat rekreasi layaknya waterboom. Wisatawan bisa datang ke sini untuk berenang, berseluncur dan bahkan menikmati permainan air lainnya.

Giri Tirta Kahuripan

giri tirta

Anda yang ingin bermain air dan berenang bisa datang ke Sky Giri Tirta Wanayasa Purwakarta.  Dinamakan demikian karena tempat wisata ini berada 500 meter di atas permukaan laut. Kedalaman kolam yang ada di Sky Giri Tirta Wanayasa berbeda-beda mulai dari 60 cm, 120 cm hingga 230 cm. Sky Pool Giri Tirta beropersi mulai dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB. Tiket masuk ke tempat wisata di Purwakarta ini berkisar dari Rp 30.000 hingga Rp 60.000. Tiket masuk tersebut sudah termasuk berkeliling perkebunan manggis dengan menggunakan mobil.

Waduk Cirata

cirata

Waduk Cirata sendiri dibangun pada tahun 1984 dan difungsikan sebgai pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas kurang lebih 1000 Mega Watt. Sekarang, waduk ini difungsikan sebagai tempat wisata karena suasananya yang memang tenang dan sejuk. Sesekali Anda bisa melihat perahu melintas di waduk ini. Dari sini Anda juga bisa melihat pemandangan perbukitan dan panorama sawah yang menjadi latar belakang waduk.

Gunung Lembu

lanscape-siang-lembu

Kendahan kota purwakarta juga bisa Anda saksikan dari atas Gunung Lembu. Tempat wisata di Purwakarta ini memiliki ketinggian sekitar 729 mdpl. Di atas Gunung Lembu sendiri terdapat sebuah batu besar yang disebut dengan batu lembu. Inilah yang menyebabkan banyak orang menyebut gunung yang satu ini sabagai Gunung Lembu karena batu tersebut menyerupai bentuk punuk sapi.

Taman  Air Mancur Sri Baduga

air mancur

Setiap hari minggu RedTraveler bisa menyaksikan  atraksi air mancur di tempat wisata air mancur Sri Baduga. Pertunjukan ini dibagi menjadi tiga kali yakni pada pukul 19.30 hingga pukul 22.00. dan setiap pertunjukanya berlangsung selama 20 menit . atraksi air mancur ini dilengapi dengan musik klasik, pop dan lagu tradisional khas Sunda. Terbayang sekali bukan bagaimana meriahnya pertunjukan air mancur di sini. selama berjalan-jalan di sini Anda juga tidak perlu takut kelaparan karena banyak penjaja makanan di sepanjang area rekreasi ini.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Purwakarta. Kalau RedTraveler suka pergi ke mana di Purwakarta? Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s