Musim hujan seperti sekarang ini memang agak seikit merepotkan untuk kita yang ingin traveling. Cuaca yang tidak menentu terkadang sedikit banyak membuat kita lebih memilih tempat wisata indoor dibandingkan dengan wisata outdoor.  Jika sebelumnya RedDoorz pernah membahas mengenai tempat wisata indoor di Jakarta, Bandung juga punya tempat wisata indoor berupa museum-museum unik yang bisa Anda kunjungi. Berikut ulasan RedDoorz berkaitan dengan wisata museum di Bandung.

Museum Konferensi Asia Afrika  

Processed with VSCOcam with lv01 preset

Salah satu museum yang memang menjadi salah satu ikon di Bandung adalah Museum Konferensi Asia Afrika. Bangunan yang satu ini memang tidak lepas dari sejarah indonesia yang pernah mengadakan Konferensi Asia Afrika pada 18 hingga 24 April 1955 yang berlokasi di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Kemudian untuk terus mengenang momen bersejarah tersebut, Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja yang menjadi Menteri Luar Negeri saat itu pun mengusulkan untuk membangun sebuah museum. Jadilah pada tanggal 24 April 1980 Museum Konferensi Asia Afrika untuk pertama kalinya diresmikan yang juga bertepatan dengan peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika. Saat memasuki museum ini, Anda akan melihat berbagai benda yang menjadi replika dari konferensi seperti halnya patung-patung hingga bendera dari negara-negara yang menghadiri konferensi tersebut. Memiliki luas 7500 m2 Museum Konferensi Asia Afrika masih berdiri kokoh hingga sekarang tepatnya di Jalan asia Afrika No. 65, Bandung, Jawa Barat.

Museum Barli

barli4

Untuk Anda yang suka dengan karya seni berupa lukisan, Museum Barli menjadi salah satu tempat yang RedDoorz rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Museum Barli didirikan sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi seorang seniman lukis asal Bandung Barli Sasmita. Salah satu wisata museum di Bandung ini terdapat berbagai macam lukisan karya Barli dari yang beraliran ekspresionisme, impresionisme hingga realism. Semua lukisan hasil karyanya tertata apik dari karya pertama Barli hingga karya terakhir yang ia hasilkan hingga akhir hayatnya. Dilahirkan pada tanggal 18 Maret 1921 , Barli Sasmita merupakan seorang pelukis, dosen hingga illustrator. RedTraveler bisa mengunjungi  museum Barli yang ada di Jl. Prof Dr. Sutami 91.

Museum Geologi Bandung

fosil-dinosaurus-Museum-Geologi-Bandung

Wisata Museum di Bandung berikutnya yang wajib untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Bandung adalah Museum Geologi Bandung. Museum yang satu ini menjadi salah satu museum yang cukup edukatif karena Anda bisa melihat berbagai macam koleksi yang memiliki nilai sejarah di masa lalu. Uniknya lagi, Museum Geologi Bandung didesain dengan Gaya Deco Art yang cukup unik untuk Anda jadikan  untuk tempat berfoto. Ada 3 ruangan utama yang bisa Anda kunjungi selama berkunjung ke wisata museum di Bandung ini seperti ruangan Kehidupan Manusia, Geologi Indonesia dan Sejarah Kehidupan. Di sini Anda juga bisa mempelajari berbagai macam pemanfaatan sumber daya alam, bencana alam, pengolahan energy dan masih banyak informasi yang lainnya.

Museum Pos Indonesia

museum-pos-1

Berikutnya ada Museum Pos Indonesia yang lokasinya tidak jauh dari Museum Geologi Bandung. Salah satu wisata museum di Bandung ini masih berada satu komplek dengan Gedung Sate. Berkeliling museum, Anda bisa melihat berbagai koleksi seperti perangko yang berasal dari berbagai tempat di Indonesia dan juga mancanegara. Benda unik lainnya yang bisa Anda temukan di sini adalah sepeda-sepeda pak pos dan juga bus pengantar surat yang pernah digunakan pada zaman dulu. Hal yang menarik lagi RedTraveler bisa melihat koleksi surat emas dari raja-raja nusantara yang dikirim ke Jendral dan Komanda Belanda. Surat-surat emas ini sebelumnya merupakan koleksi museum di Inggris yang sudah berusia ratusan tahun yang akhirnya dipindahkan ke Museum Pos Indonesia.

Museum Mainan

museum mainan

Salah satu wisata museum di Bandung ini pertama kali dicetuskan oleh para kolektor mainan yang menamakan diri sebagai Zero Toys. Koleksi mainan dari para kolektor ini  pun di semakin banyak dan akhirnya dijadikan sebuah museum. Mainan-mainan yang menjadi koleksi di museum ini merupakan mainan yang berasal dari tahun 1980an. Ada banyak berbagai macam mainan mulai dari Unicorn Gundam Attack Mode, Vintage Kenner Starwash, ghosbuster, starwars, robot voltus V, hingga Banksky Diorama terpajang rapi dalam etalase kaca museum mainan ini. Wisata museum di Bandung ini bisa menjadi salah satu tempat untuk bernostalgia bagi Anda yang ingin kembali pada masa muda dulu.

Museum Wolf Schoemaker

2016-05-22-17-45-07-grandpreanger

Kalau sebelumnya ada Museum Barli yang didedikasikan untuk seniman Barli Sasmita, di Bandung juga ada Museum Wolf Shoemaker yang dibangun untuk mengenang seorang arsitek Wolff Shoemaker. Beliau sendiri merupakan seorang arsitek yang membangun banyak bangunan bergaya art deco di Bandung  seperti Gedung Merdeka, Teropong Bintang Boscha, Cathedral Bandung, Bethel Church, Grand Hotel preanger dan Villa Isola. Selain memang merancang bangunan-bangunan ikonik tersebut, arsitek yang memiliki nama lengkap Charles Prosper Wolff Shoemaker merupakan guru dari Ir. Soekarno yang juga ikut merancang Grand Hotel Preanger. Ada beberapa benda unik yang bisa Anda lihat di Museum Wolf Shoemaker seperti kursi duduk Charlie Chaplin yang pernah menginap di Grand Hotel ini.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata museum di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Nah, Anda yang ingin menginap di Jogjakarta ataupun kota-kota lain di Indonesa, seperti: Semarang, Bali, Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s