Skip to content

Peralatan Mendaki Untuk Pemula yang Harus Anda Persiapkan

Mendaki gunung sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari traveling. Tetapi, kegiatan yang satu ini tidak bisa dianggap sebelah mata karena memerlukan beberapa aspek penting yang harus dipenuhi seperti ketahanan fisik, skill dan peralatan yang memadai.  Dari ketiga aspek tersebut, peralatan mendaki yang memadai memang menjadi hal yang harus dipersiapkan juga dengan baik. Untuk Anda yang baru mencoba olah raga yang satu ini ada beberapa peralatan mendaki untuk pemula yang penting untuk Anda miliki. Berikut RedDoorz akan bahas lebih lanjut.

Tenda

pexels-photo-618848

Saat mendaki benda yang paling penting yang harus Anda miliki adalah Tenda. Tentu saja mendaki gunung tidak sama saat Anda sedang Glamping dengan fasilitas yang sudah tersedia. Tenda menjadi benda yang cukup penting untuk dibawa selama pendakian. Entah Anda akan bermalam di atas puncak atau tidak peralatan mendaki untuk pemula ini harus Anda bawa. Hal ini karena bisa saja saat mendaki gunung ada keadaan darurat yang tiba-tiba terjadi. Anda pasti juga akan lebih aman dari cuaca yang dingin atau gigitan hewan saat ingin beristirahat.

Carrier

backpacking-with-DSLR-019

Peralatan mendaki untuk pemula berikutnya yang harus Anda miliki adalah Carrier. Berbeda dengan traveling biasa yang mungkin bisa menggunakan tas biasa. Saat mendaki gunung keperluan yang harus Anda bawa tentunya akan berbeda. Selain pakaian, RedTraveler juga akan membawa survival kit dan keperluan logistic lainnya. Carrier sendiri terbagi menjadi beberapa ukuran seperti 40 L, 60 L, 90 L dan 100 L. Ukuran carrier ini disesuaikan dengan keperluan yang Anda butuhkan, seberapa banyak barang yang Anda bawa atau seberapa lama pendakian yang akan Anda lalui.

Sepatu Gunung

Hiking Boots

Sepatu yang sesuai saat mendaki gunung juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Medan pendakian di gunung tentunya akan berbeda dengan jalan biasa. Karena itu RedTraveler akan memerlukan sepatu khusus atau paling tidak sandal gunung. Namun, untuk keamanan RedDoorz menyarankan untuk menggunakan sepatu agar kaki Anda terlindungi dari benda-benda tajam disekitar.

Jaket Gunung

berghaus-lifestyle-w-hill

Peralatan berikutnya yang tidak kalah penting dari sepatu adalah Jaket Gunung. Di atas ketinggian tentunya suhu udara akan berbeda dengan di dataran rendah. Dengan tidak menggunakan jaket dalam suhu yang sangat dingin  bisa saja Anda terkena hipotermia.  Kasus pendaki meninggal karena terkena hipotermia sudah pernah terjadi. Inilah mengapa menggunakan jaket gunung sangat penting untuk Anda yang ingin mendaki.

Pelindung Kepala

camping_hiking_women_header

Selain jaket dan sepatu gunung, cukup penting juga untuk Anda menggunakan pelindung kepala seperti kupluk. RedTraveler bisa memilih pelindung kepala dengan bahan yang nyaman. Selain itu, Anda juga bisa memilih pelindung kepala yang melindungi mata dari sinar matahari dengan bentuk yang melingkar. Selain untuk melindungi mata, leher Anda juga bisa terlindungi dengan menggunakan kupluk ini.

Hammock

tumblr_mwfapl638j1qbfgsuo8_r1_1280

Selain menggunakan tenda, peralatan mendaki untuk pemula yang bisa Anda bawa berikutnya adalah Hammock.  Untuk Anda yang ingin lebih praktis cobalah untuk membawa hammock saat mendaki. Pada awalnya hammock digunakan sebagai alat berlindung dari binatang liar seperti tikus, ular hingga serangga beracun lainnya. Sekarang penggunaan benda ini pun semakin meningkat yang tentunya disesuaikan dengan keperluan Anda.

Sleeping Bag

sleeping bag

Saat Anda mendaki dan hendak bermalam di atas puncak jangan lupa untuk membawa sleeping bag. Meski Anda sudah menggunakan tenda, sleeping bag juga sangat penting untuk Anda bawa saat mendaki. Selain akan lebih aman, sleeping bag juga bisa berfungsi untuk menghangat tubuh Anda agar tidak terkena hipotermia. Ada banyak jenis sleeping bag di pasaran seperti dari bahan sitentis hingga dari bulu angsa. Tetapi akan lebih baik jika Anda menggunakan sleeping bag yang terbuat dari bahan sintetis karena akan lebih awet dan tahan lama.

Matras

254375_5963_XL

Saat Anda tidur di dalam tenda tentunya tidak mungkin jika Anda akan berbaring langsung diatas tanah atau rerumputan. Karena itu Anda juga memerlukan matras sebagai alas Anda untuk berbaring. Ada berbagai macam matras yang tersedia di toko peralatan mendaki. Tetapi jika Anda menggunakan konsep ultralight hiking, RedTraveler bisa menggunakan matras yang terbuat dari alumunium foil. Tidak hanya ringan, matras alumunium foil juga bisa memantulkan panas. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan matras yang lebih tebal agar Anda bisa lebih nyaman meski tidur di atas permukaan yang berbatu.

Senter

IMG_7870_red-LED-energizer_800px

Alat penerangan seperti senter juga perlu untuk Anda bawa saat mendaki. RedTraveler bisa memilih senter dengan cahaya kuning karena warna tersebut bisa menembus kabut. Tetapi jika RedTraveler menggunakan lampu LED, Anda bisa memodifikasinya dengan menempelkan mika berwarna kuning. Selain itu, RedTraveler juga bisa menggunakan senter kepala sehingga selama pendakian Anda tidak perlu harus repot memegangi senter tersebut.

Obat-Obatan Pribadi

landscape-1445716807-g-medicines-affect-sex-506115031

Selain peralatan mendaki untuk pemula yang sudah disebutkan diatas, tidak kalah penting untuk Anda membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan. Yang mengetahui Anda, tentunya diri Anda sendiri. Jika anda tidak tahan dengan cuaca dingin bawalah obat-obatan yang berkaitan untuk itu. Selain itu, tidak kalah penting juga untuk Anda membawa P3K untuk berjaga-jaga selama pendakian.

Itulah beberapa peralatan mendaki untuk pemula rekomendasi dari RedDoorz. Untuk Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: