Skip to content

Tempat Berselancar Terpopuler di Indonesia

Indonesia yang dikenal sebagai negara Maritim memang memiliki banyak garis pantai. Inilah yang menjadikan Negara kepulauan ini juga menjadi salah satu tempat berselancar yang cukup favorit tidak hanya untuk wisatawan dalam negeri tetapi juga luar negeri. Ada banyak objek wisata dengan ombak besar yang bahkan sering digunakan sebagai lokasi untuk menyelenggarakan kejuaraan berselancar tingkat internasional. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat berselancar terpopuler di Indonesia yang bisa Anda kunjungi versi Pesona Indonesia

Bono – Kab. Pelalawan

Sungai Kampar

Berselancar dengan ombak besar di laut mungkin sudah biasa, tetapi pernahkah Anda berselancar di sungai. Mungkin pada umumnnya sungai hanya memiliki riak air yang kecil, tetapi berbeda dengan Sungai Kampar di Kabupaten Pelawan, Riau yang memiliki ombak air tawar dengan ketinggian hingga 5 meter. Ombak di sungai inilah yang disebut sebagai Bono oleh masyarakat di sekitar daerah tersebut. Jaman dahulu masyarakat di sini mengenalnya sebagai sebuah mitos tentang hantu yang memberikan kekuatan pada ombak besar tersebut. Tetapi, sekarang wisatawan yang datang ke salah satu tempat berselancar di Indonesia ini justru ingin menjajal ombak bono di Sungai Kampar ini.

Pantai Bowele – Kab. Malang

IMG_1521

Berikutnya RedTraveler bisa datang ke Pantai Bowele di Kabupaten Malang. Keindahan pantai Bowele ini mulai terekspos sejak tahun 2012 lalu. Setelahnya ada banyak event surfing nasional hingga internasional seperti Singhasari Internatiional Surfing Exhbition pada tahun 2016 yang diikuti oleh banyak peselancar internasional dari Inggris, Australia, Jepang dan Jerman. Banyak yang mengatakan kalau ombak yang ada di salah satu tempat berselancar di Indonesia ini sangat cocok untuk peselancar pemula. Untuk Anda yang ingin belajar berselancar, juga ada surf school yang bisa melatih skill berselancar Anda hingga tingat profesional. Hingga sekarang kurang lebih ada 50 wisatawan yang datang ke Pantai Bowele ini setiap bulannya.

Morotai Jaya – Kab. Pulau Morotai

selancar

Di kawasan Morotai Jaya ada Tanjung Sopi yang  juga sering dijadikan tempat keujuaraan berselancar internasional karena memiliki ketinggian ombak yang ideal. Untuk RedTraveler yang ingin merasakan sendiri serunya berselancar di sini bisa datang ke tempat berselancar di Indonesia ini pada bulan September saat air sedang pasang. Indahnya ombak di kepulauan Morotai ini bahkan tidak hanya terkenal di lingkup nasional saja tetapi juga internasional yang membuat banyak wisatawan asing datang ke lokasi ini. Hingga sekarang pun pemerintah kabupaten Morotai juga terus memperbaiki infrastruktur yang ada di sini.

Pantai Lhoknga – Kab. Aceh Besar

IMG_9316

Aceh juga punya Pantai Lhoknga yang bisa Anda jadikan tempat berselancar seru di Indonesia. Untuk sampai ke lokasi ini RedTraveler bisa menempuhnya melalui jalur darat dari Banda Aceh selama 30 menit. Salah satu tempat berselancar di Indonesia ini memang dikenal dengan pasir putihnya dan air lautnya yang jernih. Untuk yang ingin menjajal skill berselancar Anda ada lima titik surfing yang bisa Anda coba seperti Semara Right Point, Peak Point, Suri Point, Hander Point dan Out Side Right Hander. Bagaimana apa Anda berani untuk mencobanya?

Pantai Tanjung Setia – Kab. Lampung Barat

Tanjung-Setia-2

Datanglah ke Pantai Tanjung Setia pada bulan Juni sampai Agustus agar Anda bisa menikmati arus gelombang airnya yang mencapai  tujuh meter. Keindahan alam yang ada di sini juga masih sangat asri lengkap dengan deretan pohon palem dan pantai pasir putihnya. Untuk sampai ke sini, RedTraveler bisa menempuhnya dari Bandar Lampung selama 6 hingga 7 jam. Posisi pantai yang berada di arus besar Samudera Hindia menjadikan gelombang arus yang ada di sini konstan. Keindahan pantai Tanjung Setia ini pun sekarang disetarakan dengan pantai yang ada di Bali atau Lombok.

Pantai Tarimbang – Kab. Sumba Timur

pTarimbang2

Kawasan Sumba Timur sekarang ini memang sedang naik daun menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer. Dari sekian objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di sini, RedTraveler yang memiliki hobi berselancar bisa jajal gelombang arus di Pantai Terimbang. Mungkin karena belum banyak wisatawan yang datang ke sini, Pantai Terimbang masih memiliki kondisi yang cukup bersih. Salah satu tempat berselancar di Indonesia ini memang terkenal di kalangan para peselancar karena sembilan gulungan ombaknya yang datang bergantiang. Apa RedTraveler yang ingin merasakan keseruannya sendiri?

Pantai Wediombo – Kab. Gunung Kidul

pantai-wedi-ombo.1

Jalan-jalan ke Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Wediombo. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat berselancar bagi para surfer pemula hingga professional. Lokasi surfing ini bahkan pernah dijadikan lokasi untuk Jogja Surfing Competition pada tahun 2014. Inilah yang menjadikan Pantai Wediombo tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal tetapi juga wisatawan internasional. Keindahan Pantai Wediombo ini juga semakin indah dengan deretan pegunungan karst di sekitar pantai.

 Pulau Nyang Nyang – Kab. Kep. Mentawa

mentawai-tumbnail

Sumatera Barat punya lokasi surfing lainnya yang tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi yaitu Pulau Nyang Nyang. Ketinggian ombak yang ada di sini bisa mencapai empat meter. Biasanya para peselancar yang datang akan mulai berseluncur saat perahu motor dan kapal kayu penduduk di sini sedang tidak melaut. Keindahan pulau Nyang Nyang ini bahkan sudah pada level internasional sehingga tidak jarang banyak wisatawan asing yang datang untuk surfing ke lokasi ini.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat berselancar di indonesia yang menarik untuk Anda. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: