Liburan panjang masih berlangsung hingga akhir pekan depan. Apa RedTraveler sudah memiliki rencana untuk liburan panjang akhir tahun ini? Jika belum, nampaknya Kebun Raya Bogor bisa menjadi salah satu tempat wisata yang seru untuk akhir pekan Anda di akhir tahun ini. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta juga sangat  menjadikan lokasi wisata ini sangat strategis. Anda juga bisa membawa keluarga berserta anak-anak Anda  sebagai wisata edukasi. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata Kebun Raya Bogor.

Tentang Kebun Raya Bogor

kebun raya bogor

Kebun raya Bogor sendiri merupakan sebuah kebun botani besar yang memiliki luas sekitar 87 hektar dan 15.000 ribu jenis pohon dan tumbuhan. Jadi, bisa dikatakan kalau kebun raya ini merupakan bagian dari samida yang merupakan hutan buatan atau taman buatan yang telah dibangun pada saat pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari Kerajaan Sunda. Awalnya hutan buatan ini digunakan untuk keperluan pelestarian benih kayu langka.

Setelahnya, pada masa kolonial Belanda, tempat wisata ini pun kemudian dijaikan tempat peristirahatan oleh Gubernur Jendral van der Capellen. Pada tahun 1800an pun Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles yang tertarik dengan bidang botani pun mengembangkan halaman Istana Bogor yang ia tinggali menjadi sebuah kebun yang cantik. Dalam membangun kebun ini, Thomas Raffles tidak sendirian dia dibantu oleh W. Kent, ahli botani yang juga membangun Kew Garden. Jadilah istana bogor disulap menjadi sebuah taman bergaya inggris klasik.

Berdirinya Kebun Raya ini pun kemudian digagas oleh seorang ahli biologi bernama Abner yang mengusulkannya pada Gubernur Jendral G.A.G.Ph. van der Capellen. Ia mengungkapkan kalau dirinya ingin meminta sebidang tanah untuk dijadikan kebun tumbuhan yang akan digunakan sebagai koleksi tumbuhan dan tempat pendidikan guru. Setelahnya kebun ini pun dikenal  dengan Buitenzorg.

Monumen Lady Raffles
monumen Ada alasan sentimental dari didirikannya Monumen Lady Raffles ini. Pertama, nama Lady Raffles ini diambil dari nama istri pertama  Sir Thomas Raffles yang bernama Olivia Mariamne Devenish. Saat itu, Olivia menikahi Sir Thomas Raffles saat ia sedang menjabat menjadi seorang gubernur. Inilah mengapa ia dipanggil dengan sebutan Lady atau wanita yang dihormati dikalangan Belanda saat itu. Lady Raffles tidak hanya menjadi seorang istri dari Gubernur, ia juga ikut berperan dalam reformasi sosial di pulau Jawa.  Pemikiran dan perannya inilah yang menjadikan Raffles akhirnnya mendirikan sebuah monument di Kebun Raya Bogor untuk mengenang mendiang istrinya tersebut.

Laboratorium Botani Treub

treub

Di dalam tempat wisata  ini Anda akan menemukan sebuah Laboratorium Botani bernama Laboratorium Treub. Pada tahun 1884 laboratorium ini difungsikan sebagai penelitian tumbuhan tropis oleh Melchior Terub yang terdiri dari berbagai macam laboratorium seperti Laboratorium molekuler, Laboratorium Anatomi Morfologi, Laboratorium Konservasi Biji, laboratorium Ekologi Konservasi dan Paranet dan Rumah Kaca.

Penamaan Bunga Bangkai

bunga rafles

Bunga bangkai atau yang memiliki nama latin Amorphophalus Titanum Becc mulai ditanam pada tahun 1992. Tanaman langka ini berasal dari Muara Aimat Jami dengan berat umbi sebesar 100 kg. Dua tahun kemudian pun bunga ini tumbuh besar mencapai  1 meter. Setelahnya, bunga ini kemudian dilindungi dan dikembangbiakan menjadi salah satu tanaman langka. Dari sekitar 220 jenis bunga bangkai yang tersebar di seluruh dunia, kebun raya bogor memiliki 26 jenis. Di tempat asalnya Anda bisa menemukan bunga ini di hutan-hutan di pulau Sumatera seperti Aceh dan Lampung.

Museum Zoology

zoology

Kebun Raya Bogor juga menyimpan berbagai macam tumbuhan dan fauna untuk  kebutuhan edukasi. MuseumZoology  dirikan oleh J. C. Koningsberger yang merupakan ahli botani dari Jerman. Di dalam museum ini Anda bisa menemukan kerangka binatang yang diawetkan seperti halnya serangga, ikan, burung dan lain-lain. Sebagian koleksi yang ada di museum zoology sebagian besar berasal dari Indonesia dan Jepang. Untuk sampai ke museum  ini Anda bisa menyusuri jalan yang letaknya berada di gedung laboratorium Treub dan Nusa Indah guest house.

 Tugu Reinwarwardt

tugu rein

Salah satu spot spesial di Kebun Raya Bogor ini merupakan bagian dari bentuk penghormatan kepada Gubernur Jendral Godert alexander Gerard Philip van der capellen. Beliau merupakan ahli botani dan kimia asal Jerman yang diangkat menjadi menteri Bidang Pertanian, Seni dan Ilmu Pengetahuan di Jawa. ia lah yang pertama kali memberikan gagasan untuk mendirikan Kebun Raya Bogor. Jendral Godert jugalah yang menambahkan koleksi tanaman yang ada di sini hingga 900 tanaman.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata Kebun Raya Bogor. Bagaimana menarik sekali bukan? Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s