Tidak berlebihan sepertinya kalau Indonesia disebut sebagai salah satu surga dunia. Diluar tempat wisata populer yang sudah mendunia seperti Bali hingga Raja Ampat, Indonesia juga menyimpan banyak keindahan alam tersembunyi lainnya. Hal inilah yang kemudian menjadikan Kementrian Pariwisata RI memasukan kategori Surga Tersembunyi Terpopuler sebagai salah satu nominasi mereka dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017. Dari voting yang dilakukan pun kemudian didapatkan sebanyakk 15 nominasi terpilih yang kemudian dinilai kembali. Untuk lebih jelasnya berikut nominasi Surga Tersembunyi di Indonesia versi pesona Indonesia.

Air Terjun Tumpak Sewu

coban-sewu-lumajang-jawa-timur-1080x758

Masuk ke dalam nominasi pertama dalam Anugerah Pesona indonesia untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler, tempat wisata yang satu ini memang layak disebut demikian. Keindahan tempat wisata ini bahkan disamakan dengan keindahan Air Terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat dan Kanada. Air Terjun Tumpak Sewu  sendiri tepat terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Ketinggian air terjun Tumpak Sewu yang ada di sini luar biasa tinggi yakni mencapai 120 m. Anda bisa melihat keindahan Air Terjun ini dari dua pos utama yaitu Pos Panorama dan lembah air terjun Tumpak Sewu. Di Pos Panorama RedTraveler bisa melihat keindahan air terjun dari ketinggian. Sementara dari lembah air Terjun Tumpak Sewu, Anda harus melewati jalur trekking terlebih dahulu dan melalui jalur yang terjal. RedTraveler hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

Desa Wisata Bantaragung

desa

Berikutnya ada Desa Wisata Bantaragung yang masuk ke dalam surga tersembunyi di Indonesia. Desa yang satu ini memiliki relief yang termasuk unik karena topografinya yang berbukit-bukit.  Topografi tersebut terbentuk karena desa ini memang masuk ke dalam lembah dan kawasan Gunung Ceremai. Anda bisa melihat Desa Wisata Bantaragung ini berubah menjadi hijau saat musim panen. Surga tersembunyi di Indonesia ini menjadi tujuan yang tepat untuk Anda yang menginginkan ketenangan dan relaksasi.

Wanawisata Budaya Mataram

Wanawisata-Mangunan-1

Kawasan Hutan Pinus memang menjadi salah satu tempat wisata yang cukup favorit dan populer sekarang ini. Inilah yang menjadikan Wanawisata Budaya Mataram masuk ke dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Jajaran pohon pinus yang menjulang tinggi dilengkapi dengan indahnya cahaya yang menerobos masuk melaui celah daun menjadikan lokasi ini spot yang cantik untuk berfoto. Dinamakan Budaya Mataram sendiri karena daerah ini memiliki sejarah Kerajaan Mataram. Dengan luas 29,4 Ha, Wanawisata Budaya Mataram hanya sebesar 10% dari luas hutan lindung yang ada di sini. Wisatawan pun bisa dengan bebas berkeliling di kawasan hutan lindung ini.

Kawasan Mandeh

kawasan-mandeh

Sumatera Barat juga punya tempat wisata kebanggaan yang masih asri yaitu Kawasan Mandeh. Salah satu surga tersembunyi di Indonesia ini merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari Pulau Traju, Sironjong Kecil, Pulau Setan, Pulau Cubadak  Pulau Marak, Pulau Pagang, Pulau Bintangor,  Sikuai dan Sironjong Besar. Untuk sampai ke kawasan ini Anda bisa menempuh perjalanan dari Kota padang yang berjarak 56 km. Di Kawasan Mandeh Anda bisa melakukan banyak kegiatan seru mulai dari snorkeling, scuba diving, terjun payung, banana boat dan memancing. Keindahan kepulauan ini bahkan disamakan dengan keindahan tempat wisata Raja Ampat, hanya saja tempat ini masih jarang dikunjungi oleh banyak orang.

Pulau Nikoi

Nikoi-top-view2-960x960

Nikoi sendiri merupakan sebuah pulau pribadi seluas 15 hektar yang terletak tidak jauh dari pulau Bintan. Tidak hanya wisatawan dalam negeri saja yang berkunjung ke Pulau Nikoi, lokasinya yang berdekatan dengan negara Singpura pun menyebabkan banyak wisatawan asing datang ke sini. Keunggulan dari tempat wisata ini terdapat dari pantainya yang masih bersih dan bebas dari polusi. Tidak hanya pemandangan di pantainya saja yang menakjubkan, berada di atas ketinggia 30 mdpl, Anda juga bisa melihat hijaunya hutan yang menjadi tempat tinggal bagi burung lokal di sana.  Menarik sekali bukan?

Pulau Dodola

dodola

Berpindah agak sedikit jauh ke kawasan Maluku Utara, Anda akan menemukan surga tersembunyi di Indonesia berikutnya, Pulau Dodola. Tempat wisata yang satu ini masuk ke dalam wilayah Morotai. Uniknya, pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni. Untuk sampai ke sini Anda bisa menggunakan speed boat dari Tobelo yang hanya memakan waktu sekitar 20 menit saja. Tunggulah saat air sedang surut, maka Anda bisa melihat adanya jembatan yang terbentuk dari pasir putih di pantai ini. Hal yang perlu diingat juga saat RedTraveler ke sini adalah jangan lupa untuk menyelam dan melihat keindahan bawah laut yang ada dan juga puing-puing kapal dan pesawat perang yang karam sisa Perang Dunia ke-2.

Itulah beberapa informasi mengenai Surga Tersembunyi di Indonesia versi dari Pesona Indonesia. Kalau RedTraveler tertarik untuk berkunjung ke mana? Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s