Indonesia memang terdiri dari banyak pulau dan setiap pulau yang ada di Indonesia memiliki keindahannya masing-masing. Salah satu kepulauan yang RedDoorz rekomendasikan untuk Anda kunjungi di akhir tahun adalah Kepulauan Bintan. Pulau yang letaknya tidak jauh dari Singapura ini, memang menjadikan pariwisata sebagai salah satu point utamanya. Citra mewah juga menjadi daya tarik dari pulau indah yang ada di ujung Indonesia ini. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai tempat wisata di  Bintan, berikut RedDoorz akan bahas lengkapnya.

Pantai Trikora

846f0-pantai-trikora1

Nama Trikora sendiri berasal dari “three corral” yang sering disebut oleh para wisatawan saat berkunjung ke pantai ini. Tetapi, ada juga yang mengatakan kalau nama Trikora ini berasal dari sejarah Tri Komando Rakyat. Pantai Trikora sendiri terletak tepat di Desa Malang Prapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Pantai ini menyimpan keindahan berupa pasir putih dan air lautnya yang jernih. Ombak di sini tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin berenang dipinggir pantai. Tetapi, Anda harus tetap berhati-hati karena saat pasang, arus air di sini bisa jadi kuat.

Pulau Beralas Pasir

Pulau Beralas Pasir White Sand Island Bintan KEPRI

Tempat wisata di Kepulauan Bintan berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Beralas Pasir. Pulau ini memang terkenal sebagai tempat untuk snorkeling karena keindahan bawah lautnya. Di dasar laut Pulau Beralas Pasir ini Anda bisa melihat banyak karang yang masih terjaga keindahannya dan air lautnya pun masih sangat jernih. Ekosistem perairan di sini juga masih sangat bagus sehingga Anda bisa menemukan banyak spesies ikan berenang di perairan ini. Tempat wisata di  Bintan ini juga sangat pas untuk Anda yang suka memancing.

Vihara Avalokitesvara

Vihara-Avalokitesvara-didalam-ruangan.jpg

Vihara Avalokitesvara yang terletak di Kepulauan Bintan ini merupakan salah satu vihara terbesar di Asia Tenggara.  Anda bisa menjangkau Vihara Avalokitesvara Graha dari pusat kota tanjung pinang. Setelahnya, vihara ini dapat dengan mudah Anda temukan di pinggir jalan karena bangunannya yang sangat mencolok dan megah. Dari sini Anda juga bisa melihat dengan jelas kebun buah naga yang memang menjadi pekarangan Vihara. Uniknya lagi, di dalam vihara ini terdapat sebuah patung yang memiliki tinggi 16.8 meter dengan berat 40 ton. Uniknya lagi patung ini dilapisi oleh emas 22 karat. Anda yang sedang berlibur ke Bintan bisa datang berkunjung ke tempat wisata di  Bintan ini.

Pantai Sakera

pantai sekara

Bintan memang dikenal sebagai tempat wisata yang memiliki pantai indah. Pasir putih dan air lautnya yang biru memang menjadi salah satu daya tari dari objek wisata di kepulauan Bintan ini. Untuk sampai ke sini Anda harus menempuh perjalanan sekitar 80 km dari Tanjung Pinang. Selain memang pantainya yang indah, hal unik lainnya yang bisa Anda temui di sini adalah saat air surut adalah tradisi berkarang. Masyarakat di sini akan bersama-sama mencari hewan-hewan laut seperti gingging, teripang, kerang dan juga siput laut. Kegiatan ini menjadi salah satu tradisi dari masyarakat Bintan yang ada di sini.

Bintan Mangrove

bintan-mangrove-tour-09026

Sensasi berjalan-jalan seperti di pedalaman hutan Amazon bisa Anda rasakan juga  di Bintan Mangrove. Tempat wisata di Kepulauan Bintan ini  membelah kawasan Kampung Lagoi. Untuk bisa masuk kawasan hutan mangrove di Pulau Bintan ini, Anda tidak bisa sembarangan. RedTraveler harus melalui pemandu wisata terlebih dahulu untuk bisa berkeliling di sini. Anda bisa menyusuri hutan mangrove ini dengan menggunakan perahu selama kurang lebih satu jam. Selama perjalanan Anda bisa melihat keindahan alam Bintan Mangrove yang terbagi menjadi tiga zona yaitu asin, payau dan tawar. Ketiganya memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing.

Danau Biru

danaubirusunset2

Bintan tidak hanya menyimpan keindahan pantai saja. Tempat wisata di Kepulauan Bintan ini juga memiliki Danau Biru yang sangat indah. Danau Biru merupakan salah satu tempat wisata yang dulunya digunakan sebagai galian tambang. Warna biru dari danau  disebabkan karena dalamnya danau ini. Datanglah ke tempat wisata di Kepulauan Bintan ini saat cuaca sedang cerah karena saat itu Anda akan melihat danau memancarkan warna biru cerah. Anda tidak perlu membayar untuk masuk ke tempat wisata di sini. Hingga sekarang lokasi ini pun masih aktif digunakan sebagai tempat penambangan pasir.

Lagoi

lagoi 2

Satu lagi pantai indah yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Bintan adalah Lagoi. Pantai yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan keheningan dan jauh dari pusat kota. Dengan keindahannya, pantai Lagoi menjadi salah satu pantai kebanggaan warga Bintan. Keindahan tempat wisata di Kepulauan Bintan ini bahkan bisa disamakan dengan pantai di Pulau Bali, Lombok atau pun Banyuwangi. Lokasinya yang tidak jauh dari Singapura menyebabkan objek wisata ini tidak hanya banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal saja tetapi juga wisatawan asing. Selama di sini Anda bisa melakukan banyak kegiatan seperti berenang, menyelam, snorkeling hingga berjemur di atas pasir putihnya.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Kepulauan Bintan yang bisa Anda kunjungi. Apa Anda punya pengalaman unik saat berkunjung ke sini? Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Bogor, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Solo dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s