Skip to content

Rekomendasi Kuliner Khas Makasar yang Menggugah Selera

Tidak hanya Pulau Jawa saja yang kaya dengan kulinernya yang beraneka ragam. Sulawesi khususnya Makasar juga memiliki banyak varian kuliner lezat yang bisa Anda coba  . Mulai dari makanan yang berkuah hingga kue-kuenya, Makasar memiliki ciri khas sendiri pada makanannya. Nggak selalu pedas, makanan khas Makasar juga memiliki cita rasa manis dan legit pada kulinernya. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai kuliner khas Makasar yang bisa Anda coba.

Coto Makasar

coto

Kuliner khas Makasar yang mungkin sudah sangat terkenal adalah Coto Makasar. Untuk RedTraveler yang suka dengan makanan bersantan dan jeroan nampaknya coto Makasar ini akan pas sekali. Coto Makasar  sendiri mirip dengan soto yang ada di pulau jawa. RedTraveler bisa menikmatinya saat masih hangat apalagi dengan nasi putih. Tetapi,   kuliner khas Makasar ini lebih sering disajikan   dengan ketupat dan burasa. RedTraveler bisa dengan mudah menemukan tempat makan yang menjual Coto Makasar di pinggir-pinggir jalan di sepanjang kota.

Sop Konro

sop konro

Selanjutnya, ada Sop Konro yang jadi kuliner khas Makasar yang tidak kalah populer. Agak berbeda dengan Coto Makasar yang memiliki isian jeroan dan kuah santan, Sop Konro identik dengn Iga Sapi. Daging sapi dan iga sapi yang menjadi isian kuliner  ini dimasak bersama dengan bahan-bahan seperti kayu manis, asam jawa dan juga rempah-rempah lainnya. Tidak lupa ada tambahan kluwak yang menjadikan kuah dalam Sop Konro ini menjadi berwarna gelap. Secara umum, kuliner khas Makasar ini memang mirip dengan sup, RedTraveler.

Pallu Basa

Pallu-Basa

Pallu Basa juga menjadi kuliner khas Makasar yang harus Anda cicipi saat ke sana. Hampir sama dengan Coto Makasar yang berisi jeroan, Pallubasa juga merupakan kuliner khas Makasar berbahan dasar jeroan sapi atau kerbau juga. Hal yang membedakan Pallu Basa dan Coto Kontro  adalah cara memasak dari dagingnya itu sendiri. Daging yang akan disajikan untuk Pallu Basa  direbus dalam waktu yang cukup lama agar empuk. Kemudian, jeroan tersebut disajikan bersamaan dengan daging sapi. Bila Coto Konro lebih sering dinikmati dengan burasa, maka Pallu Basa lebih sering disajikan dengan nasi putih.

Sop Saudara

sopsaudara

Nampaknya, kuliner khas Makasar memang banyak yang serupa dengan sop dan soto. Setelah beberapa kuliner khas Makasar di atas ada satu lagi Sop yang harus Anda coba yaitu Sop Saudara. Nama Saudara sendiri merupakan singkatan dari Saya Orang Pangkep. Bahan utama di kuliner khas Makasar ini   merupakan daging sapi yang disajikan lengkap dengan bihun, perkedel kentang dan telur itik rebus. Sop Saudara akan semakin nikmat  saat Anda memakannya dengan menggunakan nasi putih, ikan bandeng dan ikan bolu.

Barongko

27518-cara-mudah-membuat-barongko-khas-makassar

Tidak hanya makanan utama yang memiliki cita rasa lezat di Makasar. Kudapan seperti kue-kue semacam Barongko juga menjadi kuliner khas Makasar yang RedDoorz rekomendasikan. Barongko  merupakan kue dengan bahan utama pisang kepok kuning yang dihaluskan dengan gula pasir dan santan kental. Inilah yang menjadikan kuliner khas Makasar ini memiliki cita rasa gurih dan manis. Barongko   juga diberi isian berupa filling putih yang terasa gurih. RedTraveler bisa membeli Barongko  yang dijual dengan harga Rp 5.000.

Pisang Ape

pisang-epe-makssar-1

Kudapan berikutnya yang bisa Anda cicipi saat ke Makasar adalah Pisang Ape. Kuliner yang satu ini memang memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Kata ape sendiri berasal dari istilah jepit dalam  bahasa Makasar. Pada resep aslinya Pisang Ape biasanya disajikan dengan saus gula tetapi sekarang sudah banyak sekali inovasi saus yang disajikan mulai dari saus cokelat hingga saus durian. RedTraveler juga bisa menikmati kuliner khas Makasar ini dengan tambahan topping seperti meisis, kelapa sangria hingga keju.

Es Palu Butung

Es-Pallu-Butung

Jika Anda ingin merasakan sesuatu yang lebih segar cobalah Es Palu Butung. Banyak yang masih tertukar antara Es Palu Butung dengan Es Pisang Ijo. Es Palu Butung sendiri terbuat dari pisang kukus yang ditambahkan santan dan susu. Bila Es Pisang Ijo dibalut dengan adonan berwarna hijau, maka es palu butung tidak dibalut apa-apa sama sekali. Kuliner khas Makasar ini sangat cocok untuk dinikmati pada siang hari atau sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Kapurung

3CT7CX3A20E59B5366313Blv

Kapurung sendiri berbahan dasar sagu yang disiram dengan kuah bersayur. Ada beberapa isian sayur yang ada di Kapurung ini seperti bayam, kacang panjang, irisan jagung dan patikala. Jika sayuran kurang dirasa mengenyangkan untuk RedTraveler ada tambahan menu lainnya seperti udang, ikan, atau ayam. RedTraveler bisa  menemukan Kapurung warung-warung   di Kawasan Kota Makasar.

Kue Dange

20987552_1935507526701173_5421716665769394176_n

Kue Dange juga menjadi kudapan lezat khas Makasar yang bisa Anda coba. Kue yang satu ini merupakan campuran dari kelapa parut, ketan hitam, gula merah dan juga garam. Adonan tersebut kemudian dikukus  sebelum dimasukan ke dalam cetakan yang mirip dengan kue pukis. Meski merupakan kue tradisional khas Makasar, di tempat asalnya sendiri kuliner khas Makasar ini sudah agak sulit untuk ditemukan.

Itulah beberapa informasi mengenai Kuliner khas Makasar yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke sana. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: