Skip to content

Festival Internasional di Negara Bebas Visa Sepanjang Tahun 2018

Setiap orang pasti memiliki goal sendiri setiap tahunnya, ada yang ingin memperbaiki diri, ada yg fokus terhadap karir, atau ada juga yang berkeinginan untuk mengunjungi berbagai Negara di dunia. Bagi traveler yang selalu haus akan tempat-tempat baru, biasanya di awal tahun ini pasti Anda sudah memiliki list berbagai Negara yang ingin dikunjungi. Tapi, pernahkan Anda terfikir untuk menyaksikan festival bertaraf internasional? Jika belum, cobalah untuk melihat berbagai daftar festival di Negara bebas visa yang RedDoorz tulis di artikel kali ini. Dijamin setelah membaca pasti RedTraveler jadi penasaran sama festival-festival tersebut. Yuk simak selengkapnya!

Januari: Ati-Atihan, Filipina

festival internasional 1

Mulailah tahun baru Anda dengan tontonan yang penuh warna yaitu Ati-Athan di Kalipo, Filipina. Festival ini merupakan festival budaya tentang cerita asal suku lokal dan sebuah ode religious kepada ‘Holy Child’ atau Santo Nino. Parade yang besar, kostum yang mengesankan, bola masquerade dan pesta jalanan yang semarak adalah sajian utam di festival ini! Acara ini digelar pada tanggal 12-21 Januari 2018.

Februari: Chinese New Year, Hong Kong

festival internasional 2

Puncak selebrasi Tahun Baru China di Hong Kong adalah pesta kembang api di Pelabuhan Victoria yang dipadukan dengan pertunjukan cahaya kelas dunia, The Symphony of Lights. Tempat terbaik untuk melihat kemeriahan ini adalah Tim Ma Park yang berada di tepi pantai, Avenue of Stars di sisi Kowloon di seberang Pulau Hong Kon, dan Victoria Peak dimana Anda dapat menyaksikan keseluruhan pertunjukan dari ketinggian yang berbeda. Acara ini digelar pada tanggal 16 Februari 2018.

Maret: Holi Festival, India

festival internasional 3

Festival ini digelar untuk memperingati kemenangan kebaikan atas kejahatan, yang ditandai oleh pembakaran dan penghancuran iblis bernama Holika. Di festival ini, orang-orang menghabiskan hari itu dengan mengoleksi bubuk berwarna di wajah masing-masing, saling melempar air berwarna, berpesta, dan menari di bawah penyiram air. Perayaan Holi tradisional terbesar digelar di Mathura dan Vrindavan, sekitar empat jam dari Delhi. Acara ini berlangsung pada tanggal 1-2 Maret 2018.

April: Songkran, Thailand

festival internasional 4

April adalah bulan “terpanas” di Thailand dan waktu dimulainya tahun baru dalam kalender Thailand serta perayaan Songkran yang sudah terkenal di seluruh dunia. Datanglah dengan senjata air dan pakaian renang karena Anda pasti akan basah! Songkran dirayakan di seluruh penjuru Thailand. Namun, untuk pengalaman terbaiknya, Anda dapat mengunjungi Koh Phangan dan bergabunglah dalam perkelahian air di siang hari di jalanan, lalu pergilah ke pantai untuk mengadakan pesta bulan purnama di malam harinya. Acara ini digelar pada tanggal 13-15 April 2018.

Mei: Boun Bang Fai Rocket Festival, Laos

festival internasional 5

Festival Roket boun Bang Fai menandai bulan keenam kalender lunar. Selama festival, roket akan ditembakkan ke udara untuk meminta dewa hujan membantu masa panen sehingga baik dan bebas dari kekeringan, banjir, atau hama. Secara tradisional, roket dibuat dengan memasukkan bubuk mesiu ke bamboo yang dihias. Namun sekarang, banyak bahan yang berbeda digunakan, termasuk perpipaan kaca atau logam. Untuk Anda yang ingin melihat festival ini, acara akan digelar sepanjang bulan Mei 2018.

 

Juni: Gawai Dayak Festival, Serawak

festival internasional 6

Acara yang akan diadakan pada tanggal 31 Mei-1 Juni 2018 ini merupakan festival keagamaan dan social yang diadakan di rumah-rumah panjang suku dataran rendah di Sarawak. Dalam Bahasa lokal, Gawai berarti ritual atau festival, sementara orang Dayak adalah nama untuk kelompok etnis asli Sarawak. Selama masa penting ini, keluarga berkumpul untuk perayaan unik yang berlangsung beberapa hari yang tak jarang menjadi tanggal pernikahan banyak pihak karena pada momen inilah semua anggota keluarga berkumpul di rumah leluhur mereka.

Juli: Singapore Food Festival, Singapura

festival internasional 7

STREAT adalah cara utama Singapore Food Festival. Anda bisa mencicipi berbaga hidangan favorit Singapura dan makanan dari belahan dunia lainnya. Untuk masuk ke STREAT, Anda hanya perlu membayar makanan yang dibeli. Ingin bernostalgia dengan makanan lama serta legendaris? ’50 Cents Fest’ di Chinatown Food Street dan ‘One Farrer’s Food Street’ adalah throwbacks untuk makanan Singapura dan makanan tradisional. Belum ada tanggal pasti untuk tahun 2018, namun biasanya digelar pada bulan Juli.

Agustus: Hungry Ghost Festival, Penang

festival internasional 8

Festival ini dirayakan dalam skala besar di Penang. Ada kepercayaan bahwa pada bulan ketujuh kalender Chena Gates of Hell dibuka untuk roh dan hantu dari dunia bawah untuk berkeliaran dengan bebas mencari makanan. Oleh karena itu, altar sementara dipasang di pinggir jalan dimana batang kayu raksasa dinyalakan dan makanan ditawarkan untuk menenangkan para hantu ini. Pertunjukan opera panggung dan pertunjukan wayang juga dilakukan di tempat hiburan para hantu, roh, dan masyarakat setiap malam. Acara ini digelar mulai tanggal 25 Agustus dan biasanya berlangsung selama 1 bulan.

September: Esala Perahera Tooth Festival, Sri Lanka

festival internasional 9

Kota Kandy adalah jantung Buddha Sri Lanka. Distrik ini juga berfungsi ganda sebagai pusat seni Negara, sehingga pertunjukan akrobat, nyanyian dan pertunjukan menantang kematian di Festival Gigi Esala Perahera adalah hal yang biasa. Puncak festival ini adalah parade gajah yang mengenakan kostum sutra dan lampu peri cantik. Legenda mengatakan bahwa festival ini pertama kali dimulai di abad ke-5 SM, ketika pengikut Buddha menemukan satu-satunya gigi di jenazahnya yang dikremasi. Mereka menyelundupkan gigi itu kembali ke Sri Lanka, lalu diarak di seluruh kota. Diperkirakan festival ini akan digelar pada akhir Agustus hingga awal September.

Oktober: Dashain Festival, Nepal

SANYO DIGITAL CAMERA

Di Nepal, Dashain adalah festival terpanjang dan paling terkenal di sepanjang tahun. Tidak heran jika banyak ekspatriat Nepal akan pulang untuk menikmati Festival di tanah air mereka. Orang-orang Nepal merayakan Dashain dengan pesta yang meriah. Saat festival, Anda bisa menghadiri banyak pameran kecil, bermain komedi putar dan beragam wahana lain, serta menikmati berbagai hiburan lainnya yang diadkan di desa-desa. Di kota-kota besar, seperti Kathmandi, Anda dapat menemukan pameran yang lebih besar dengan lebuh banyak pilihan. Festival ini diselenggarakan pada tanggal 16-21 Oktober 2018.

November: Meiji Shrine Autumn Festival, Tokyo

Japan New Year

Festival ini digelar untuk memperingati ulang tahun Kaisar Meji dan berlangsung di Kuil Meiji yang didedikasikan untuk roh Kaisar dan istrinya, Empress Shoken. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan lagu dan tarian Jepang, demonstrasi seni bela diri, pertandingan gulat sumo, pertunjukan puisi, panahan, menunggang kuda dan banyak lagi selama tiga hari di bulan November.

Desember: The Annual Angkor Photo Festival, Kamboja

festival internasional 12

Festival ini dumulai pada awal bulan Desember selama seminggu dan menampilkan lebih dari 1000 fotografer dalam serangkaian pameran indoor dan outdoor serta proyeksi slideshow malam. Festival ini merupakan acara fotografi terpanjang di Asia Tenggara dan tujuan dari acara ini adalah untuk memlihara dan mempromosikan bakat muda Asia dan mendorong perkembangan fotografi di wilayah ini. Semua acara terbuka untuk umum dan gratis.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai berbagai festival internasional yang ada di berbagai Negara sepanjang 2018. Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota di Indonesia, RedDoorz hadir di lebih dari 10 kota, seperti; Palembang, Bali, Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Lombok, Makasar, Manado, Medan dan Batam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: