Skip to content

Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Liburan

Jalan-jalan ke Jogja sepertinya belum lengkap kalau tidak membawa buah tangan untuk diberikan kepada keluarga dan teman terdekat. Di Jogja sendiri ada berbagai macam makanan hingga souvenir yang bisa Anda beli dan jadikan oleh-oleh. Untuk harganya sendiri Jogja juga dikenal sebagai kota dengan berbagai macam makanan dan barang-barang dengan harga yang terjangkau. Nah, agar RedTraveler tidak bingung hendak membeli apa saja saat ke Jogja berikut beberapa oleh-oleh khas Jogja yang RedDoorz rekomendasikan.

Yangko

Geplak-Bantul

 

Jogja memang identik dengan makananya yang serba manis. Ada satu makanan manis khas Jogja juga yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh yaitu Yangko. Makanan tradisional khas Jogja ini terbuat dari tepung ketan yang dibalut dengan tepung pada bagian luarnya. Untuk teksturnya sendiri Yangko cenderung kenyal dan sedikit lengket. Mungkin bila dibandingkan, oleh-oleh khas Jogja ini hampir sama dengan kue mochi yang berasal dari Jepang. Pada awalnya Yangko ini dibuat dengan rasa kacang dan gula, tetapi seiring perkembangan jaman, Yangko pun diinovasikan menjadi berbagai macam rasa seperti strawberry, durian, hingga melon. RedTraveler bisa dengan mudah menemukan Yangko ini diberbagai macam sentra oleh-oleh atau toko kue yang ada di Jogja.

Geplak

yangko

Oleh-olah khas Jogja selanjutnya yang bisa Anda bawa pulang adalah Geplak karena awet dan tahan lama. Makanan tradisional ini sendiri terbuat dari kelapa, gula dan dicampurkan dengan pewarna makanan sesuai dengan selera Anda. Inilah yang menjadikan Geplak   tersaji dengan warna yang mencolok seperti pink, hijau dan kuning. Rasanya juga sangat bervariasi mulai dari nangka, durian, vanilla hingga cokelat. RedTraveler bisa dengan mudah menemukan Geplak  di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Jogja. Tetapi, ada satu tempat yang cukup legendaris di Jogja yang bisa Anda kunjungi untuk membeli geplak yaitu Geplak Mbok Tumuk Bantul.

Cokelat Monggo

cokelat-monggo-yogyakarta

Berikutnya, RedTraveler bisa membeli Cokelat Monggo untuk Anda jadikan oleh-oleh. Oleh-oleh khas Jogja ini mungkin menjadi salah satu oleh-oleh kekinian yang bisa Anda beli di Jogja. Indonesia harus berbangga karena Cokelat Monggo merupakan 100%  produksi asli Indonesia. RedTraveler yang sedang dalam program diet pun bisa mencoba dark chocolate di Cokelat Monggo ini yang memiliki kandungan 69% kakao sehingga memiliki kadar lemak yang rendah. Uniknya lagi, Cokelat monggo juga memiliki banyak varian rasa yang beraneka ragam seperti buah-buahan, White Chocolate, Marzipan, Caramello, Rendang hingga Red Chilli. Cokelat Monggo juga dikemas dalam kertas daur ulang bersertifikat FSC yang pastinya ramah lingkungan. Untuk harganya sendiri juga sangat bervariasi yaitu mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 29.000. Sangat terjangkau bukan?

Bakpia

bakpia-pathok1

Mungkin bisa dibilang kalau Bakpia adalah salah satu oleh-oleh yang paling terkenal di Jogja. Makanan yang satu ini terbuat dari tepung yang kemudian dipanggang dengan berbagai macam isian. Biasanya Bakpia memiliki isian berupa kacang hijau. Tetapi, sekarang bakpia tersaji dalam berbagai macam rasa mulai dari keju, cokelat hingga green tea. Di beberapa wilayah lain juga ada beberapa kue mirip dengan bakpia yang disebut dengan pia atau kue pia. Tetapi Bakpia khas Jogja cenderung lebih kecil dibandingkan dengan kue pia yang lainnya. Dari semua bakpia yang ada di Jogja Bakpia pathuk 75 menjadi salah satu yang paling terkenal dan paling laris.

Tasuba (Tahu Susu Bakso)

tahu susu

Sebenarnya Tahu Susu Bakso lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas Semarang, tetapi Jogja juga punya Tahu Susu Bakso yang tidak kalah enak. Dibandingkan dengan tahu lainnya, Tasuba memiliki tekstur yang lebih tebal dan lembut. Anda tidak perlu khawatir karena Tasuba ini biasanya diproduksi dengan higienis.  Meski tidak menggunakan bahan pengawet, Tasuba  bisa tahan lama hingga 6 bulan. Agar rasanya tetap terjaga ada baiknya RedTraveler menyimpan Tasuba ini di dalam lemari pedingin. Harga satu kotak Tasuba termasuk terjangkau yaitu hanya Rp 32.000 saja dengan isi 5 hingga 10 tahu.

Belalang Goreng

belalang-goreng-kemasan-toples3

Jika RedTraveler ingin mencoba makanan yang sedikit unik bahkan cenderung ekstrem, Belalang Goreng mungkin bisa menjadi jawabannya. Bentuk belalang goreng memang agak sedikit menakutkan karena saat digoreng bentuknya masih utuh. Tetapi, tahukah Anda kalau oleh-oleh Khas Jogja ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Warga di kawasan Gunung Kidul biasanya menjadikan belalang goreng ini sebagai lauk makanan mereka sehari-hari dengan nasi. Belalang Goreng bisa Anda temukan dengan mudah di kios-kios kecil di kawasan Gunung Kidul.

Kripik Belut

Keripik-Belut-min

Selanjutnya oleh-oleh khas Jogja yang cukup RedDoorz rekomendasikan adalah kripik belut. Makanan tradisional yang satu ini merupakan kudapan tradisional dari kawasan Godean Jogja. Kripik Belut sudah diproduksi di daerah ini sejak tahun 1980 hingga sekarang berkembang dan dikelola oleh Dinas Kehutanan dan Pertanian Kabupaten Sleman.  Rasanya yang gurih dan renyah sangat pas sekali untuk Anda jadikan kudapan atau makanan pelengkap saat makan. Satu bungkus kripik belut di Godean dijual dengan harga Rp 40.000 hingga Rp 50.000. RedTraveler bisa menemukan banyak kripik belut di sentra oleh-oleh di kawasan Godean.

Itulah informasi mengenai oleh-oleh khas Jogja. Kalau oleh-oleh khas Jogja favorit RedTraveler sendiri apa?  Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: