Bandung memang selalu saja memiliki tempat yang bisa dieksplore. Ada banyak tempat cantik dengan pemandangan indah yang bisa Anda kunjungi selama berkunjung ke Bandung. Salah satu tempat menarik di Bandung yang harus Anda kunjungi adalah wisata pengalengan Bandung. Terkenal sebagai tempat produksi susu, kawasan pengalengan juga memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan yang bagus. Berikut RedDoorz akan bahas mengenai wisata pengalengan Bandung.

Perkebunan Teh Malabar

perkebunan teh

Pengalengan memang berada di dataran tinggi Bandung. Inilah mengapa  kawasan ini memiliki udara yang sejuk  yang dilengkapi dengan hamparan pemandangan kebun teh yang hijau. Salah satu perkebunan teh yang bisa Anda kunjungi di daerah pengalengan ini adalah perkebunan teh Malabar. Dinamakan perkebunan teh Malabar  karena tempat ini memang terletak di sekitar Gunung Malabar yang lokasinya berada di desa Mekarsari, Pacet Pengalengan, Bandung.  Kebun teh Malabar memiliki luas sekitar 2.022 hektar. Dari atas sini RedTraveler bisa melihat keindahan landscape dataran tinggi kawasan pengalengan.  Lokasi wisata ini sangat pas sekali untuk RedTraveler yang ingin relaksasi dari kepadatan kota.

Situ Cileunca

 

hening-situ-cileunca

Terletak di Desa Pulosari, Situ Cileunca berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Indahnya lagi kawasan situ ini masih berada di sekitaran perkebunan teh Malabar. Jadi, selain RedTraveler bisa menikmati indah dan sejuknya suasana danau, Anda juga bisa melihat hamparan hijau dari perkebunan teh Malabar. Pada masa kolonial dahulu danau ini digunakan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik untuk warga Bandung. Bukan hanya sekedar menikmati keindahan danau, di tempat wisata pengalengan Bandung ini juga terdapat banyak fasilitas bagi para wisatawan seperti Camping Ground dengan fasilitas yang lengkap. Selain itu, RedTraveler juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu dayung. Serunya lagi RedTraveler pun bisa menjajal fasilitas outbond seperti flying fox yang ada di Situ Cileunca ini.

Curug Penganten

curug penganten

Kawasan pengalengan Bandung juga memiliki air terjun dengan pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Ada alasan tersendiri  kenapa air terjun ini dinamakan Curug Penganten yaitu karena bentuk air terjunnya yang ada dua dan saling berdampingan satu sama lain. Selain sejuk, pemandangan yang ada di Curug Penganten ini juga sangat indah karena dikelilingi oleh rimbunnya hutan tropis.   Air yang ada di curug ini juga sangat jernih sehingga sangat pas untuk Anda yang ingin mandi atau berenang di bawahnya.  Untuk masuk ke kawasan wisata pengalengan Bandung ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orangnya.

Gunung Malabar

Gunung-Malabar-infokoenws.files_.wordpress

 

Kalau tadi kita membahas tentang perkebunan the Malabar, RedTraveler juga bisa berkunjung ke Gunung Malabar. Tempat wisata pengalengan Bandung ini sangat cocok untuk RedTraveler yang suka aktivitas mendaki gunung.  Terletak di ketinggian 2.343 mdpl, Gunung Malabar memiliki 4 puncak diantaranya Gunung Wayang, Gunung Batu, Haruman, dan Gunung Puntang. Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Malabar Anda akan dihadapkan pada jalur pendakian berupa perkebunan teh dan lahan pertanian yang luas. RedTraveler membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai ke puncak Gunung Malabar. Dari banyak puncak yang ada, Puncak Puntang dan Haruman menjadi puncak yang paling populer menjadi tujuan mendaki para pendaki.

Sungai Palayang

Rafting-Pangalengan-Bandung-Selatan

Sedangkan, untuk Anda yang ingin merasakan serunya rafting bersama dengan keluarga dan teman bisa berkunjung ke sungai Palayang. Arus di sungai palayang ini sangat deras jadi sangat pas untuk Anda yang suka menguji adrenalin atau melakukan kegiatan menantang. Selama rafting, Anda akan diajak untuk menyusuri sungai sepanjang 5 km di sungai Palayang ini. Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini saat liburan Anda harus siap-siap karena suasananya pasti akan ramai. Indahnya lagi tempat wisata pegalengan Bandung ini juga dikelilingi oleh deretan hutan pinus. Untuk bisa merasakan semua keseruan tersebut, RedTraveler harus membayar pakt Rafting sebesar Rp 200.000 per paxnya.

Kolam Air Panas Cibolang

kolam air panas cobolang

Dinginnya udara di daerah Bandung akan pas jika Anda berkunjung ke pemandian air panas. Salah satu pemandian air panas yang RedDoorz rekomendasikan adalah Kolam Air Panas Cibolang. Sambil berendam di kolam pemandian air panas ini Anda bisa menikmati pemandangan indah hutan pinus yang ada di sekitar tempat wisata pengalengan Bandung ini. Anda yang datang ke sini bersama dengan keluarga terutama anak-anak tidak perlu khawatir karena tempat ini memilki fasilitas kolam untuk anak-anak. Anda hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 untuk berendam di Kolam Air Panas Cibolang.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata pengalengan Bandung. Apa RedTraveler punya tempat wisata favorit tersendiri di Bandung? Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s