Skip to content

Tempat Wisata di Sukabumi yang Sejuk dan Memanjakan Mata

Selain Bandung atau Puncak, kawasan Sukabumi Jawa Barat juga menyimpan banyak tempat wisata menarik yang bisa RedTraveler kunjungi. Mulai dari sungai,danau, gunung, hingga air terjun bisa menjadi tempat wisata alam menarik yang bisa Anda kunjungi. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta mungkin juga menjadi alternatif bagi wisatawan yang tidak ingin berlibur jauh-jauh. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Sukabumi yang bisa Anda kunjungi.

Pantai Cimaja

pantai cimaja

Sukabumi memiliki beberapa pantai indah yang bisa Anda kunjungi, salah satunya Pantai Cimaja. Objek wisata di Sukabumi ini termasuk baru dan belum banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Lokasi Pantai Cimaja sendiri juga termasuk mudah untuk dijangkau karena hanya berjarak sekitar 10 km saja dari Pelabuhan Ratu. Selain pemandangannya yang indah, tempat wisata di Sukabumi ini juga memiliki ombak yang besar. Jadi, untuk Anda yang punya hobi berselancar bisa berkunjung ke sini untuk surfing. Pantai ini bahkan sering dijadikan lokasi untuk perlombaan surfing skala Nasional. Jadi, jangan lewatkan berkunjung ke Pantai Cimaja saat berlibur ke Sukabumi.

Sungai Citarik

sungai citarik

Untuk RedTraveler yang ingin seru-seruan bisa mencoba rafting atau berarum jeram di Sungai Citarik. Tempat wisata di Sukabumi yang bermuara di Pelabuhan Ratu ini memiliki panjang 44 km. Sebenarnya, ada banyak sungai di Sukabumi, tetapi Sungai Citarik merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer. Sungai Citarik bahkan sudah mendapatkan sertifikasi dan memenuhi standar dari Federasi Arung Jeram Internasional atau International Rating Federation (IRF). Untuk Anda yang belum pernah mencoba olah raga arung jeram jangan khawatir karena ada jalur khusus pemula yang diperuntukan untuk Anda dan pemandu yang siap untuk mendampingi selama rafting.

Pantai Ujung Genteng

pantai ujung genteng

Selain Pantai Cimaja, ada pantai indah lainnya yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di Sukabumi yaitu Pantai Ujung Genteng. Pantai yang satu ini berbatasan dengan samudera hindia dan masuk dalam semenanjung barat daya Pulau Jawa. Tempat wisata di Sukabumi ini juga terkenal sebagai pantai dengan air laut yang jernih. Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 200 km saja dari Jakarta menjadikan tempat wisata ini pilihan untuk RedTraveler yang ingin shorttrip saja. Selain menikmati keindahan pemandangan pinggir pantainya, Anda juga bisa mengunjungi penangkaran penyu hijau di sini. Penangkaran ini biasanya dibuka pada pagi dan siang hari. Sedangakan, pada malam hari penangkaran ini dijaga ketat oleh petugas dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Situ Gunung Sukabumi

situ gunung sukabumi

Berada di ketinggian 850 mdpl, Situ Gunung Sukabumi masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tidak heran mengapa dari lokasi ini Anda bisa melihat pemandangan indah dan segarnya udara dari kawasan pegunungan. Di Situ Gunung, RedTraveler bisa berpiknik dan bersantai dipinggir danau sambil menikmati panorama alam yang ada. Wisatawan yang datang juga diperbolehkan untuk mendirikan tenda di sepanjang Situ Gunung Sukabumi ini. Jika bosan dudu-duduk di pinggir situ, Anda bisa berkeliling dengan menggunakan perahu kayu.

Situ Sukarame

situ sukarame

Selain Situ Gunung, tempat wisata di Sukabumi lainnya yang bisa RedTraveler kunjungi adalah Situ Sukarame. Danau alami satu ini berada di kaki Gunung Salak dan dilengkapi dengan pemandangan indah dari perkebunan teh PT. Perkebunan Teh Nusantara VIII. Dengan lokasi tersebut, RedTraveler bisa menikmati segarnya udara dan air yang ada. Meski dinamakan Sukarame, situ yang satu ini terasa sangat tenang karena jauh dari keramaian dan pemukiman penduduk.

Curug Cikaso

Sejarah-Curug-Cikaso

Selain pantai dan juga Situ, curug juga menjadi salah satu objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di Sukabumi. Salah satu objek wisata curug yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Cikaso. Tempat wisata di Sukabumi yang satu ini termasuk unik karena memiliki tiga titik air terjun. Dibawah air terjunnya Anda bisa berenang dan mandi di kolam yang berwarna hijau kebiru-biruan. Tetapi, Anda harus tetap berhati-hati karena kolam di curug ini cukup dalam yaitu mencapai 15 m. Sedangakan, Curug Cikaso memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar sekitar 100 m.

Goa Binayu

Goa-Buniayu-Menelusuri-Keindahan-Perut-Bumi-Sukabumi2

Anda yang ingin mencoba serunya berpetualang di dalam perut bumi bisa berkunjung ke Goa Binayu. Di dalam Goa RedTraveler akan melihat indahnya ornamen-ornamen yang terbentuk dari rangkaian staklakmit dan stalaktit yang terbentuk selama puluhan bahkan jutaan tahun. Inilah mengapa goa ini dinamakan Buniayu yang berarti kecantikan yang tersembunyi. Uniknya, Goa Binayu dulu pernah digunakan sebagai lokasi syuting film “Si Buta dari Gua Hantu”. Mungkin ini juga yang sering membuat tempat wisata di Sukabumi ini disebut sebagai gua siluman. RedTraveler bisa menulusuri gua dari dua jalur yaitu goamint dan goamint khusus. Pada trek goamint Anda akan dihadapkan dengan jalur yang cenderung mudah dan pemandangan stalakmit dan stalaktit yang indah. Sedangkan, di Goamint khusus, Anda akan menelusuri goa selama 4 jam dengan melewati jalur yang berlumpur, berbatu hingga melewati sungai.

Jadi, itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Sukabumi. Kalau tempat wisata favorit RedTraveler di Sukabumi sendiri yang mana? Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: