Tidak dipunkiri lagi memang kalau daerah Jawa Barat memiliki keindahan alam yang luar biasa. Mungkin selama ini yang banyak wisatawan tahu hanya Bandunglah yang menjadi lokasi favorit untuk berlibur. Tetapi, sebenarnya banyak daerah lain di kawasan Jawa Barat juga yang tidak kalah menarik dan menyimpan keindahan tersendiri seperti halnya Majalengka. Kawasan yang satu ini mungkin lebih sering dikenal karena masuk ke dalam jalur pantura. Lebih dari sekedar daerah yang dilalui para pelancong yang ingin pergi ke jawa tengah atau Jawa Timur, Majalengka menjadi menyimpan banyak tempat wisata menarik dengan panorama alam yang indah. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Majalengka yang bisa RedTraveler kunjungi.

Gunung Ceremai

gunung-ciremai_1024x768

Dari semua lokasi wisata yang ada di Majalengka mungkin Gunung Ceremai menjadi salah satu yang paling populer.  Untuk Anda yang suka dengan kegiatan hiking atau mendaki gunung, Tempat wisata di Majalengka ini juga bisa menjadi pilihan menarik. Gunung di kawasan Jawa Barat memiliki ketinggian sekitar 3.076 mdpl dan ditetapkan pemerintah daerah setempat sebagai Taman nasional Gunung Ceremai. Secara administratif, Gunung Ceremai masuk ke dalam 3 kabupaten yaitu Majalengka, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Untuk masuk ke kawasan wisata ini Anda akan dikenakan biaya masuk yang relatif terjangkau yakni hanya Rp 6500 per orangnya.

Goa Lalay

goa lalay

Dinamakan Lalay bukan berarti goa yang satu ini tidak layak untuk Anda kunjungi. Tempat wisata di Majalengka yang satu ini dikenal juga sebagai green canyon. Di sini Anda akan melihat keindahan goa alami dengan air tejun mini dan kolam kehijauan di dalamnya. Indahnya lagi goa yang satu ini mendapat penerangan dari dalam celah-celah bebatuan yang membuatnya semakin terlihat indah dan eksotis. Lokasi dari Lalay sendiri tidak jauh dari Curug Cimaja. Perlu diingat untuk mengakses lokasi wisata ini Anda harus ekstra berhati-hati karena jalan setapaknya terdapat jurang-jurang yang cukup dalam. Di kalangan para pecinta alam, Goa Lalay sudah cukup terkenal. RedTraveler juga sampai ketinggalan untuk berkunjung ke tempat wisata di Majalengka.

Perkebunan The Cipasung

cipasung

Selain pegunungan dan goa, kawasan Majalengka juga dihiasi oleh keindahan topografi dari perkebunan teh. Anda yang ingin mencari lokasi wisata yang sejuk dan penuh dengan ketenangan bisa datang ke Perkebunan The Cipasung ini. Berkunjung ke sini mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan hamparan hijau perkebunan teh yang  memiliki luas 58 hektar Anda bisa melihat pemandangan indah dari daerah Majalengka. Untuk sampai ke tempat wisata di Majalengka ini sendiri terletak di Desa Cipasung Kecamatan Lebahsugih. Untuk RedTraveler yang menumpuh perjalanan dari pusat kota bisa mencapai tempat wisata ini sekitar 50 km dari alun-alun.

Telaga Herang

wisata talaga herang majalengka

Telaga Herang juga tidak boleh ketinggalan untuk masuk ke dalam daftar tempat wisata di Majalengka yang harus Anda kunjungi. Lokasi wisata ini menjadi salah satu yang cukup favorit terutama untuk wisatawan lokal di kawasan Indramayu, Cirebon dan Kuningan. Telaga Herang sendiri merupakan sebuah objek wisata berupa danau jernih yang dilengkapi dengan beragai macam wahana  permainan air. Di danau ini juga terdapat banyak ikan, tetapi, ada larangan atau pantangan bagi siapa pun yang datang ke tempat wisata ini untuk tidak menangkap ikannya. Tempat wisata di Majalengka ini hanya berjarak sekitar 21 km dari pusat kota Majalengka. RedTraveler yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini tidak perlu khawatir karena Telaga Herang dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai seperti area parkir dan tempat makan.

Curug Muara Jaya

Curug-maja

Keindahan alam berikutnya yang bisa RedTraveler nikmati adalah Curug Muara Jaya. Air terjun yang memiliki ketinggian 73 km ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Aliran air dari Curug Muara Jaya ini sendiri berasal dari lereng Gunung Ceremai. Keindahan tempat wisata di Majalengka ini terasa cukup istimewa karena bentuk air terjunnya yang bertingkat. Selain itu, keindahan air terjun Muara Jaya juga dibingkai dengan rindangnya pepohonan yang ada di sekitar tempat wisata ini. RedTraveler bisa menikmati langsung sejuknya air terjun dengan mandi atau berenang di dalam kolamnnya. Namun, Anda juga bisa hanya sekedar duduk-duduk di pendopo yang telah disediakan.

Wisata Paralayang Gunung Panten

paralayang

Anda yang suka dengan olah raga ekstrem juga bisa mencoba serunya wisata paralayang Gunung Panten. Di sini Anda bisa melihat indahnya pemandangan dari kawasan Majalengka dari atas dengan menggunakan paralayang. Anda belum pernah mencoba olah raga ekstrem yang ini tidak perlu takut karena untuk menaiki wahana olah raga ini Anda akan didampingi oleh petugas professional. Wisata Paralayang Gunung Panten sendiri terletak di Desa Sidamukti, Kelurahan Munjul, Kecamatan Majalengka ini bisa Anda tempuh dari pusat kota  sekitar 7 km.

Jadi, itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Majalengka. Untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s