Skip to content

Tebing Keraton Bandung yang Sajikan Pemandangan Cantik

Jalan-jalan ke Bandung sempatkan diri Anda untuk mengunjungi tempat wisata Tebing Keraton Bandung. Tempat wisata di Bandung ini memiliki pemandangan yang luar biasa cantik. Lokasinya yang terletak di pegunungan dan perbukitan membuat Anda bisa melihat keindahan pemandangan hutan pinus yang ditutupi oleh kabut dari atas ketinggian. Tidak heran kalau tempat wisata yang satu ini cukup populer di kalangan muda yang suka berfoto atau fotografi. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoor akan bahas mengenai tempat wisata Tebing Keraton Bandung.

Sejarah Tebing Keraton 

tebing keraton

Tebing Keraton sendiri menyajikan hamparan jalur patahan Lembang yang rindah dengan pepohonan dan memiliki kabut tebal. Awalnya tempat wisata ini diketahui oleh kawanan sepeda yang biasa berkunjung ke Bandung. Namun, sejak banyaknya  orang-orang yang memposting foto indahnya pemandangan yang ada di sini, Tebing Keraton pun sekarang  semakin terkenal. Dari semua tebing atau karang,  ada satu karang yang disebut sebagai Karang Jontor karena posisinya yang lebih menjorok dibandingkan dengan yang lainnya.

Moment terbaik untuk berkunjung ke Tebing Keraton adalah saat matahari terbit dan matahari terbenam. Anda bisa melihat keindahan cahaya matahari yang berubah warna menjadi keemasan setelah gelapnya matahari pagi. Sedangkan, pada saat sore hari Anda akan melihat indahnya siluet yang terbentuk dari matahari sore yang tercipta dari jajaran perbukitan Gunung Tangkuban Perahu.

Dari sini anda akan bisa melihat keindahan kota Lembang secara keseluruhan. Bentuknya yang merupakan perbukitan dilengkapi dengan keindahan Air Terjun Maribaya.

Kegiatan Seru di Tebing Keraton

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda dan keluarga lakukan saat berkunjung ke Tebing Keraton mulai dari bersantai, berfoto, melihat matahari terbenam dan matahari terbit :

Melihat Mahatari Terbit

matahari terbit

Bila mungkin Bromo terlalu jauh untuk Anda jangkau dari Jakarta, Tebing Keraton menjadi salah satu tujuan destinasi yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin melihat matahari terbit. Tetapi, memang karena tempat wisata ini tergolong masih baru, jadi prasarana yang ada di sini pun masih tergolong minim. Anda yang datang ke sini pada saat subuh harus berhati-hati karena penerangan yang ada di sini masih kurang. Selain itu, kondisi tebing pun cukup curam sehingga sebaiknya Anda menggunakan alas kaki yang tepat seperti halnya sandal gunung atau sepatu.

Melihat  Matahari Terbenam

matahari terbenm

Selain menikmati indahnya matahari terbit Anda juga bisa melihat cantiknya matahari terbenam. Anda yang tertarik untuk melihat pemandangan matahari terbenam di sini lebih baik datang dari siang atau jangan terlalu sore. Hal ini karena pada saat tersebut Tebing Keraton Bandung akan dipadati oleh wisatawan yang ingin melihat pemandangan yang sama. Di tempat wisata Bandung ini Anda bisa menggunakan bangku yang tersedia untuk duduk-duduk sambil menunggu sore tiba. Posisi Tebing Keraton Bandung yang tinggi menjadikan pemandangan yang ada di sini tidak terhalang sama sekali dengan apa pun.

Fotografi di Tebing Keraton

Tebing Keraton, The Instagram Hill

Topografi yang menarik dan pemandangan yang indah menjadikan tempat wisata ini cukup instaworthy. Bawa perlengkapan fotografi Anda mulai dari kamera, tripod hingga foto dari kamera smart phone.  Anda bisa menjadikan pemandangan yang ada di sini menjadi latar foto Anda atau pun objek utama dari foto Anda tersebut.

Bersantai Dengan Keluarga dan Teman

tebing-2b

Anda, keluarga atau teman  juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada di sini. Seperti yang disinggung di atas kalau tempat wisata ini disediakan bangku untuk para wisatawan sekedar duduk-duduk. Anda bisa menyediakan camilan sambil bersantai dan menikmati pemandangan yang ada.

Tiket Masuk ke Tebing Keraton

tebing-keraton-dago-bandung

Untuk bisa masuk ke dalam tempat wisata ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 11.000 per orangnya. Sedangkan, saat Anda membawa kendaraan Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 3.000 hingga Rp. 5.000 sesuai dengan kendaraan yang Anda bawa. Biaya retribusi yang diperoleh ini nantinya akan digunakan sebagai perbaikan prasarana tempat wisata yang ada di sini.

Rute ke Tebing Keraton

tebing keraton 3

Anda bisa mencapai lokasi Tebing Keraton Bandung ini dengan menuju ke pusat kota Bandung terlebih dahulu untuk nantinya sampai ke Dago Pakar. Setelahnya Anda tinggal menuju  Taman Hutan Raya Djuanda. Dari sana Anda bisa langsung menuju ke lokasi Tebing Keraton Bandung. Perjalanan dari bawah menuju ke puncak tebing cukup sulit karena medannya yang berbatu dan berlumpur. Inilah mengapa para wisatawan tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor untuk menjangkau puncak tebing ini karena cukup berbahaya. Selain itu, Anda disarankan juga untuk menggunakan jasa pemandu wisata saat melewati jalur ini pada malam haria agar jalur yang dilalui lebih aman.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Tebing Keraton. Apa Anda pernah mengunjungi Tebing Keraton Bandung sebelumnya. Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: