Skip to content

8 Makanan khas Filipina yang Wajib Dicoba!

Menjadi salah satu Negara yang memiliki banyak tempat wisata pulau memukau membuat Filipina banyak diminati wisatawan. Ada banyak tempat wisata yang dinobatkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Namun, yang menarik bukan hanya tempat wisata saja loh! Karena kuliner Filipina juga terkenal unik dan lezat. Mau tau kah apa saja kuliner khas yang wajib Anda coba saat liburan di sana? Yuk simak artikel RedDoorz selengkapnya!

Chicken Adobo

makanan khas filipina 1

Saking enaknya chicken adobo, makanan ini tidak pernah lupa disebut sama warga Filipina kalau ditanya makanan rekomendasi mereka. Sama seperti masakan lainnya, chicken adobo bisa berbeda resep dan isinya, tergantung siapa yang masak dan selera orang yang menyantapnya. Tapi pada dasarnya chicken adobo terbuat dari ayam (bisa juga daging babi atau seafood) yang dimasak dengan kecap, cuka dan bawang putih. Biasanya paling enak dimakan dengan nasi putih panas-panas.

Buko Pie

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Buko dalam Bahasa Tagalog artinya adalah kelapa. Dengan kata lain, buko pie adalah pie yang berbahan dasar dari buah kelapa. Camilan ini merupakan snack wajib masyarakat Filipina. Meskipun buko pie yang paling populer terdapat di Cebu, makanan ini bisa dengan mudah Anda temui di seluruh penjuru Filipina. Rasanya yang gurih dan manis sangat nikmat disantap pada saat hangat agar pie crust nya lebih terasa renyah.

Halo Halo

makanan khas filipina 3

Di Indonesia, mungkin ini disebut dengan es campur, tetapi racikan dan komposisi makanan penutup ala Filipina ini lebih bervariasi. Halo-halo merupakan minuman es yang menggunakan buah nangka, kelapa, buah palm, pisang, ice cream, ubi ungu manis, nata de coco, ketan, jagung, sago dan juga susu. Es ini sangat segar diminum pada saat Anda menikmati indahnya pantai Filipina.

Lechon Babi

makanan khas filipina 3

Lechon atau babi panggang merupakan makanan yang harus disajikan dalam setiap kali perayaan di Filipina. Seperti acara ulang tahun, Natal, fiesta, dan pernikahan. Karena merupakan makanan yang sangat pokok, pada kesempatan tersebut akan terasa tidak lengkap tanpa kehadiran babi panggang. Di Filipina ini sendiri, makanan ini sangat mudah dijumpai. Dengan kulit renyah dan lembut, daging yang lebut hidangan ini benar-benar menggugah selera.

Beef Caldereta

makanan khas filipina 4

Ini tentunya makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke negeri “Paman Marcos”. Beef Caldereta merupakan hidangan yang terbuat dari tomat, cuka pasta dan merica. Kentang dan wortel juga dapat ditambahkan untuk membuat hidangan lebih bergizi. Untuk pilihan dagingnya, sama seperti Adobo, Anda juga bisa merubahnya sesuai keinginan.

Kwek-Kwek

makanan khas filipina 5

Kwek-kwek biasanya adalah jajanan yang sering dibeli oleh anak-anak sekolah. Penjual biasanya hanya menggunakan gerobak kaki lima lalu mulai berjualan di sore hari. Siapapun sebenarnya, dari kalangan apapun, bisa menikmatinya. Harga yang murah membuat jajanan ini sebagai salah satu yang wajib untuk Anda coba. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang direbus, kemudian dibalut tepung berwarna oranye dan digoreng hingga renyah. Versi lain dari makanan ini adalah tokneneng. Cara membuatnya sama dengan kwek-kwek, hanya saja terbuat dari telur ayam.

Chicken Inasal

makanan khas filipina 6

Makanan ini bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru Metro Manila. Bisa disebut juga dengan ayam panggang atau bakar, tapi ini bukan sekedar ayam bakar biasa. Daging ayam direndam dalam campuran serai, calamansi, garam, merica dan bawang putih, lalu diolesi dengan minyak achiete. Kemudian hidangan ini disajikan dengan minyak jeruk dan nasi bawang putih hangat.

Bicol Express

makanan khas filipina 7

Santapan khas Filipina ini sangat cocok untuk orang Indonesia karena pedasnya mampu menyaingi makanan dari Negara lain. Semakin panas semakin nikmat rasanya. Bicol express juga sangat mudah ditemukan di restoran keluarga maupun cepat saji. Makanan ini terdiri dari daging babi dan siling labuyo yang dimasak dengan santan.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai makanan khas Filipina yang wajib Anda coba. Sekedar informasi, mulai Januari 2018 RedDoorz telah hadir di Filipina! Segera pesan penginapan murah Anda melalui website dan mobile apps RedDoorz.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: