Skip to content

Jalan-Jalan Sekaligus Belajar di Taman Mini Indonesia Indah

Di Jakarta ini kita bisa menemukan banyak sekali tempat wisata menarik salah satunya yang wajib untuk Anda kunjungi selama di sini adalah Taman Mini Indonesia Indah. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah objek wisata yang sudah terintegrasi dengan berbagai macam wahan rekreasi yang tidak hanya menghibur tetapi juga edukatif. Dibangun oleh Almarhumah  Ibu Negara Siti Hartinah atau yang dikenal dengan Ibu Tien Soeharto, Taman Mini Indonesia Indah masih berdiri hingga sekarang yang tentunya dengan terus melakukan inovasi. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah.

Latar Belakang di Dirikannya Taman Mini Indonesia Indah

Istana_Anak-anak_Indonesia-1

 

Taman Mini Indoesia Indah sendiri dibangun di atas kawasan yang memiliki area seluas 150 ketar. Sesuai dengan namanya, RedTraveler bisa mempelajari banyak hal mengenai Indonesia di Taman rekreasi yang satu ini. Ada bebagai macam bangunan yang dibuat mirip dengan rumah tradisional yang berasal dari 33 Provinsi di Indonesia yang di sebut dengan anjungan. Replika dari rumah tradisional ini bukan hanya sekedar rumah saja tetapi Anda juga bisa menemukan banyak kerajinan hingga baju adat dari setiap daerah. RedTraveler bisa menmukan ajnungain ini dibagi dalam beberapa zona sesuai dengan pulau-pulau yang ada di Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggawa, Maluku dan Papua. Selain dari anjungan-anjungan tersebut ada beberapa tempat rekreasi lainnya yang bisa Anda kunjugi seperti teater IMAX Keong Mas, beberapa museum, hingga berkeliling tempat wisata ini dengan menggunakan kereta gantung. Sekarang mari bahas satu persatu mengenai tempat wisata yang ada di Taman Mini Indonesia Indah ini.

Anjungan Daerah

jambi

Berkeliling Taman Mini Indonesia Indah Anda bisa mempelajari berbagai macam hal mengenai Indonesia melalui anjungan-anjungan yang ada di sini.  Anjungan daerah yang ada di sini di bangun mengelilingi danau miniature Arsipel Indonesia. Selama berkeliling Anda juga akan menemukan kalau satu provinsi yang ada di sini memiliki 3 rumah adat. Adapun bentu dari rumah adat yang ada di sini dibuat sedimikian rupa mirip mulai dari ukuran, bentuk atap, susunan ruangan, bentuk tangga, ragam  hias hingga detail lainnya yang terdapat dalam rumah adat tersebut. Anjungan yang ada di sini juga sering digunakan sebagai tempat peragaan dan pamerah benda sejarah, peralatan kesenian, hasil kerajinan hingga benda-benda budaya lainnya yang menjadi warisan budaya dari leluhur.

Museum

museum olah raga

Selain dari rumah adat berupa Anjungan, RedTraveler juga bisa jalan-jalan sambil belajar dengan berkunjung ke museum-museum yang ada di Taman Mini Indonesia Indah ini. Di Lokasi wisata ini terdapat 19 museum yang tersebar di seluruh tempat wisata. Di beberapa museum tersebut RedTraveler bisa mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan, budaya, kehidupan sosial hingga teknologi di setiap daerah tersebut. Beberapa museum yang bisa Anda temukan di tempat wisata ini diantaranya seperti museum Indonesia, Museum transportasi, museum minyak & gas bumi, Museum penerangan , Museum perangko, pusat peragaan IPTEK, Museum Listrik dan Energi baru serta masih banyak museum menarik lainnya.

Flora dan Fauna

TMII_Bird_Park

Tidak hanya Anjungan dan Museum saja yang bisa Anda kunjungi di Taman Mini Indonesia Indah ini. Berjalan-jalan di sini Anda juga bisa berbagai macam keindahan flora dan fauna asli yang ada di Indonesia.  Ada beberapa Taman Flora dan Taman Fauna yang bisa Anda temukan di Taman Mini Indonesia Indah ini seperti Taman Apotik Hidup, Taman lgenda Keing Emas, Taman Melati, Taman Burung, Raman Kupu, Dunia Air Tawar, hingga Taman Bekisar. Berbeda dengan museum, taman flora dan fauna hanya berfokus pada tanaman dan hewan entah yang masih hidup atau yang sudah diawetkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

Kereta Gantung ( Skylift)

kereta gantung

Jika anda lelah berkeliling Taman Mini Indonesia Indah ini tetapi ingin melihat isi tempat wisata ini secara keseluruhan cobalah untuk naik Kereta Gantung (Skylift). Dari atas Skylift yang ada ini RedTraveler bisa dengan bebas melihat berbagai pemandangan dan tempat-tempat rekreasi yang ada di sini. Ada 3 stasiun kereta gantung yang ada di Taman Mini Indonesia Indah ini yaitu A, B dan C. Anda bisa naik stasiun A dari sebelah timur lapangan parkir selatan yang berada di area dea seni dan kerajinan. Sedangkan untuk stasiun B berada di sebrang anjungan papua dan taman burung. Kemudian, anjungan C berada di sebelah utara lapangan parkir utara atau bersebelahan dengan snowbay waterpark.

Teater Imax Keong Mas

teater imax

Sedangkan, untuk Anda yang ingin melihat pertunjukan film dengan Audio Visual yang mumpuni bisa datang ke Teater IMAX Keong Mas. Di Teater IMAX Keong Mas ini Anda bisa menonton berbagai macam film yang menunjukan keindahan Indonesia seperti film Indonesia I, Indonesia II yang bercerita tentang Anak-anak indonesia, Indonesia Indah II yang bercerita Indonesia Untaian Manikan di Khatulistiwa dan Indonesia IV yang bercerita tentang Aku Bangga Menjadi anak Indonesia. Selain film berupa wawasan tentang Indonesia, ada beberapa film barat komersial lainnya seperti Speed, Blue Planet, Forces of Nature, T-Rex, hingga The First Emperor of China.

Itulah beberapa informasi mengenai Taman Mini Indonesia Indah yang bisa Anda kunjungi. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: