Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu tempat wisata yang favorit di Indonesia. Apalagi di cuaca penghujan seperti sekarang ini yang sangat mendukung sekali membuat dataran tinggi dieng  menjadi objek wisata yang semakin diminati. Pemandangan yang indah, udara yang sejuk dan suasana yang asri menjadikan dataran tinggi dieng pilihan tempat wisata yang tepat untuk Anda kunjungi dalam waktu dekat ini. Berikut beberapa tempat wisata dataran tinggi dieng yang bisa Anda kunjungi.

Candi Dieng

komplek-candi-arjuna-dieng

Candi Dieng menjadi salah satu objek wisata dataran tinggi dieng yang ikonik. Hasil karya dari dinasti Sanjaya, Candi Dieng termasuk salah satu candi Jawa tertua yang dibangun pada abad ke 7. Pada jaman dahulu kala Candi Dieng digunakan sebagai salah satu persembahan kepada dewa Shiwa dari para umat Hindu yang dikenal dengan Tri Murti. Keindahan Candi yang ada di sini  semakin terlihat asri dengan rimbunnya pohon cemara yang mengelilingi objek wisata ini. RedTraveler bisa dengan bebas berkeliling komplek candi dieng ini karena tempatnya sudah sangat rapi dan tertata.

Desa Wisata Sembungan

desa-sembungan-golden-sunrise-puncak-sikunir

Untuk Anda yang ingin melihat indahnya dataran tinggi dieng secara keseluruhan bisa berkunjung ke Desa Wisata Sembungan. Saat berkunjung ke sini, RedTraveler bisa menemukan banyak sekali perkebunan yang memang menjadi salah satu mata pencaharian dari para penduduk di sini. Selain itu, suasana di daerah ini juga terasa asri dengan bangunan perumahan penduduk yang masih sangat tradisional terbuat dari kayu dan beratap rumput ilalang kering. Dengan potensi keindahan ini, pemerintah setempat semakin melakukan perbaikan terhadap infrastruktur untuk membuat wisatawan semakin nyaman. Menarik sekali bukan untuk Anda yang ingin lihat keindahan alam di kawasan pedesaan.

Dieng Plateau Theater

 

dieng plateau theater, defi susisuanti 1

Selanjutnya ada Dieng Plateau Theater yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Dataran tinggi Dieng. Di sini RedTraveler bisa mengetahui berbagai macam informasi mengenai wisata dataran tinggi Dieng secara keseluruhan. Wisatawan bisa mengetahui berbagai info mengenai Dieng dalam bentuk Audio Visual dengan menyaksikan film Dieng Negeri Khayangan atau God Adobe selama 23 menit. Film ini merupakan sebuah film dokumenter tentang sejarah dan kehidupan di Dataran Tinggi Dieng. Dari tempat ini RedTraveler pun bisa melihat langsung keindahan berbagai objek wisata dataran tinggi dieng yang lainnya.

Lembah Seroja

foto-pemandangan-lembah-seroja

Tempat indah lainnya yang bisa RedTraveler kunjungi saat jalan-jalan ke lokasi wisata ini adalah Lembah Seroja. Kecantikan alam Lembah Seroja ini menjadi salah satu  yang masih tersembunyi. Dari Lembah ini RedTraveler bisa melihat pemandangan alam dari segala arah seperti Pegunungan Dieng, Gunung Bhisma, Gunung Sindoro, nuansa pedesaan hingga area pertanian yang terhampar luas. Lembah Seroja sangat cocok untuk Anda yang suka dengan kegiatan petualangan seperti halnya mendaki gunung. Redtraveler bisa melakukan tracking di lereng bukit yang berjarak kurang lebih 3 km. Sepanjang perjalanan mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan lahan pertanian dan juga lanskap Telaga Menjer yang akan menggiring Anda hingga ke Lembah Seroja.

Kawah Sileri

kawah sileri

Kawah Sileri menjadi salah satu kawah terbesar yang ada di wisata dataran tinggi dieng. Sileri sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti Leri atau air cucian beras karena memang kawahnya yang berwarna silver dan adanya aliran sungai dolog. Kawah yang satu ini juga merupakan kawah yang paling aktif dan pernah meletus dalam kurun waktu beberapa kali. Anda bisa menuju Kawah Sileri dengan menempuhnya dari poros Dieng yang berjarak 7 km. Jangan kaget saat RedTraveler menemukan jalan menuju lokasi ini sangat berasap karena memang digunakan sebagai kawasan pengeboran Pembangkit Tenaga Listrik Uap. Setelah sampai lokasi Anda akan melihat kawah yang penuh dengan asap dengan latar ladang penduduk dan perbukitan. Daerah ini masih termasuk aman untuk para wisatawan. Tetapi, untuk Anda yang tidak tahan dengan bau belerang bisa menggunakan penutup hidung.

Padang Savanna Dieng

savana-sembalun-rinjani

Keindahan alam lainnya yang jangan sampai Anda lewatkan saat berkunjung ke wisata dataran tinggi dieng adalah Padang Savana Dieng. Objek wisata dieng satu ini terletak di Lembah Semurup atau di Kaki Gunung Panginan yang menjadi bagian dari bentang alam Dieng Plateau. Untuk Anda yang ingin pergi sebentar dari keramaian kota, lokasi ini sangat pas sekali karena suasananya sangat tenang. Anda bisa melihat keindahan hamparan rumput ilalang berwarna hijau keemasan setinggi lutut di Padang Savana Dieng ini. Cuaca di objek wisata dataran tinggi dieng ini akan ekstrim pada musim kemarau diiringi dengan perubahan warna dari semak dan rerumputan yang menjadi cokelat keemasan. Padang Savana Dieng  dulunya merupakan bekas letusan vulkanik dari pegunungan dieng. Kawah-kawah yang mati pun berubah menjadi semak rerumputan hingga menjadi sebuah padang savanna seperti sekarang.

Perkebunan Teh Tambi

DSCN2802

Untuk RedTraveler yang tertarik dengan argowisata di kawasan Dieng bisa berkunjung ke perkebunan teh Tambi. Udara yang ada di perkebunan teh ini sangat sejuk karena berkisar pada suhu 15 derajat Celsius. Berlokasi di lereng Gunung Sindoro Anda bisa melihat keindahan panorama Alam yang ada di sekitarnya. Tidak hanya sekedar berkeliling perkebunan saja, Anda juga bisa ikut dalamm Factory tour dengan melakukan kegiatan seperti memetik teh secara langsung hingga melihat proses pembuatan hingga sampai pengemasannya. Produk teh dari perkebunan teh Tambi ini bahkan sudah menembus pasar luar negeri.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata dataran tinggi dieng yang bisa Anda kunjungi. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s