Skip to content

Festival Budaya di Indonesia yang Hadirkan Keragaman Seni

Indonesia memang kaya dengan beraneka ragam budaya dan keseniannya. Di Indonesia sendiri sekarang banyak sekali perayaan seperti halnya karnaval yang diselenggarakan diberbagai wilayah di Indonesia. Sepanjang tahun di seluruh Indonesia RedTraveler bisa menyaksikan festival budaya di banyak daerah di Indonesia. Untuk Anda yang ingin traveling sepanjang tahun ini berikut RedDoorz akan bahas mengenai festival budaya di Indonesia tahun 2018.

 Java Jazz

Java Jazz March 2013

Untuk Anda yang suka dengan musik Jazz, tahun ini ada sebuah festival musik Jazz yang harus Anda tonton yaitu Java Jazz Festival. Festival Budaya di Indonesia yang satu ini tidak hanya sudah terkenal di kalangan para pecinta musik Jazz di Indonesia tetapi juga pencita Jazz Internasional. Di Java Jazz Festival ini ada berbagai bintang tamu bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga internasional. Tidak jarang banyak legenda musik Jazz yang ikut tampil di Java Jazz ini. Untuk Tahun ini RedTraveler bisa menyaksikan Java Jazz pada bulan Maret. Untuk Anda yang suka dengan festival musik terutama, musik Jazz persiapkan diri Anda.

Festival Legu Gam, Ternate, Maluku Utara

CETAKKKKK copy

Jika Anda ada rencana untuk traveling ternate datanglah pada ke sini pada 31 maret 2018 hingg 14 April 2018. Sebenarnya festival ini diadakan untuk  memeperingati hari kelahiran Sultan Ternate, Muchafar Sjah. Tetapi sekarang acara ini dikembangkan menjadi sebuah festival lengkap dengan pertunjukan budaya dan pesta rakyat. Di Festival Legu Gam Anda juga bisa mencicipi berbagai macam kuliner khas ternate dan membeli kerajinan tangan asli sana untuk oleh-oleh. Festival Legu Gam merupakan salah satu festival yang terbesar dan paling penting di Ternate sendiri. Untuk tahun 2018  Festival Legu Gam akan bertema Ternate Mercusuar Indonesia. Jangan lupa untuk catat tanggalnya ya!

Festival Kesenian Bali  

baliart6

Bali juga punya acara seru di awal bulan Juni hingga Juli 2018 mendatang, tepatnya tanggal 9 Juni hingga 7 Juli 2018. Berlokasi di Taman Budaya – Art Center di Denpasar, Festival Kesenian Bali akan dimeriahkan dengan berbagai acara kesenian mulai dari musik, tarian, hingga ekspresi seni Bali lainnya. Festival ini akan diawali dengan parade budaya dan komersial yang luar biasa megah.

Festival Kesenian Bali ini akan diisi dengan berbagai macam acara seperti teater Bali Modern, Sendratari Bali, workshop Fotografi pertunjukan musik hingga festival kuliner. Festival Kesenian Bali atau Bali Art Festival ini termasuk salah satu acara yang sudah cukup legend karena telah diselenggarakan sejak 40 tahun lalu. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menyaksikan festival yang satu ini saat berkunjung ke Bali.

Rambu Solo, Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Paket-tour-toraja

Kalau RedTraveler ingin melihat acara yang berbeda dan berbau mistis cobalah untuk berkunjung ke Toraja, Sulawesi Selatan. Di sana Anda akan melihat Festival Rambu Solo yang merupakan acara pemakaman khas Toraja. Upacara ini merupakan bagian dari penyempurnaan kematian seseorang dengan menghormati dan menghantarkan arwahnya ke alam roh yang dinamakan Puya. Nantinya juga ada pemotongan kerbau sebanyak 25-100 ekor sebagai bentuk persembahan. Unik sekali bukan dan pastinya akan sangat menarik untuk Anda yang suka dengan kesenian tradisional.

Jember Fashion Carnaval

jember-fashion-carnaval-triangle-5

Setelah sukses diselenggarakan selama 16 tahun, Jember Fashion Carnaval akan digelar kembali pada 2018. Untuk tahun ini, Jember Fashion Carnaval mengusung  tema Asia Light yang memiliki makna cahaya Asia. Dalam acara tersebut, nantinya RedTraveler akan melihat parade kostum dengan berbagai macam daerah yang merupakan hasil kreatifitas dari para desainer dan individu yang ikut dalam acara ini.  Jember Fashion Festival diselenggarakan selama 4 hari dengan meliputi beberapa event diantaranya artwear carnival, waci, grand carnival hingga kids carnival.

Festival Tabuik, Padang Pariaman, Sumatera Barat

tabuik_naik_pangkek_1200

Jalan-jalan ke Padang, Anda bisa menyaksikan Festival Tabuik di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Tempat wisata di Indonesia ini sudah berlangsung sejak lama yaitu pada abad ke 19 masehi. Pada awalnya, acara ini diselenggarakan untuk memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Hussein bin Ali yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Acara tersebut biasanya akan diselenggarakan secara terbuka di Pantai Gandoriah. Akan ada banyak orang yang berkumpul pada festival tersebut. Di akhir acara nantinya  umbul-umbul yang diarak akan dilarung ke laut sebagai bentuk persembahan.

Borobudur Marathon

Ribuan pelari melakukan start pada kejuaraan lari Borobudur International 10K di Taman Lumbini, Komplek Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) Magelang, Jawa Tengah, Minggu (16/11).

Untuk Anda yang suka dengan acara bertema olah raga seperti lari bisa datang ke Borobudur dengan mengikuti Borobudur Marathon. Festival Budaya di Indonesia yang diusung oleh Bank Jateng ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. borobudur Marathon bukan hanya lomba Marathon  yang bisa diikuti oleh masyarakat sekitar saja tetapi juga Internasional yang melibatkan banyak pelari internasional.

Itulah beberapa informasi mengenai festival budaya di Indonesia. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: