Skip to content

Situs Bersejarah di Indonesia yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Tidak hanya tempat wisata dengan pemandangan indah saja yang banyak tersebar di seluruh pelosok negeri. Indonesia juga memiliki beragam situs sejarah yang masih terjaga hingga sekarang. Mulai dari tempat wisata pra sejarah hingga tempat wisata etnik yang menarik sekali untuk dikunjungi bisa anda temui di berbagai tempat di Indonesia. Semua situs sejarah tersebut bisa Anda kunjungi mulai dari sabang hingga marauke. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai situs bersejarah di Indonesia versi pesona Indonesia.

Sangkulirang Rock Arts – Kab. Kutai Timur

DSC_6899

Jika Anda sedang berkunjung ke Kutai Timur, jangan lupa datang ke Sangkulirang Rock Arts. Situs bersejarah di Indonesia ini merupakan sebuah gua di kawasan karst yang memiliki lukisan telapak tangan manusia pra sejarah di bagian dindingnya. Sangkulirang Rock Arts ini pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti asal Perancis beberapa waktu lalu. Tidak hanya sekedar situs sejarah saja, Sangkulirang Rock Arts   juga menyimpan keindahan alam seperti stalagnit dan stalagmit. Setelah masuk ke dalam gua, RedTraveler akan melihat banyak lukisan berupa gambar negative hewan dan tangan manusia dari zaman pra sejarah dulu. Penemuan lukisan dinding tersebut juga bersamaan dengan ditemukannya patung, peralatan, pembakaran, perhiasan, hingga guci dari jaman dahulu kala.

 Istana Siak Sri Indrapura – Kab. Siak

dsc_0199

Istana Siak Sri Indrapura menjadi situs bersejarah di Indonesia berkutnya yang bisa Anda kunjungi di Riau. Kerajaan yang satu ini merupakan pertama kali di dirikan oleh Putra Sultan Mahmud Syah. Setelahnya kerajaan ini pun tumbuh menjadi sebuah kerajaan bahari yang cukup diperhitungkan di kawasan kawasan Sumatera. Dalam situs bersejarah di Indonesia ini Anda akan melihat seuah kuesi singgasana raja yang terbuat dari emas dan juga benda kerajaan lainnya seperti brankas kerajaan, mahkota keraaan, tombak, payung khusus kerajaan hingga patung perunggu Ratu Wihemina. Selain disimpan di Istana, banyak juga koleksi benda antik dari  Istana Siak Sri Indrapura yang kemudian disimpan di Museum Nasional Jakarta. Arsitektur di istana ini juga sangat indah karena merupakan percampuran antara Arab, Melayu dan Eropa. Istana Siak Sri Indrapura  juga semakin indah dengan hiasan dari keramik dari Perancis.

Situs Muarajambi – Kab. Muaro Jambi

Museum Situs Muaro Jambi

Berikutnya ada Situs Muarajambi yang bisa  Anda kunjungi di kawasan Jambi. Situs Bersejarah di Indonesia ini merupakan sebuah komplek candi yang dulunya merupakan sebuah universitas peninggalan dari kerajaan Sriwijaya. Di sini, nantinya Anda akan melihat 82 reruntuhan berupa bangunan kuno. Selain itu, juga terdapat delapan bangunan candi yang kemudian di ekskapasi atau sedang dalam proses pemugaran oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi. Tidak tanggung-tanggung Situs Muarajambi juga memilki luas 8 kali lebih besar dari Candi Borobudur atau tepatnya seluas 12 kilometer persegi. RedTraveler yang ingin berkunjung ke sini bisa menjangkaunya dari pusat kota Jambi selama 30 menit saja. Selama perjalanan, Anda juga bisa melihat keindahan indahnya sungai Batanghari dan deretan rumah tradisional khas Melayu.

Petilasan Kraton Pajang – Kota Solo

kotagede

Mungkin secara fisik, Petilasan Kraton Pajang hanya bersisa berupa puing-puing pondasi. Di balik  situs bersejarah di Indonesia ini ada cerita sejarah mengenai Jaka Tingkir dan Sultan Hadiwijaya. Di masa jayanya Kerajaan Pajang telah bertahan selama 16 abad. Kehancuran kerajaan Pajang sendiri berbarengan dengan berdirinya kerajaan mataram Islam di Kota Gede yang juga menjadi akhr dari kekuasaan sari Sultan Hadiwijaya. Tetapi sekarang Keraton Pajang telah dipugar menjadi  replika yang menggambarkan kerajaan Panjang pada jaman dulu.

Situs Gunung Padang – Kab. Cianjur

wpid-dsc9954_2

Di kawasan Jawa Barat Anda bisa berkunjung ke Situs Gunung Padang.  Situs bersejarah di indonesia ini memang termasuk unik karena hingga sekarang para arkeolog masih belum mengetahui teka-teki dari Situs Gunung Padang  ini. Di sini RedTraveler bisa melihat tumpukan batu balok yang tersebar di sudut-sudut Gunung Padang yang menjadi ciri kehidupan pada zaman dahulu kala.  Warga setempat hingga sekarang mengkramatkan  Situs Gunung Padang karena mengangapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi yang dulu ingin membangun istana di lokasi ini dalam waktu semalam tetapi tidak terealisasi.

Tapurarang – Kab. Fak Fak

cap-tangan.Fakfak

Berkunjung ke Fak Fak Papua Barat, RedTraveler juga bisa melihat situs bersejarah di Indonesia berikutnya, Tapurarang. Hampir sama seperti Sangkulirang Rock Arts, Anda nantinya akan melihat lukisan tangan yang terdapat di dinding goa. Ada berbagai macam bentuk lukisan di dinding goa Tapurarang ini seperti telapak kaki, lumba lumba, tumbuhan, daun, wajah manusia, hingga cicak. Mungkin semua gambar ini terlihat biasa tetapi secara garis besar telah menggambarkan kehidupan manusia jaman pra sejarah dulu. Diceritakan pada jaman dahulu kalau lukisan yang ada di sini merupakan wujud dari orang-orang yang dikutuh oleh arwah nenek moyang.

Itulah informasi mengenai situs bersejarah di Indonesia yang bisa Anda kunjungi di berbagai tempat di Indonesia. Kalau Anda sendiri pernah berkunjung ke mana? Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: