Banyuwangi, daerah ini mungkin hanya sebuah kabupaten yang berlokasi di ujung timur pulau Jawa, Tetapi, sekarang Banyuwangi telah menjelma menjadi sebuah lokasi wisata populer khususnya di kalangan kaula muda. Ada banyak keindahan alam yang bisa Anda eksplore selama berlibur di sini mulai dari gunung, pantai hingga air terjun semuanya tersaji lengkapi di sini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Banyuwangi.

Kawah Ijen

SONY DSC

Salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang cukup populer adalah Kawah Ijen. Di sini Anda bisa melihat keindahan Banyuwangi dari ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Meski terlihat sangat indah, Anda harus tetap berhati-hati karena suhu di kawahnya bisa mencapai 200 derajat Celcius. Di sini RedTraveler bisa melihat api biru atau yang lebih dikenal dengan Blue Fire. Untuk bisa melihat keindahan blue fire Anda bisa datang ke Kawah Ijen pada saat dini hari. Selain itu, kawah Ijen juga masih digunakan sebagai area pertambangan belerang yang cara pengambilannya masih tradisional.

Pantai Teluk Hijau

Teluk-Hijau-Green-Bay-Banyuwangi

Anda yang ingin melihat pemandangan tepi pantai dengan air yang jernih datanglah ke Pantai Teluk Hijau. Tempat wisata di Banyuwangi ini masih masuk ke dalam Taman Nasional Meru Betiri. Di sekililing teluk, terdapat hutan tropis dengan pantai pasir putihnya. Di sini Anda bisa melakukan banyak kegiatan seru seperti berenang, snorkeling, memancing hingga bermain pasir. Tidak hanya itu, Anda pun bisa melihat keindahan Air Terjun Bidadari yang terletak di kawasan pantai ini.

Pantai Watu Dodol 

watu

Dinamakan Pantai Watu Dodol karena di kawasan pantai ini RedTraveler akan melihat sebuah batu besar yang berdiri tegak. Batu ini sudah beberapa kali ingin dihancurkan tetapi tetap saja berdiri kokoh di tempat semula. Itulah yang menjadikan tempat wisata di Banyuwangi ini dinamakan Watu Dodol atau yang memiliki arti batu yang liat atau keras. Hal unik lainnya dari Pantai Watu Dodol adalah adanya sumber air tawar meski air laut sudah masuk ke dalam area ini saat pasang. Keunikan inilah yang membuat banyak orang berpikir kalau sumber air  di Pantai Watu Dodol memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Pantai Plengkung

pantai-plengkung-banyuwangi

Berikutnya ada Pantai Pelengkung yang jadi tempat wisata di Banyuwangi yang bisa Anda kunjungi. Pantai yang satu ini termasuk pantai yang cukup terkenal hingga ke kawasan mancanegara karena tingginya ombak yang ada di sini. Ombak tinggi di sini disebabkan oleh pengaruh arus Antartika yang dibawa oleh Samudera Hindia. ketinggian ombak yang ada di sini bahkan bisa mencapai 4 hingga 8 meter dengan panjang hingga 2 meter. Untuk menikmati serunya berselancar di sini RedTraveler bisa datang ke sini pada bulan April hingga Agustus.  Pantai Plengkung bahkan pernah menjadi tempat kejuaraan selancar internasional Quicksilver Pro Surfing Championship dan Da Hui pro Surfing World Championship seri III.

Taman Nasional Baluran  

taman nasional baluran

Keindahan padang savanna juga bisa Anda nikmati di Banyuwangi. Taman Nasional Baluran sendiri terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo. Jalur ini sebenarnya merupakan akses bagi para pengendara dari Jakarta yang ingin menuju Jawa Timur atau Bali. Dikarenakan pemandangannya yang sangat hijau dan luas, tempat wisata di Banyuwangi ini sering juga dikenal dengan Africa van Java atau Little Africa. Selama di sini RedTraveler bisa melihat banyak satwa liar seperti rusa, monyet ekor panjang, banteng, kerbau dan burung merak.

(Baca Juga: Long Weekend Hemat dengan Menginap di RedDoorz @ Condong Catur 3)

Pantai Pulau Merah

pulau-merah-banyuwangi

Kejernihan pantai dipadukan dengan pegunungan yang indah menjadikan tempat wisata di Banyuwangi ini menjadi salah satu tempat yang cukup favorit bagi para wisatawan. Dinamakan Pantai Merah karena saat air laut sedang surut, Anda dapat melihat tanah dan bebatuan di sini berubah warna menjadi merah. Ombaknya yang besar juga banyak menarik para peselancar untuk surfing di lokasi ini. Meski di pinggir pantai, cuaca yang ada di pantai ini terasa sejuk karena adanya jajaran pegunungan yang ada di sini.

Hutan Mangrove Bedul

Mangrove-Bedul

Hutan Mangrove Bedul ini berada di Dusun Bloksolo, Desa Sumbersari, Kecamatan purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Nama Bedul sendiri diambil dari nama ikan yang ada di sekitar Segoro Anakan Bedul. RedTraveler bisa menikmati indahnya deretan hutan Mangrove atau bakau yang berada di sepanjang aliran sungai yang membentuk air payau. Kawasan ini dikenal sebagai Segara anak atau Segara Anakan yang merupakan muara sungai dengan panjang 18,8 km dan lebar 400 m. Aliran sungai ini menjadi penghubung antara kawasan hutan mangrove dengan laut selatan. Adapun fungsi dari hutan mangrove ini yaitu sebagai penahan abrasi air laut.

Wisata Air Terjun Kali Bendo

air terjun kalibendo

Selain kawah ijen dan keindahan pantainya, Banyuwangi juga memiliki tempat wisata lainnya berupa air terjun. Air Terjun Kali Bendo  berada di kawasan perkebunan  yang suasananya masih sangat asri. Untuk mencapai kawasan air terjun ini, RedTraveler harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati perkebunan cengkeh dan pohon bendo. Setelahnya RedTraveler bisa melihat langsung keindahan air terjun Kali Bendo  yang memiliki ketinggian 10 m ini.

Kalau RedTraveler sendiri lebih suka jalan-jalan ke mana saat ke Banyuwangi? Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s