Skip to content

Oleh-Oleh Khas Bandung yang Unik dan Lezat

Jika Anda sedang berlibur ke Bandung, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh. Kota kembang satu ini memang terkenal sebagai salah satu tujuan wisata kuliner yang populer. Mulai dari makanan tradisional hingga modern bisa Anda temukan di kota wisata satu ini. Nah, jadi akan sangat pas sekali kalau RedTraveler membawa pulang oleh-oleh berupa makanan. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda bawa pulang.

Pisang Bollen Kartika Sari

featured

Kartika Sari memang sudah menjadi salah satu toko kue yang cukup legend di Bandung. Banyak wisatawan yang membeli oleh-oleh atau sekedar ingin mencicipi kue lezat yang ada di toko ini. Salah satu kue yang cukup favorit dan banyak dibeli di Kartika Sari adalah Pisang Bollen. Kue ini sendiri merupakan sajian pisang dengan balutan roti lembut khas pastry. Ada berbagai macam varian rasa dari oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda temukan di Kartika Sari seperti keju, cokelat hingga durian. Anda yang ingin membeli pisang bollen ini sebagai oleh-oleh bisa langsung datang ke cabang Kartika Sari yang ada di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebni Kawung.

Picnic Roll Prima Rasa

piknik rol

Berikutnya, ada Picnic Roll dari Prima Rasa yang bisa Anda jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Bandung. Makanan yang satu ini termasuk unik karena hanya akan Anda temukan di Bandung. Picnic Roll  merupakan olahan daging cincang yang sudah dibumbui dan dicampur bersama dengan telur rebus dan kemudian dipanggang hingga kecokelatan. Jika Anda tidak suka dengan daging sapi, Picnic Roll ini juga tersaji dengan pilihan rasa lainnya seperti ayam. Untuk rasa jangan ditanya lagi, Prima Rasa menjadi salah satu toko kue yang terkenal dengan kualitas produknya. Bagaimana tertarik untuk membeli Picnic Roll?

Gepuk Nyonya Ong

Gepuk-Nyonya-Ong

Oleh-oleh khas Bandung lainnya yang bisa Anda beli adalah Gepuk Nyonya Ong. Makanan   ini merupakan olahan dari daging sapi dan ayam yang digeprek dan dirangkai dengan tusuk sate sehingga bentuknya akan tetap utuh. Inilah mengapa makanan ini juga sering disebut sebagai empal karena bentuknya tersebut. Ada berbagai macam varian rasa yang bisa Anda pilih untuk Gepuk ini diantaranya beef original, beef extra pedas, beef salty, beef less sugar, chiken spicy dan chiken original. Gepuk Nyonya Ong ini bisa Anda makan langsung atau Anda santap dengan nasi putih hangat. RedTraveler bisa membeli gepuk ini di tokonya yang berlokasi di Dr. Djunjunan 155E.

Surabi Bandung

surabi

Kalau Anda ke Bandung jangan sampai lupa untuk mencicipi kue Surabi. Selain dimakan langsung kue yang satu ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh. Mungkin dulu Anda sering menemukan surabi dalam bentuk konvensional yang dimakan dengan menggunakan gula merah, tetapi, berkat inovasi kini, Surabi memiliki banyak varian rasa.  Ada berbagai macam rasa yang bisa Anda coba mulai dari keju, cokelat, stroberti, daging kornet, sosis, blognaise dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menemukan dengan mudah makanan tradisional khas Bandung ini di berbagai tempat.

Peyeum Bandung

peuyeum11

Peyeum atau tape juga menjadi salah satu kuliner tradisional Bandung yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Untuk RedTraveler yang belum mengetahui apa peyeum atau tape ini merupakan makanan olahan fermentasi dari singkong. Dari proses peragian akhirnya singkong ini berubah tekstur menjadi lebih lembut yang kemudian disebut sebagai tape. Awal dari pembuatan peyeum atau tape sendiri karena surplusnya jumlah singkong yang ada di daerah ini. Kemudian, warga pun akhirnya mengolah singkong- singkong tersebut menjadi berbagai macam olahan makanan diantaranya tape. RedTraveler bisa menemukan tape di berbagai tempat mulai dari toko oleh-oleh hingga pusat perbelanjaan.

Batagor Bandung

batagor

Makanan tradisional lainnya yang cukup populer di Bandung adalah Batagor. Oleh-oleh khas Bandung ini merupakan olahan tepung kanji yang dicampur dengan ikan, udang atau daging ayam yang kemudian dibungkus dengan pangsit dan tahu untuk kemudian digoreng. Ada beberapa tempat di Bandung yang terkenal menjual batagor enak diantaranya Batagor Kingsley, Batagor H. Darto, Batagor Serayu, Batagor Abuy hingga Batagor Riri. Harga Batagor di Bandung juga sangat bervariasi mulai Rp. 5.000 per buahnya hingga Rp. 10.000. Cukup terjangkau bukan dan pastinya Batagor cukup awet untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Brownies Kukus Amanda

Brownies Kukus Coklat

Tidak hanya kudapan gurih seperti Batagor yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Brownies Kukus Amanda juga cukup RedDoorz rekomendasikan. Oleh-oleh khas Bandung ini merupakan salah satu inovasi dari brownies panggang. Berbeda dengan brownies panggang yang cenderung renyah diluar dan lembut di dalam, brownies kukus memiliki tekstur mirip dengan bolu. Ada berbagai macam varian rasa yang bisa Anda coba dari Brownies Kukus Amanda ini seperti blue berry, cheese cream, sarikaya pandan, choco marble, banana bizz hingga tiramisu. Dari semua rasa tersebut, cokelat dan cheese cream memang menjadi favorit dan paling banyak digemari.

Oncom Raos

oncom1

Oncom juga menjadi salah satu makanan olahan yang cukup banyak digemari di Bandung. Inilah mengapa RedDoorz juga merekomendasikan Oncom Raos untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Makanan yang satu ini dijual dalam bentuk mentah untuk nantinya Anda goreng untuk dinikmati. Rasa Oncom Raos ini mirip dengan tempe goreng yang dibalut dengan tepung. Di Bandung Anda bisa menemukan olahan oncom ini di Jalan Cihampelas 91 B dengan nama yang sama yakni Oncom Raos.

Kalau oleh-oleh khas Bandung RedTraveler sendiri apa? Untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: